Mengenal Struktur dan Fungsi Bronkiolus pada Sistem Pernapasan Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Struktur & Fungsi Bronkiolus Pada Sistem Pernapasan Manusia

Fungsi bronkiolus dalam sistem pernapasan manusia cukup penting, sebab tanpa bronkiolus sistem pernapasan manusia akan terganggu. Bronkiolus inilah yang akan membawa udara atau oksigen masuk ke alveolus. Bisa Anda bayangkan bagaimana jika fungsi bronkiolus terganggu? Proses pertukaran oksigen dalam tubuh pastinya akan ikut terganggu.

Selain fungsi bronkiolus, Anda juga perlu mengetahui seperti apa struktur bronkiolus dalam sistem pernapasan manusia. Struktur bronkiolus merupakan sekumpulan jaringan atau sel yang membentuk bronkiolus. Di mana setiap jaringan atau sel dalam struktur bronkiolus ini memiliki fungsinya masing-masing. Simak penjelasannya di bawah ini.

Struktur Bronkiolus

Bronkiolus merupakan cabang batang tenggorokan yang memiliki peranan cukup penting dalam sistem pernapasan manusia. Sebagai organ yang berperan penting dalam sistem pernapasan manusia, bronkiolus tersusun dari beberapa struktur, di antaranya:

  1. Jaringan Epitel

Jaringan epitel merupakan jaringan penyusun bronkiolus yang dikenal dengan Epitel Silindris Bersilia. Sel-sel pada jaringan epitel menghasilkan lendir yang berfungsi untuk menangkap setiap kotoran yang masuk melalui sistem pernapasan.

  1. Lamina Propria

Lamina propria merupakan struktur bronkiolus yang berfungsi sebagai tempat menempelnya jaringan epitel. Di dalam lamina propria (lapisan jaringan ikat) terdapat sel-sel limfosit yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh manusia.

  1. Silia

Pada dinding bronkiolus terdapat tonjolan kecil menyerupai jari, inilah yang dinamakan silia. Silia merupakan organ sel yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan partikel kecil atau mikroba yang mengganggu saluran pernapasan. Semakin bercabang, ukuran silia akan semakin kecil.

  1. Elastin

Elastin merupakan salah satu struktur penting bronkiolus. Elastin adalah kumpulan serat protein yang terdapat pada bronkiolus. Elastin memiliki fungsi untuk menjaga bentuk bronkiolus tetap berada dalam tempatnya, yaitu paru-paru.

  1.  Lapisan Klub

Lapisan klub merupakan salah satu struktur bronkiolus yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan surfaktan atau senyawa yang dapat mengurangi tegangan pada saluran pernapasan manusia sehingga bronkiolus akan tetap mengembang saat udara masuk.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Fungsi Trakea yang Penting Bagi Sistem Pernapasan

Fungsi Bronkiolus pada Sistem Pernapasan Manusia

Fungsi bronkiolus pada sistem pernapasan manusia yang paling dikenal ialah sebagai tempat pertukaran oksigen dengan karbondioksida. Bronkiolus juga memiliki peran penting sebagai penghubung paru-paru atau organ paling akhir dalam sistem pernapasan manusia. Berikut beberapa fungsi bronkiolus yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1.  Menyalurkan Udara dari Bronkus Menuju Alveoli

Menyalurkan udara dari bronkus menuju alveoli merupakan salah satu fungsi bronkiolus. Sebab bronkiolus merupakan cabang batang tenggorokan yang terhubung ke alveoli dan alveolus sehingga udara yang masuk ke paru-paru harus melewati bronkus dan bronkiolus terlebih dahulu. 

  1.  Mengontrol Jumlah Udara

Tidak semua udara yang Anda hirup bisa masuk ke paru-paru. Sebab sebanyak apapun udara yang Anda hirup, bronkiolus akan mengontrol jumlah udara yang dapat masuk ke paru-paru, baik udara yang masuk melalui hidung maupun mulut. Ini karena kualitas udara yang Anda hirup bisa jadi kotor dan tidak layak masuk ke paru-paru.

  1.  Mengeluarkan Debu dan Partikel dari Paru-Paru

Fungsi bronkiolus yang tidak kalah penting ialah mengeluarkan debu dan partikel dari paru-paru. Di sini bronkiolus bekerja sama dengan bulu silia untuk mengeluarkan debu, iritasi dan dahak. Sehingga fungsi bronkiolus dengan bulu silia tidak bisa dipisahkan, sebab keduanya memiliki fungsi yang saling mempengaruhi.

  1.  Menghasilkan Dahak

Fungsi bronkiolus yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah menghasilkan dahak. Dahak memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan sistem pernapasan. Sebab dahak bisa mencegah debu masuk ke paru-paru. Dengan begitu dahak yang dihasilkan oleh bronkiolus bisa menghalau segala penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Demikian struktur dan fungsi bronkiolus dalam sistem pernapasan manusia yang perlu Anda ketahui. Setiap sel atau jaringan dalam struktur paru-paru memiliki fungsinya masing-masing. Sehingga bronkiolus memiliki banyak fungsi dalam sistem pernapasan manusia, baik fungsi dalam strukturnya maupun fungsi bronkiolus secara umum.

Pentingnya fungsi bronkiolus dalam sistem pernapasan manusia, maka penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan bronkiolus, seperti menjauhi kebiasaan merokok atau hal-hal yang bisa merusak fungsi bronkiolus.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Seluk Beluk Fungsi Paru-Paru Dalam Tubuh Manusia

 

Sumber:

1. Cleveland Clinic. Bronchi. 2021.

2. Healthine: Bronchi. 2018.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi