Bantuan
Free Tele x

Kemasukan Air Saat Mandi? Begini Cara Mengeluarkan Air dari Telinga

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Kemasukan Air Saat Mandi? Begini Cara Mengeluarkan Air dari Telinga

Tahukah Anda, bahwa cara mengeluarkan air dari telinga ternyata mudah dilakukan? Ketika sedang mandi ataupun saat berenang, secara tidak sengaja telinga kita kerap kemasukan air. Insiden ini kemudian menyebabkan telinga tersumbat, menimbulkan perasaan tidak nyaman, bahkan menyebabkan pendengaran terganggu.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengeluarkan air dari telinga apabila kejadian ini menimpa Anda ataupun anak. Namun sebelum memasuki pembahasan mengenai cara mengeluarkan air dari telinga, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu gejala infeksi telinga akibat kemasukan air berikut ini. 

 

Infeksi akibat kemasukan air di telinga

Selain menimbulkan rasa yang tidak nyaman, kemasukan air di telinga ternyata juga dapat menimbulkan infeksi. Infeksi ini dapat menyebabkan gejala-gejala tertentu, mulai dari yang ringan hingga cukup parah apabila tidak segera ditangani. 

Pada kondisi ringan, infeksi telinga dapat menimbulkan gejala seperti:

  • Kemerahan

  • Rasa gatal di saluran telinga

  • Nyeri pada daun telinga terutama saat ditarik

  • Keluar cairan bening tidak berbau dari dalam telinga

Adapun untuk tahap menengah, infeksi ini dapat menunjukkan gejala seperti:

  • Kemerahan yang semakin menyebar

  • Rasa gatal semakin intens

  • Nyeri pada telinga makin terasa, terutama ketika mengunyah

  • Semakin banyak cairan yang keluar dari dalam telinga, bahkan disertai nanah

  • Fungsi pendengaran semakin menurun

Apabila tidak juga mendapatkan penanganan, kondisi ini dapat menimbulkan gejala yang lebih parah seperti:

  • Nyeri yang menyebar ke seluruh daerah wajah, leher, hingga sisi kepala

  • Terjadi pembengkakan pada bagian luar dari telinga

  • Tersumbatnya saluran pendengaran secara total

  • Tubuh mengalami demam

  • Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di leher

Jika gejala-gejala ini muncul, Anda harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan sesegera mungkin. 

 

Baca Juga: Jangan Asal-asalan, Ini Cara Membersihkan Telinga yang Benar

 

Cara mengeluarkan air dari telinga

Agar terhindar dari masalah infeksi telinga akibat kemasukan air, sebaiknya Anda segera melakukan tindakan di bawah ini untuk mengeluarkan air dari dalam telinga. Adapun beberapa cara mengeluarkan air dari telinga yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut.

  1. Meneteskan telinga dengan air

Cara mengeluarkan air dari telinga yang satu ini mungkin yang paling familier dan banyak digunakan. Dalam hal ini, Anda perlu menyiapkan air hangat kemudian meneteskan beberapa tetes air tersebut ke dalam telinga yang tersumbat air. Pada saat meneteskan air ini, usahakan kepala Anda berada pada posisi miring, dengan bagian telinga menghadap ke atas. Jangan menunggu lama, tiga detik setelah air diteteskan, segera miringkan kepala Anda ke sisi berlawanan hingga air dalam telinga berhasil keluar. 

  1. Menggoyangkan bagian cuping telinga

Mengeluarkan air dari telinga juga bisa dilakukan dengan cara menggoyangkan cuping telinga Anda dengan cepat. Caranya cukup mudah, Anda tinggal memiringkan kepala ke sisi telinga yang kemasukan air hingga telinga ini berada di dekat bahu. Kemudian goyangkan cukup telinga tersebut hingga air berhasil keluar.

  1. Menggunakan hair dryer

Untuk mengeluarkan air dari telinga dengan hair dryer, Anda perlu mengatur kecepatan dan juga suhu ke tingkat yang paling rendah. Setelah itu, arahkan hair dryer ke telinga yang kemasukan air, dan nyalakan alat tersebut paling tidak berjarak sekitar 30 cm dari telinga Anda. Setelah itu, coba gerakan hair dryer ke arah mendekati dan menjauhi telinga. Apabila air tak kunjung keluar, cobalah untuk menggoyangkan cuping telinga hingga air berhasil keluar.

  1. Memompa air dengan telapak tangan

Terdengar sulit, sejatinya cara ini sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan begitu banyak barang. Mula-mula, Anda hanya perlu memiringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan air, kemudian tempatkan telapak tangan Anda menutupi telinga hingga rapat. Agar semakin rapat, Anda bisa coba gerakkan telapak tangan Anda dengan gerakan naik turun sambil menekankannya pada lubang telinga. Setelah itu, cobalah untuk menekan telinga dengan kuat, kemudian melepaskannya dengan cepat sampai muncul sensasi seperti telinga Anda sedang dipompa. Lakukan hal ini berulang hingga air berhasil keluar.

Itulah dia penjelasan mengenai cara mengeluarkan air dari telinga yang bisa Anda terapkan. Saat telinga Anda kemasukan air, sebaiknya hindari menggunakan cotton bud dan jari untuk mengeluarkan air. Kedua hal ini sejatinya hanya akan memperburuk keadaan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber: 

WebMD. 2019. How to Get Water Out of Your Ears. 

Whelan, Corey. 2021. 12 Ways to Get Water Out of Your Ear. 

 

Clason, Debbie. 2020. How do I get water out of my ear?.

Tag :
Bagikan artikel ini