Bantuan

Jarang Diketahui, Ini Fungsi Trakea yang Penting Bagi Sistem Pernapasan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Inilah Fungsi Trakea yang Penting Bagi Sistem Pernapasan

Fungsi trakea dalam sistem pernapasan manusia cukup penting yaitu untuk mengalirkan udara menuju paru-paru. Namun fungsinya yang penting di dalam tubuh manusia ini jarang diketahui oleh banyak orang. Tahukah Anda apa saja fungsi trakea bagi sistem pernapasan manusia? Anda bisa mencari tahu fungsi trakea bagi sistem pernapasan melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Trakea?

Trakea merupakan salah satu organ dalam sistem pernapasan yang memiliki bentuk menyerupai tabung lebar, panjangnya sekitar 11 cm dan lebar 2,5 cm. Trakea menghubungkan laring ke bronkus paru-paru, letaknya berada pada bagian bawah saluran pernapasan bersama dengan paru-paru, bronkiolus, bronkus, dan alveolus. Organ ini tersusun dari tulang rawan yang berbentuk cincin dan berfungsi untuk melancarkan udara keluar masuk dengan lancar dari paru-paru.

Fungsi Trakea Bagi Sistem Pernapasan Manusia

Trakea merupakan sebutan lain untuk batang tenggorokan yang mana merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh karena fungsi trakea begitu erat kaitannya dengan sistem pernapasan manusia.

Udara yang dihirup oleh manusia melalui saluran atas pernapasan kemudian dialirkan oleh trakea ke bagian saluran yang terdapat pada organ paru-paru atau yang dikenal dengan sebutan bronkus. Selain itu, masih banyak fungsi trakea bagi sistem pernapasan manusia yang perlu Anda ketahui, berikut di antaranya:

  1. Sebagai Pelindung untuk Sel Silia

Dalam organ trakea terdapat berbagai jenis sel yang diantaranya sel silia. Trakea sendiri memiliki fungsi untuk melindungi sel silia apabila terdapat benda asing seperti debu, bakteri, dan partikel kecil lainnya yang memasuki bagian sel tersebut. Lapisan trakea memiliki lapisan lendir yang dapat membuat benda-benda asing menjadi terperangkap di dalamnya, sehingga hal inilah yang dapat menyebabkan batuk melukai sel silia.

  1. Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Fungsi trakea selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Hal tersebut disebabkan karena trakea dapat menjaga dari berbagai racun  yang akan membahayakan bagi kesehatan tubuh manusia. Terdapat dahak yang begitu tebal di dalam trakea yang berfungsi untuk menangkap partikel-partikel asing yang masuk. Partikel yang tidak sengaja masuk ke dalam sistem pernapasan itu dapat terkeluarkan melalui batuk. 

  1. Membantu Sistem Pencernaan Tubuh

Selain dua fungsi yang telah dipaparkan di atas, trakea berfungsi untuk membantu sistem pencernaan tubuh manusia dari berbagai zat yang masuk ke dalam tubuh. Pada umumnya zat tersebut dihasilkan dari makanan  yang telah dicerna sebelumnya. Apabila dalam proses mencerna terdapat makanan yang tersumbat di dalam trakea, seseorang akan merasa tersedak dan secara alamiah makanan tersebut akan keluar dengan sendirinya melalui mulut.

Baca Juga: Seluk Beluk Fungsi Paru-Paru Dalam Tubuh Manusia

Berbagai Masalah yang Mengganggu Fungsi Trakea

Selain beberapa fungsi trakea di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa gangguan fungsi trakea. Beragam gangguan fungsi trakea ini bisa menghambat kinerja sistem pernapasan manusia. Berikut beberapa masalah yang mengganggu fungsi trakea, di antaranya:

  1. Penyumbatan Trakea

Penyumbatan trakea bisa terjadi karena adanya benda asing yang tidak sengaja terhirup, seperti makanan, pecahan kaca, atau zat kimia. Kondisi ini menyebabkan aliran udara yang masuk melalui trakea terhambat, akibatnya penderitanya akan mengalami kesulitan saat bernapas.

  1.  Kanker Trakea

Gangguan trakea yang paling fatal adalah kanker trakea, namun Anda tidak perlu khawatir karena kanker trakea jarang sekali dialami oleh manusia. Meski demikian, Anda perlu waspada dengan mengetahui beberapa gejala kanker trakea seperti napas bunyi, sesak napas, dan batuk. 

  1.  Trakeomalasia 

Trakeomalasia merupakan suatu kondisi di mana trakea menjadi sangat lunak, sehingga mengganggu fungsi normalnya. Kondisi ini bisa disebabkan karena bawaan sejak lahir dan bisa juga karena kebiasaan merokok. Jika Anda mengalami penyakit ini sebaiknya hindari merokok karena merokok bisa menyebabkan infeksi trakea berulang.

Itulah beberapa fungsi trakea dan gangguan trakea yang perlu Anda ketahui, Pentingnya fungsi trakea bagi sistem pernapasan manusia, penting bagi Anda untuk menghindari kebiasaan yang menyebabkan fungsi trakea terganggu. Jika Anda mengalami gejala sesak napas, napas bunyi, batuk yang tak kunjung berhenti, Anda harus waspada dan segera konsultasikan dengan dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Agar Fungsi Paru-Paru Tetap Terjaga, Lakukan Latihan Pernapasan Berikut Ini

 

Sumber:

1. Hoffman, Matthew. Picture of the Trachea. 2021.

2. Eldridge, Lynne.  2021. The Anatomy of the Trachea.

Bagikan artikel ini