Cara Alami Atasi Rambut Rontok

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 26 Aug 2020

Bagikan

Kenali Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok. Kerontokan rambut yang berlebihan bisa menjadi masalah yang merepotkan, seringkali menyebabkan kekhawatiran dan menurunkan kepercayaan diri, terutama bagi wanita. Apa sajakah yang dapat menyebabkan rambut mudah rontok?

Penyebab Rambut Rontok

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut rontok, antara lain: 

1. Kekurangan Gizi

Kekurangan vitamin D adalah salah satu penyebab rambut rontok.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Hal ini biasanya disebabkan oleh konversi dehidrotestosteron (DHT) yang berlebihan. Meskipun estrogen adalah hormon utama yang diproduksi wanita, testosteron dan androgen lainnya juga dibentuk pada wanita. Ketika wanita mencapai usia tertentu, mereka mulai mengubah androgen ini menjadi DHT.

3. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) memiliki ketidakseimbangan hormon yang membuat kadar androgen lebih tinggi dari biasanya.

Hal ini sering menyebabkan rambut tumbuh di wajah dan tubuh, sementara rambut di kepala tumbuh lebih tipis.

4. Pil KB

Hormon dalam pil yang menekan ovulasi dapat menyebabkan rambut menipis, terutama pada wanita dengan riwayat keluarga yang mengalami kerontokan rambut

5. Stres

Stres ekstrem dapat menyebabkan kerontokan rambut secara tiba-tiba. Meminimalkan stres melalui olahraga, meditasi yoga, dan pijat akan mengurangi kemungkinan rambut rontok.

6. Produk Kecantikan Rambut

Rambut yang terlalu banyak dirawat dapat menyebabkan kerontokan rambut karena bahan kimia beracun yang ditemukan dalam pewarna dan produk penataan rambut.

Selain itu, hampir semua shampo mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) yang memiliki efek toksik pada sistem kekebalan tubuh dan telah terbukti merusak folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut.

Baca Juga: Yuk, Sayangi Kesehatan Rambut!

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Jika didiagnosis benar rambut rontok dapat dikontrol dengan cara yang efektif dan alami. Untuk menumbuhkan kembali rambut yang rontok atau memperbaiki rambut yang dimiliki, cobalah beberapa solusi alami ini. Manfaatnya yang telah terbukti dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

1. Memijat

Memijat kulit kepala dapat membantu mengembalikan pertumbuhan rambut dan dapat digunakan bersamaan dengan minyak dan masker rambut. Memijat dapat merangsang kulit kepala dan dapat meningkatkan ketebalan rambut.

2. Telur

Telur kaya akan sulfur, fosfor, selenium, yodium, seng dan protein, yang bersama-sama membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Pisahkan satu putih telur dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok teh masing-masing minyak zaitun dan madu. Kocok hingga rata dan terapkan dari akar hingga ujung rambut. Setelah 20 menit, bilas dengan sampo ringan.

3. Akar Manis

Akar manis mencegah rambut rontok dan kerusakan lebih lanjut pada rambut. Akar manis membantu menenangkan kulit kepala dan menghilangkan ketombe.

Tambahkan satu sendok makan akar manis giling dan seperempat sendok teh kunyit ke dalam satu cangkir susu. Oleskan ini pada kulit kepala dan rambut dan biarkan semalaman. Pagi berikutnya, cuci rambutmu dan ulangi ini dua kali seminggu.

4. Santan

Protein dan lemak esensial di dalamnya meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Parut kelapa ukuran sedang dan didihkan dalam wajan selama lima menit.

Lalu saring dan dinginkan. Kemudian tambahkan satu sendok makan lada hitam yang dihancurkan dan biji fenugreek ke dalam susu. Oleskan di kulit kepala dan rambut dengan merata. Setelah 20 menit, bilas dengan sampo.

5. Teh Hijau

Teh ini kaya akan antioksidan, yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Rendam dua-tiga kantong teh dalam satu-dua cangkir air panas, tergantung dari panjang rambut.

Saat dingin, tuangkan ini ke kulit kepala dan rambut, sambil memijat kepala dengan lembut. Bilas dengan air dingin setelah satu jam.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Inilah 4 Jenis Makanan Untuk Rambut Rontok!

 

Referensi:

1. Sati, A. Home remedies to stop hair fall [Internet]. 2019 Oct 4 [cited 2020 Jul 4]. Available from: https://www.femina.in/wellness/home-remedies/how-to-stop-hair-fall-and-tips-to-control-with-natural-home-remedies-60280.html#causes-of-hair-loss

2. Healthline. 10 tips to naturally regrow your hair [Internet]. 2017 May 18 [cited 2020 Jul 4]. Available from: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/regrow-hair-naturally#the-bottom-line

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi