Bantuan

Wajib Anda Ketahui, Ini Cara Mengobati Asam Lambung Naik

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Jan 2022

Bagikan

Wajib Anda Ketahui, Ini Cara Mengobati Asam Lambung Naik

Tahukah Anda, ternyata cara mengobati asam lambung yang naik tidak harus selalu menggunakan obat-obatan. Ada berbagai macam cara mengobati asam lambung naik yang bisa Anda lakukan di rumah. Tidak hanya itu, cara-cara ini juga mudah dilakukan dan efektif dalam mengatasi gejala asam lambung seperti nyeri ulu hati dan mual. 

Lantas apa saja cara mengobati asam lambung naik yang bisa dilakukan di rumah tersebut? Simak terus penjelasan di bawah ini. 

Baca Juga: Waspada, Ini Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

  1. Makan dengan teratur

Cara mengobati asam lambung naik ke kerongkongan yang bisa Anda lakukan pertama yaitu dengan makan dengan teratur. Hal ini karena makan yang tidak teratur merupakan salah satu pemicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, memerhatikan waktu makan merupakan sesuatu yang penting dalam mengobati asam lambung. Tidak hanya itu, sangat dianjurkan juga untuk tidak makan maksimal 2 jam sebelum tidur, karena dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan ketika tidur.

Baca Juga: Tidak Hanya Mual, Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Tengah Naik

  1. Mengunyah makanan dengan benar

Cara mengobati asam lambung yang naik selanjutnya yaitu mengunyah makanan dengan benar hingga halus. Walaupun terdengar cukup sepele, akan tetapi hal ini merupakan sesuatu yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, mengunyah makanan dengan  benar akan membantu enzim pencernaan mengolah makanan dengan mudah. Dan pada akhirnya, risiko asam lambung nanik dapat dihindari. 

  1. Mengonsumsi makanan untuk asam lambung

Tahukah Anda, ternyata tidak semua makanan dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Ada beberapa makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung seperti, tomat, makanan yang digoreng, coklat, soda dan daging. Oleh karena itu, untuk mengobati asam lambung naik, Anda perlu mengonsumsi makanan yang aman untuk penderita asam lambung. Beberapa makanan yang aman dikonsumsi yaitu sayuran hijau, pisang, melon, putih telur, daging tanpa lemak, pepaya, apel, dan lainnya. 

  1. Mengonsumsi jahe

Cara mengobati asam lambung naik yang selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi jahe. Hal ini karena jahe dapat mengatasi nyeri ulu hati bekat sifat antiradang yang dimilikinya. Tidak hanya itu, jahe yang telah dikenal sebagai tanaman herbal ini juga dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan lainnya seperti mual dan perut kembung. Cara mendapatkan manfaat dari jahe yaitu dengan  membuatnya menjadi minuman hangat. Anda cukup menghancurkan jahe lalu merebusnya atau bisa juga mencampurkannya ke dalam susu. 

Baca Juga: Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik Yang Perlu Diketahui

  1. Memerhatikan porsi makan

Tahukah Anda, ternyata porsi makanan yang Anda konsumsi memiliki pengaruh terhadap munculnya gejala asam lambung. Apabila Anda mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar, maka dapat memicu refluks. Refluks itu sendiri merupakan kondisi ketika katup terbuka pada saat yang tidak tepat, sehingga asam lambung dapat naik ke tenggorokan. Apabila Anda terbiasa makan dalam porsi besar dan tidak ingin kelaparan, cobalah untuk mengonsumsi makan dalam porsi kecil namun sering. 

  1. Mengonsumsi akar manis

Cara mengobati asam lambung naik yang alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan akar manis. Hal ini karena, akar manis atau licorice diketahui dapat mengurangi nyeri pada ulu hati yang disebabkan asam lambung yang naik. Manfaat akar manis ini dipercaya berkat kandungan zat antioksidan dan juga anti radang di dalamnya. Berkat kandungan tersebut, akar manis dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan dan juga membantu proses penyembuhan luka di lambung dan kerongkongan. 

Baca Juga: Macam-macam Obat Asam Lambung Untuk Atasi Gejalanya

  1. Mengunyah permen karet

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan dalam mengobati asam lambung yaitu dengan mengunyah permen karet. Hal ini disebutkan dalam beberapa penelitian bahwa permen karet dapat mengurangi tingkat keasaman di kerongkongan. Kandungan bikarbonat lah yang berperan penting dalam khasiat tersebut. Selain itu, berkat peningkatan produksi air liur ketika mengunyah permen karet, sehingga membantu membersihkan kerongkongan dari asam. 

Nah itulah dia beberapa cara mengobati asam lambung ketika naik ke kerongkongan yang bisa Anda lakukan. Perlu diperhatikan juga, Anda sebaiknya menjaga berat badan tetap ideal agar sfingter esofagus bagian bawah tetap kuat. Apabila Anda mengalami gejala asam lambung yang tidak kunjung sembuh, maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. WebMD. 2019. Natural Home Remedies for Heartburn. 
  2. Anthony, Klara. 2019. How to Increase Stomach Acid at Home. 
  3. Harvard Health Publishing. 9 ways to relieve acid reflux without medication. 
Bagikan artikel ini