Mengenal Fungsi Hati dan Cara Menjaga Kesehatannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 03 Jan 2022

Bagikan

Mengenal Fungsi Hati dan Cara Menjaga Kesehatannya

Apakah Anda tahu apa saja fungsi hati? Bagi anak-anak milenial, mungkin akan terpikir mengenai perasaan seperti cinta, sayang, emosi, dan lainnya. Akan tetapi, hati yang dibahas yaitu hati yang ada di dalam sistem pencernaan. 

Fungsi Hati

Hati merupakan organ terbesar yang ada di dalam sistem pencernaan. Ada banyak fungsi hati, selain sebagai proses pencernaan. Berikut ini beberapa fungsi hati yang penting untuk Anda ketahui. 

  1. Memproduksi cairan empedu

Fungsi hati dalam tubuh yang pertama yaitu untuk memproduksi cairan empedu. Empedu itu sendiri merupakan cairan yang terdiri dari air, asam empedu, garam empedu, pigmen empedu, bilirubin, mineral elektrolit, fosfolipid, dan kolesterol. Cairan ini berguna untuk mengubah lemak menjadi gumpalan halus sehingga lebih mudah untuk dicerna. 

  1. Menghancurkan sel darah merah yang sudah tua

Fungsi lain dari hati yaitu untuk menghancurkan sel darah merah yang sudah tua. Sel darah merah hanya memiliki umur sekitar 100-120 hari saja. Ketika sel darah merah sudah mencapai umur tersebut, maka akan dihancurkan di dalam sel hati. Nantinya, sel darah merah yang telah dihancurkan akan berubah menjadi biliverdin. Setelah itu, akan mulai bercampur dengan zat lain sehingga disebut bilirubin. 

  1. Menyimpan vitamin dan mineral

Hati memiliki peran untuk menyimpan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Vitamin yang disimpan ini berguna ketika suatu saat dibutuhkan. Tidak hanya itu, hati juga dapat menyimpan mineral seperti zat besi yang akan digunakan untuk membuat sel darah merah yang baru. 

Baca Juga: Apa Saja Mineral dan Vitamin Untuk Tulang Dan Otot Agar Tetap Sehat

  1. Menyimpan cadangan energi

Selain menyimpan vitamin dan mineral, hati juga berfungsi dalam menyimpan cadangan energi. Hal ini karena hati akan menstabilkan kadar gula darah. Pada saat gula darah tinggi, maka hati akan menyimpannya sebagai cadangan energi. Sedangkan ketika kadar gula darah menurun, maka energi yang telah disimpan tersebut akan dipecah menjadi energi yang akan dilepaskan ke aliran darah. 

  1. Mengatur mekanisme pada darah

Fungsi hati yang terakhir yaitu mengatur mekanisme pada darah. Hal ini karena hati mampu memproduksi protein yang akan membantu mengangkut oksigen dan juga penggumpalan darah. Oksigen dalam darah sangatlah diperlukan oleh tubuh, karena oksigen membuat organ-organ dalam tubuh bisa berfungsi dengan baik. 

Baca Juga: Punya Peran Penting di Dalam Tubuh, Apa Itu Pembuluh Darah Arteri?

Menjaga Kesehatan Hati

Mengingat fungsi hati yang penting bagi tubuh, tentunya Anda perlu menjaga kesehatan hati. Lantas bagaimanakah cara menjaga kesehatan hati? Untuk menemukan jawabannya, Anda harus menyimak penjelasan di bawah ini. 

  1. Cukupi asupan air

Cara menjaga kesehatan hati yang perlu Anda lakukan pertama yaitu mencukupi asupan air. Hal ini karena hati membutuhkan air untuk dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda kekurangan asupan air, maka hati akan terkena dampaknya dan racun akan mengendap di dalam tubuh. Ketika kondisi ini terjadi, maka akan memunculkan gejala berupa urine yang berwarna pekat. 

  1. Vaksinasi

Cara menjaga kesehatan hati yang lainnya yaitu dengan melakukan vaksin hepatitis. Pasalnya, penyakit hepatitis ini merupakan penyakit yang dapat merusak hati. Penyakit ini ditularkan kepada orang lain melalui cairan tubuh dan juga darah. Sedangkan untuk hepatitis A, penularannya melalui kontak dengan makanan yang telah terkontaminasi. Jadi, usahakan selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit hepatitis. 

  1. Berhati-hati mengonsumsi obat-obatan

Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan, karena beberapa obat-obatan bisa saja membahayakan fungsi hati. Hal ini terjadi karena hati berfungsi mengubah zat obat menjadi netral atau aktif. Jadi, sebaiknya Anda selalu mengonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat-obatan. 

  1. Konsumsi makanan sehat

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi yaitu sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan juga buah-buah. Pasalnya, makanan yang Anda makan memiliki peranan penting dalam menjaga organ-organ di dalam tubuh tetap berfungsi dengan normal. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai fungsi hati dan juga cara menjaga kesehatan hati yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda telah melakukan beberapa cara menjaga kesehatan hati tersebut jika tidak ingin mengalami berbagai masalah pada hati. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Referensi
  1. Allarakha, Shaziya. 2021. What Are the Four Main Functions of the Heart?. 
  2. Healthwise. 2020. How the Heart Works
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam sekarang!

Pesan Konsultasi