Bantuan

Mengenal Fungsi Bronkus dalam Tubuh Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Jun 2022

Bagikan

Mengenal Fungsi Bronkus dalam Tubuh Manusia

Sistem pernapasan manusia terdiri dari beberapa organ yang saling mempengaruhi, salah satunya adalah bronkus, tahukah Anda apa saja fungsi bronkus? Salah satu fungsi bronkus adalah membersihkan dan menghangatkan udara di saluran pernapasan, maka dari itu penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan bronkus.

Jika fungsi bronkus terganggu, sejumlah penyakit bisa masuk ke dalam tubuh Anda. Bronkus yang tidak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan bakteri masuk ke dalam paru-paru. Hal ini dikarenakan tidak berfungsinya sel berbulu dan berlendir pada bronkus dalam menyaring dan mencegah bakteri masuk ke paru-paru.

Apa itu Bronkus?

Bronkus adalah cabang batang tenggorokan yang terletak sebelum paru-paru. Dalam sistem pernapasan bronkus sangat berperan penting sebagai saluran udara dan memastikan udara masuk dengan baik dari trakea ke alveolus. Selain sebagai saluran masuk dan keluarnya udara, bronkus juga berperan dalam mencegah infeksi yang mungkin terjadi di dalam tubuh Anda. Selain beberapa fungsi itu, adapun fungsi bronkus lainnya yang perlu Anda ketahui melalui pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Gejala Infeksi Saluran Pernapasan Akut

Fungsi Bronkus

Pentingnya fungsi bronkus pada sistem pernapasan manusia bisa Anda rasakan ketika bronkus mengalami infeksi. Infeksi bronkus pada manusia bisa mengakibatkan sesak napas karena adanya kerusakan pada dinding bronkus. Kerusakan dinding bronkus bisa dipicu oleh sejumlah penyakit misalnya TBC, paru-paru basah, HIV, Alergi, kekebalan tubuh melemah dan autoimun. Bronkus yang mengalami infeksi bisa memicu munculnya sejumlah penyakit lain misalnya bronkitis dan bronkospasme. Berikut beberapa fungsi bronkus lainya yang perlu Anda ketahui:

  1. Memastikan Udara Masuk Ke Paru-Paru 

Salah satu fungsi bronkus yang perlu Anda ketahui adalah memastikan jumlah udara yang masuk ke dalam paru-paru. Melalui bronkus banyaknya udara yang masuk ke paru-paru bisa di atur dengan baik, setelah udara masuk ke dalam paru-paru sebagai oksigen, karbondioksida akan dikeluarkan melalui mulut atau hidung.

  1. Menghasilkan Dahak

Fungsi bronkus selanjutnya adalah menghasilkan dahak. Dahak berperan penting untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan Anda. Dengan adanya dahak, debu dan partikel berbahaya lainya bisa dicegah, sehingga tidak masuk ke dalam paru-paru. 

  1. Mengeluarkan Debu Dari Paru-Paru

Mengeluarkan debu dari paru-paru merupakan fungsi bronkus yang tidak kalah penting. Bulu silia yang terdapat pada bronkus berfungsi untuk menyaring debu, mengeluarkan debu dan mengeluarkan dahak berlebih. Kerusakan bulu silia atau bulu halus pada bronkus bisa menyebabkan Anda terkena penyakit bronkitis. 

  1. Menyalurkan Udara ke Alveoli

Proses pernapasan pada manusia membutuhkan beberapa organ yang dilalui hingga pada akhirnya sampai ke paru-paru. Sistem pernapasan ini dimulai dari mulut dan hidung lalu menuju ke kerongkongan, trakea dan paru-paru. Trakea memiliki cabang yang dinamakan bronkus, pada bronkus udara yang Anda hirup di saring kemudian sampai ke bronkiolus dan berakhir di paru-paru. 

Penyakit yang Menghambat Fungsi Bronkus

Beberapa fungsi bronkus di atas bisa terhambat jika Anda mengalami beberapa penyakit pernapasan. Penyakit pernapasan bisa disebabkan karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau masuknya partikel asing. Berikut beberapa penyakit yang bisa menghambat fungsi bronkus:

  1. Asma

Salah satu penyakit yang bisa menghambat fungsi bronkus adalah penyakit asama. Penyakit asma bisa disebabkan oleh asap rokok yang masuk ke dalam paru-paru, infeksi karena flu, obat-obatan, alergi makanan dan beberapa penyebab lainya.

  1. Bronkitis

Bronkitis bisa menghambat fungsi sel pada bronkus. Terhambatnya fungsi sel pada bronkus menyebabkan produksi dahak lebih banyak, sehingga dikhawatirkan masuk dan menumpuk di dalam paru-paru.

  1.  Bronkiektasis

Bronkiektasis merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan, sehingga menyebabkan lendir menumpuk dan menyebabkan bakteri berkembang biak. Penyakit ini bisa memicu timbulnya penyakit pernapasan lainnya seperti paru-paru basah.

Sejumlah penyakit pernapasan lainya bisa menginfeksi bronkus, sehingga penting bagi Anda untuk menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit pernapasan yang bisa menghambat fungsi bronkus. Beberapa upaya pencegahan bisa Anda lakukan dengan menghindari kebiasaan merokok, rutin berolahrga, mencuci tangan dan menggunakan masker ketika di luar rumah.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Ini Dia! 4 Penyebab Penyakit Asma dan Cara Pencegahannya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Healthine: Bronchi. 2018. Available at: 

https://www.healthline.com/human-body-maps/bronchi#1 (Accessed: 6 Oktober 2021)

Eldridge, Lynne. The Anatomy of the Bronchi. 2021. Available at: https://www.verywellhealth.com/what-is-the-bronchus-structure-function-and-conditions-2249066 (Accessed: 6 Oktober 2021)

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang