Bantuan
Bantuan

Jangan Sampai Salah, Berikut Ini Cara Penggunaan Masker yang Benar

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Jangan Sampai Salah, Berikut Ini Cara Penggunaan Masker yang Benar

Tahukah Anda bahwa ketidaktahuan mengenai cara penggunaan masker yang benar dapat meningkatkan risiko tertular virus penyebab COVID-19? Saat ini tentu kita telah menyadari bahwa virus penyebab COVID-19 bukanlah hal yang bisa disepelekan. Sepanjang tahun 2019 hingga 2021 ini, telah ada puluhan korban jiwa dari jutaan kasus yang ada di Indonesia. Berkaitan dengan hal ini, mematuhi protokol kesehatan kemudian menjadi suatu hal yang sangat penting, terutama berkaitan dengan cara penggunaan masker yang benar. 

Lantas bagaimanakah cara penggunaan masker yang benar itu sendiri? Sebelum kita membahas mengenai hal tersebut, ada baiknya Anda mengetahui seluk beluk penggunaan masker dalam konteks pandemi COVID-19 berikut ini. 

Mengapa harus memakai masker?

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan masker merupakan salah satu protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19 yang harus dipatuhi. Dalam hal ini, masker sebagai salah satu bagian dari strategi komprehensif untuk meminimalkan terjadi transmisi yang pada akhirnya akan menyelamatkan banyak nyawa. 

Meskipun begitu, Anda perlu memahami bahwa penggunaan masker saja dalam hal ini tidak akan cukup untuk melindungi diri dari COVID-19. Selain penggunaan masker, Anda juga harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik, menjaga jarak dari orang lain, menghindari kerumunan, menerapkan etika batuk dan bersin, dan mematuhi protokol kesehatan lainnya yang dianjurkan. 

Apabila Anda harus keluar rumah, maka penggunaan masker ini menjadi suatu hal yang penting, karena dapat mencegah masuknya droplet yang mengandung virus penyebab COVID-19 melalui mulut dan hidung. Untuk memperkecil risiko Anda bisa menggunakan alat pelindung diri lainnya, terutama jika Anda harus melakukan kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19. Selain itu, tetaplah gunakan masker saat Anda berada di transportasi umum atau di tempat-tempat fasilitas umum lainnya.

Cara penggunaan masker yang benar

Mengingat pentingnya penggunaan masker setiap terutama saat Anda berada di sekitar orang lain, maka mengetahui cara penggunaan masker yang benar menjadi sebuah kewajiban. Berikut ini adalah hal dasar mengenai cara penggunaan masker yang benar:

  • Mula-mula, sebelum menyentuh masker, Anda perlu mencuci tangan dengan baik dan benar di bawah air mengalir dengan menggunakan sabun selama 20 detik.

  • Selanjutnya, ambil masker dengan hanya menyentuh talinya saja. 

  • Kenakan tali masker tersebut pada kedua sisi telinga Anda, pastikan bahwa masker tersebut telah menutupi bagian hidung, mulut, dan dagu. Sesuaikan posisinya sehingga Anda bisa bernapas dan berbicara dengan nyaman ketika menggunakan masker.

  • Segera buang masker yang telah dikenakan, atau cuci masker yang bisa digunakan kembali.

Selain mengetahui bagaimana cara penggunaan masker yang benar, Anda juga perlu mengetahui kesalahan-kesalahan umum yang biasanya dilakukan saat menggunakan masker. Mengetahui hal-hal ini akan membantu Anda agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Adapun beberapa kesalahan umum dalam menggunakan masker yang harus dihindari adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan kain bandana, kain berbahan tipis dan transparan, hingga kain berjaring sebagai masker. 

  • Menyentuh bagian luar masker yang tengah digunakan dengan tangan.

  • Menurunkan masker ke bagian dagu dan membiarkan bagian mulut dan hidung terbuka.

  • Hanya menggunakan masker untuk menutupi mulut saja, namun membiarkan bagian hidung terbuka. 

  • Membuka masker saat berada di tempat umum.

  • Bergantian masker dengan teman atau dengan keluarga. 

Itulah dia penjelasan mengenai pentingnya penggunaan masker dan cara penggunaan masker yang benar. Setelah mengetahui seluk beluk penggunaan masker ini, pastikan Anda menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, karena penggunaan masker tidak hanya bisa melindungi diri sendiri dari paparan virus penyebab COVID-19, akan tetapi juga dapat melindungi keluarga dan teman di sekitar kita. 

Selalu tanamkan perilaku bersih dalam diri dan juga rasa peduli terhadap satu sama lain, sebagian bagian dalam penggunaan masker yang benar. Hanya dengan begitulah Anda akan bisa memahami bahwa penggunaan masker hanyalah pengorbanan kecil yang harus dilakukan oleh masing-masing dari kita demi menghentikan penyebaran virus dan mengakhiri penderitaan akibat pandemi COVID-19 ini. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Masalah Kulit akibat Pemakaian Masker Wajah


Sumber:

WHO. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: When and how to use masks. 

CDC. 2021. How to Wear Masks. 

Johns Hopkins Medicine. How to Properly Wear a Face Mask: Infographic.

Bagikan artikel ini