Bantuan
Free Tele x

4 Zona Titik Refleksi Kaki Kiri Dan Kanan, Serta Manfaatnya Yang Berbeda

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Dec 2021

Bagikan

4 Zona Titik Refleksi Kaki Kiri & Kanan Beserta Manfaatnya

Tahukah Anda bahwa titik refleksi kaki kiri dan kanan memiliki zona yang berbeda. Banyak orang yang meyakini bahwa beberapa titik refleksi kaki bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Bukan hanya itu, manfaat pijat refleksi kaki juga dipercaya bisa membantu mengatasi stres yang seseorang alami.

Menjaga kesehatan organ-organ tubuh juga menjadi manfaat yang banyak orang percaya. Pijat refleksi kaki ini begitu diyakini oleh orang banyak, karena sudah ada sejak dulu. Metode ini merupakan pengobatan tradisional yang berasa dari negara Cina, dengan teknik memijat bagian titik refleksi tertentu. Titik refleksi kaki ini dianggap memiliki hubungan dengan beberapa kondisi kesehatan tertentu.

Pijat refleksi kaki menjadi salah satu metode pijatan pada tubuh Anda. Tentu sudah sebaiknya Anda mengetahui titik-titik tersebut, agar hasil yang diperoleh pun maksimal. Pijat refleksi ini tidak boleh sembarangan dilakukan sehingga jika Anda ingin melakukannya, penting untuk mengetahui titik refleksi yang benar.

Pijat refleksi diketahui memberikan pengaruh pada bagian atau organ tubuh, dengan rangsangan sistem saraf, lalu rangsangan ini dikirim ke bagian sistem saraf pusat. Hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi lebih rileks, serta dapat melancarkan aliran darah, pernapasan, dan juga respons sistem imun tubuh yang ikut andil dalam mempengaruhi organ dalam tubuh.

4 zona Titik Refleksi Kaki Kiri dan Kanan

Anda perlu tahu bahwa titik refleksi kaki kiri dan kanan menjadi seperti peta, yang mana menggambarkan organ pada bagian kaki. Terdapat 4 zona titik refleksi kaki kiri dan kanan, yang menghasilkan manfaat berbeda. Di bawah ini adalah 4 zona tersebut:

  • Zona Kepala

Refleksi kaki guna mengatasi atau meredakan sakit kepala dapat Anda temukan pada titik ujung kaki. Dimana titik ini mulai dari jari kaki sampai batas lengkung jari Anda. Anda dapat menekan titik refleksi kaki untuk meredakan sakit kepala, yang jika dilakukan secara efektif dapat meningkatkan sirkulasi pada leher. Ini akan membantu sakit kepala Anda menjadi berkurang. Anda dapat memijat di titik refleksi kaki kiri dan kanan, dengan arah gerakkan melingkar pada ibu jari kaki. 

  • Zona Dada

Anda dapat merasakan manfaat pijat refleksi di organ yang berada di area sekitar dada. Tak hanya itu, manfaat juga dapat dirasakan guna paru-paru dan jantung, bila Anda memijat titik refleksi kaki kiri dan kanan. Tepatnya pada bagian bawah jari kaki sampai bagian tengah telapak kaki.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Macam Titik Refleksi Kaki Ini Untuk Meningkatkan Kesehatan!

  • Zona Perut

Jika melakukan pijat di titik refleksi kaki kiri ataupun kanan, tepatnya bagian tengah akan mampu mempengaruhi organ yang ada disekitar perut, Pijat ini akan memberikan pengaruh di organ seperti pankreas, organ sistem pencernaan, dan ginjal. 

  • Zona Panggul

Selanjutnya adalah bila pijat dilakukan pada area sekitar tumit, maka mampu mempengaruhi organ atau tubuh sekitar panggul. Dengan pijat refleksi pada zona panggul ini, akan mampu membantu mengatasi masalah yang ada di area seperti pinggang, kaki, dan rektum. 

Manfaat Pijat Refleksi Kaki

Manfaat dilakukannya pijat refleksi kaki adalah mampu untuk meredakan nyeri tubuh. Tidak perlu ke terapis, Anda juga dapat melakukannya mandiri di rumah. Caranya adalah dengan duduk di kursi atau sofa, kemudian letakkan bola kecil seperti bola golf atau bola tenis pada bawah telapak kaki Anda. Jika sudah, gulingkan bola itu dengan telapak kaki Anda. Cara ini dapat Anda lakukan selama beberapa menit, guna membantu meredakan nyeri tubuh. 

Tak hanya itu, refleksi kaki juga dapat dilakukan untuk mengatasi rasa cemas. Titik refleksinya adalah di bagian telapak kaki, Anda hanya perlu memijat bagian bawah ibu jari kaki. Sampai ke area bagian tengah telapak kaki, titik refleksi ini akan membantu Anda untuk mengatasi rasa cemas. Secara luas, manfaat yang bisa Anda peroleh dengan pijat refleksi ini adalah untuk mengatasi insomnia, gangguan pencernaan, gangguan menstruasi, radang sendi, masalah pencernaan, cedera olahraga, dan lainnya.

Sebelum Anda melakukan pijat refleksi, maka sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Ini karena ada beberapa kondisi yang harus menghindari pijat refleksi.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jalan Kaki untuk Cegah Kematian Dini

 

Referensi:

1. WebMD

2. Very Well Health

3. Foot Pain Explored

4. Healthline

Bagikan artikel ini