Bantuan

Apa Penyebab Asma? Ketahui Jawabannya di Bawah Ini dan Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Feb 2022

Bagikan

Penyebab Asma dan Cara Mencegahnya

Apakah Anda tahu apa penyebab asma? Asma itu sendiri merupakan suatu penyakit pernapasan yang paling umum di Indonesia bahkan dunia. Oleh karena itu, mungkin banyak dari Anda yang sudah pernah mendengar penyakit asma ini. Akan tetapi, tidak semua orang tahu apa itu asma, penyebab asma, dan bagaimana cara mencegahnya. 

Apa itu asma?

Sebelum Anda mengetahui apa penyebab asma dan cara mencegahnya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai penyakit asma itu sendiri. Penyakit asma merupakan penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan. Penderita asma akan mengalami peradangan dan juga penyempitan saluran napas sehingga penderitanya akan mengalami sesak napas atau sulit bernapas. 

Selain itu, penderita penyakit asma memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif apabila dibandingkan dengan orang normal. Ketika paru-paru terpapar oleh asap rokok, debu, udara dingin, infeksi virus, dan lainnya maka saluran pernapasan akan menjadi kaku dan menyempit. Hal inilah yang membuat penderita penyakit asma biasanya mengalami sesak atau sulit bernapas secara tiba-tiba. 

Penyebab Asma

Setelah mengetahui apa itu asma, lalu Anda perlu tahu penyebabnya. Akan tetapi, penyebab asma belum dapat dipastikan. Namun, ada beberapa pemicu yang diduga menjadi penyebab munculnya penyakit asma. Berikut ini beberapa penyebab penyakit asma yang perlu Anda ketahui.

  1. Olahraga yang berlebihan

Pada dasarnya olahraga merupakan suatu aktivitas yang dapat menyehatkan tubuh. Akan tetapi, apabila dilakukan secara berlebihan justru dapat memicu penyakit asma. Tidak hanya olahraga, beberapa aktivitas fisik lain yang berlebihan pun memiliki dampak yang sama. Hal ini karena pada saat beraktivitas fisik atau olahraga yang berlebihan, Anda akan bernapas menggunakan mulut yang dapat memicu penyempitan saluran pernapasan. 

Baca juga: Olahraga bagi Penderita Asma

  1. Lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab munculnya penyakit asma. Lingkungan yang berisiko tinggi menyebabkan penyakit asma, yaitu lingkungan yang memiliki kualitas udara yang rendah yang disebabkan oleh polusi udara. Kondisi ini dapat menyebabkan terganggunya saluran pernapasan sehingga dapat menyebabkan penyempitan saluran  pernapasan. Dalam lingkup yang lebih kecil, ruangan yang lembap dan dipenuhi asap rokok juga dapat memicu penyakit asma.

  1. Efek samping obat-obatan 

Penyebab munculnya penyakit asma yang selanjutnya, yaitu efek samping dari obat-obatan. Bagi orang yang telah memiliki riwayat penyakit asma, sebaiknya menghindari beberapa obat seperti ibuprofen, aspirin, hingga penyakit jantung. Pasalnya, beberapa obat tersebut akan memicu penyakit asma kambuh. Oleh karena itu, ketika akan mengonsumsi obat-obatan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. 

  1. Perubahan hormon

Perubahan hormon merupakan penyebab asma yang selanjutnya. Perubahan hormon sering dialami oleh wanita ketika haid ataupun hamil. Hal inilah yang membuat penyakit asma lebih banyak diderita oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, wanita yang telah menopause dan mengonsumsi estrogen juga lebih rentan terhadap risiko penyakit asma. 

Cara mencegah asma

Lalu bagaimanakah cara mencegah asma? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar gejala asma tidak muncul.

  1. Gunakan humidifier

Menggunakan humidifier merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit asma. Pasalnya, udara yang dingin dan kering dapat mengiritasi saluran pernapasan. Oleh karena itu, menggunakan humidifier merupakan salah satu cara untuk melembapkan udara di ruangan. Namun, Anda perlu memperhatikan kebersihan dari humidifier

  1. Menggunakan masker

Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yaitu menggunakan masker. Seiring dengan kualitas udara yang buruk maka risiko penyakit asma pun semakin meningkat. Menggunakan masker dapat mencegah masuknya udara kotor, debu hingga benda asing yang terhirup oleh Anda. 

  1. Rutin cek kesehatan

Cara terakhir dalam mencegah penyakit asma yang terakhir, yaitu rutin cek kesehatan. Anda perlu rutin mengecek kondisi paru-paru Anda agar tahu kondisi kesehatan paru-paru Anda. Selain itu, biasakan bernapas menggunakan hidung dari pada mulut agar tidak masuk berbagai bakteri.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyebab asma dan lainnya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda mengenai penyebab dan cara mencegah penyakit asma.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi

Mayo Clinic. Asthma. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/asthma/symptoms-causes/syc-20369653

NHS. 2021. Living with Asthma. https://www.nhs.uk/conditions/asthma/living-with/

Ratini, Melinda. 2021. Asthma. https://www.webmd.com/asthma/what-is-asthma

Bagikan artikel ini