Memahami Manfaat Sinar Matahari Bagi Tubuh Saat Berjemur

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Dec 2021

Bagikan

Memahami Manfaat Sinar Matahari Bagi Tubuh Saat Berjemur

Apakah Anda tahu apa saja manfaat sinar matahari? Pada umumnya, sinar matahari sering kali dihindari karena dapat merusak kulit seperti kulit menjadi hitam atau penuaan dini. Akan tetapi, ternyata sinar matahari ini juga memiliki beberapa manfaat, terutama sinar matahari di pagi hari. 

Mungkin banyak dari Anda yang sudah sering mendengar bahwa berjemur di bawah sinar matahari dapat meningkatkan vitamin D dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, di masa pandemi ini banyak orang yang mulai giat berjemur di bawah sinar matahari agar tidak rentang terinfeksi Corona.

Manfaat Sinar Matahari

Tahukah Anda, manfaat sinar matahari tidak berhenti di situ saja, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan. Lantas apa saja manfaat sinar matahari tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan mengenai manfaat sinar matahari di bawah ini 

  1. Meningkatkan Produksi Vitamin D

Manfaat sinar matahari yang bisa Anda peroleh pertama yaitu mampu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D itu sendiri sangat diperlukan oleh tubuh untuk menyerap fosfor dan kalsium di dalam usus sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, dan otot.

Apabila seseorang mengalami kekurangan vitamin D, maka tulang tidak dapat terbentuk dengan baik. Oleh karena itu, anak-anak yang dalam masa pertumbuhan wajib memiliki vitamin D yang cukup.

Baca Juga: Daftar Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Sumber Vitamin D

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sudah dijelaskan sebelumnya matahari mampu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D ini sangat berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ketika Anda terpapar sinar matahari, maka dapat menghasilkan sel darah putih yang lebih banyak. Sel darah putih ini berperan dalam melindungi tubuh dan melawan berbagai penyebab infeksi. Jadi, Anda tidak mudah terserang penyakit. 

  1. Mengatasi Penyakit Kulit

Pada umumnya, sinar matahari dikenal karena dapat merusak kulit. Namun ternyata, sinar matahari juga memiliki manfaat dalam mengatasi penyakit kulit. Manfaat ini berasal dari kandungan yang terdapat pada ultraviolet A dan ultraviolet B yang dapat meredakan gejala penyakit kulit.

Beberapa penyakit kulit yang dapat diatasi yaitu jerawat, penyakit kulit dan eksim. Namun Anda perlu berhati-hati, karena sinar matahari ini bagai pisau bermata dua yang dapat memberikan efek buruk sekaligus. Jadi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

  1. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Apakah Anda mengalami masalah tidur seperti sulit tidur? Jika iya, maka cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari saat pagi hari. Dengan berjemur di bawah sinar matahari, maka hormon melatonin akan terstimulasi. Hormon melatonin ini bertugas dalam mengatur siklus tidur.

Salah satu penyebab tidur Anda terganggu yaitu kadar melatonin dalam darah rendah. Jadi, ketika hormon melatonin ini stabil, maka tidur Anda pun menjadi lebih nyenyak. 

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat sinar matahari bagi tubuh yang selanjutnya yaitu menjaga kesehatan tulang. Manfaat ini berkat peningkat produksi vitamin D yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pasalnya, vitamin D ini berperan penting dalam kekuatan dan kesehatan tulang. Apabila Anda kekurangan vitamin D,  maka akan terhambatnya penyerapan  kalsium yang mengganggu kesehatan tulang. 

  1. Meringankan Depresi

Tahukah Anda, ternyata manfaat sinar matahari juga mampu meringankan dan mencegah depresi. Mengapa bisa seperti itu? Hal ini karena, sinar matahari dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh. Ketika Anda jarang terkena sinar matahari, maka kadar hormon serotonin ini akan menurun, sehingga Anda akan menjadi lebih mudah depresi.

  1. Mencegah Rambut Rontok

Manfaat terakhir yang bisa Anda dapatkan saat berjemur di bawah sinar matahari yaitu mencegah rambut rontok. Hal ini berkat vitamin D yang akan merangsang folikel rambut baru. Apabila Anda kekurangan vitamin D, maka pertumbuhan rambut akan terhambat. Jadi, cobalah berjemur di bawah sinar matahari pagi, selama 15 menit. 

Nah, itulah dia beberapa manfaat sinar matahari yang bisa Anda dapatkan. Perlu diingat, Anda cukup berjemur selama 5 hingga 15 menit saja dan lakukan di pagi hari. Apabila berlebihan, maka akan menimbulkan efek buruk pada kulit, salah satunya yaitu kanker kulit.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berjemur, Vitamin D dan COVID-19: Dimanakah Hubungannya?

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Referensi
  1. Dresden, Danielle. 2020. What to know about the health benefits of sunlight.
  2. Nall, Rachel. 2019 What Are the Benefits of Sunlight?
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin sekarang!

Pesan Konsultasi