Mari Simak disini! Bagaimana Cara Meninggikan Badan Alami?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Mari Simak disini! Bagaimana Cara Meninggikan Badan Alami?

Selain berolahraga atau meminum suplemen, adakah cara meninggikan badan alami? Bagi setiap orang tentu saja memiliki tinggi badan yang ideal adalah impian. Dimana tinggi badan sering kali dikaitkan dengan kepercayaan diri dan karir pekerjaan. Jika Anda sudah mencoba berbagai cara seperti berolahraga dan mengonsumsi vitamin untuk tinggi, namun tak kunjung membuahkan hasil. Anda dapat mencoba melakukan beberapa cara meninggikan tinggi badan dengan alami. 

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tinggi badan dan tulang anda tetap sehat adalah menjaga punggung tetap lurus saat berjalan, saat duduk jaga terus agar punggung tetap lurus, dan berdiri dengan tegak. Untuk selalu mempertahankan posisi seperti ini memang mungkin akan sulit. Namun, dengan upaya serta rutin dilakukan maka akan menjadi kebiasaan dengan sendirinya. 

Berikut beberapa cara meninggikan badan alami yang dapat Anda lakukan :

  1. Diet sehat, meskipun tinggi badan ditentukan secara genetik, namun ada faktor luar yang dapat mempengaruhinya yaitu nutrisi. Tinggi badan yang kurang ideal mungkin dapat disebabkan oleh kebutuhan nutrisi yang tidak tercukupi. Maka dari itu, untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal anda dapat menjalani diet seimbang yang penting untuk pertumbuhan. Mengonsumsi makanan bernutrisi menjadi cara meninggikan badan alami yang dapat dilakukan. Penting untuk Anda memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumi, bukan kuantitas. Diet sehat sebagai cara meninggikan badan alami mencakup semua sayuran, serta beberapa produk susu. Pastikan diet sehat yang Anda jalani mencakup protein, kalsium, vitamin, magnesium, seng, dan fosfor. Hal ini dikarenakan nutrisi ini merupakan yang utama untuk menambah tinggi seseorang. Selain itu, tambahkan kentang, oatmeal, kacang-kacangan, dan wortel pada menu diet sehat Anda. 

  2. Bahan makanan, para pakar kesehatan mengatakan bahwa dengan menambahkan jenis makanan tertentu pada menu makanan sehari-hari, maka tinggi badan dapat meningkat beberapa inci. Namun, perlu juga diiringi dengan aktivitas fisik yang ketat untuk mendukung makanan tersebut, dapat bekerja optimal meningkatkan tinggi badan. Beberapa bahan makanan atau produk makanan yang dapat menjadi cara meninggikan badan alami adalah seperti, produk susu seperti keju, mentega, dan yogurt, telur, ayam, produk kacang-kacangan, pisang, oatmeal, sayuran hijau, dan ikan.

  3. Ginseng India, menjadi salah satu pengobatan tradisional yang diklaim efisien sebagai cara meninggikan badan alami pada remaja. Didalamnya terkandung mineral yang dapat membantu menambah tinggi badan, melindungi tulang, dan melindungi jaringan. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, bahwa selama periode mengonsumsi Asghwagandha maka hindari merokok dan alkohol, hindari konsumsi kopi dan teh berlebihan, dan hindari konsumsi makanan berminyak dan pedas. 

  4. Postur tubuh yang baik, salah satu cara meninggikan badan alami adalah dengan memperhatikan postur berdiri yang benar. Postur tubuh yang buruk akan memberikan akibat yang merugikan tubuh Anda. Pastikan bahwa kepala dan leher dalam posisi sejajar sepenuhnya, tanpa membungkuk. Postur tubuh yang buruk juga akan mempengaruhi sumsum tulang belakang, serta menurunkan standar tinggi seseorang. Mempertahankan postur yang tepat bisa membantu Anda mencapai pertumbuhan dan tinggi badan yang tepat. Tahukah Anda bahwa punggung yang kuat akan memungkinkan Anda untuk berdiri setinggi dua inci. 

Anda juga harus mengetahui adanya faktor yang akan memengaruhi tinggi badan seseorang, yaitu seperti hormon. Hormon berperan penting dalam pertumbuhan, dimana hormon juga mengurus aktivitas organ tubuh. Kelenjar pituitari ialah struktrur dalam otak yang menghasilkan berbagai jenis hormon khusus seperti hormon pertumbuhan atau HGH (human growth hormone). Dimana hormon ini berfungsi untuk memengaruhi tinggi badan manusia, dan membantu membangun otot dan tulang. 

Faktor lainnya adalah gen, mungkin faktor ini sudah banyak orang tahu mempengaruhi tinggi badan. Tidak hanya mempengaruhi tinggi badan, gen juga berpengaruh atas sebagian besar fisik seseorang seperti berat badan, warna kulit, struktur tubuh, dan warna rambut. Dikatakan bahwa genetik berpengaruh sekitar 60 sampai 80 persen terhadap tinggi seseorang. Sedangkan 20 sampai 40 persen, dikaitkan dengan dampak lingkungan dan asupan nutrisi.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: 3 Cara Mengukur Tinggi Badan Tanpa Menggunakan Stadiometer


Referensi :

https://www.google.co.id/amp/s/stylesatlife.com/articles/how-to-increase-height/

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi