Bantuan
Free Tele x

Tidak Hanya Untuk Kue, Ini Manfaat Baking Soda Untuk Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Dec 2021

Bagikan

Tidak Hanya Untuk Kue, Ini Manfaat Baking Soda Untuk Tubuh

Tahukah Anda apa saja manfaat baking soda? Seperti yang kita ketahui bahwa pada umumnya baking soda digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kue. Namun ternyata baking soda memiliki manfaat lain bagi tubuh yang mungkin belum Anda ketahui. Apa sajakah manfaat baking soda untuk tubuh? Simak penjelasan lebih jauh pada ulasan berikut ini.

Apa itu Baking soda?

Sebelum mengetahui manfaat baking soda bagi tubuh. Alangkah baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai baking soda, agar Anda tidak salah dalam menggunakannya. Baking soda atau natrium bikarbonat adalah senyawa kimia yang berbentuk serbuk kristal. Biasanya baking soda digunakan sebagai bahan pelengkap untuk pembuatan kue dan berfungsi untuk membuat adonan kue menjadi mengembang karena menghasilkan karbondioksida.

Manfaat Baking soda untuk Tubuh

Manfaat baking soda dalam pembuatan kue memang sudah tidak diragukan lagi. Tanpa baking soda, kue yang Anda buat atau yang biasa Anda makan tidak akan mengembang sempurna dan teksturnya pun menjadi lebih keras. Lalu bagaimana manfaatnya untuk tubuh anda? Berikut beberapa manfaat baking soda bagi tubuh yang perlu Anda ketahui: 

  1. Mengobati Sakit Maag

Manfaat baking soda yang pertama yaitu dapat mengobati sakit maag. Karena kandungan baking soda yang bisa menetralkan asam lambung. Jika Anda mengalami sakit maag, Anda  bisa mencoba untuk melarutkan satu sendok teh baking soda dalam segelas air dingin. Lalu aduk-aduk dengan merata dan minumlah secara perlahan.

  1. Sebagai Obat Kumur

Manfaat baking soda yang kedua yaitu bisa digunakan sebagai obat kumur. Menjaga kebersihan mulut adalah hal yang sangat penting. Selain menggosok gigi, menggunakan obat kumur juga menjadi salah satu rutinitas yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sisa-sisa kuman dan bakteri yang terlewatkan saat menyikat gigi.

Banyak orang menggunakan baking soda sebagai obat kumur sehari-hari atau bahkan obat kumur untuk sariawan. Karena beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa baking soda dapat membantu menyegarkan nafas dan mengurangi bau mulut serta memiliki sifat antibakteri yang baik untuk mulut. 

  1. Memutihkan Gigi

Manfaat baking soda yang ketiga yaitu bisa memutihkan gigi. Banyak penelitian yang menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih baik untuk memutihkan gigi dan menghilangkan plak dibandingkan dengan pasta gigi yang tidak mengandung baking soda. Karena baking soda memiliki sifat abrasif ringan. Sifat abrasif itulah yang dapat memutuskan ikatan molekul yang menodai gigi.

Baca JUga: Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Baking Soda, Amankah?

  1. Sebagai Deodoran

Manfaat baking soda yang keempat yaitu bisa digunakan sebagai deodoran. Bau badan adalah hal yang cukup mengganggu dan bisa membuat Anda tidak percaya diri. Keringat dapat menimbulkan bau tidak sedap setelah dipecah oleh bakteri yang mengandung limbah asam. Anda bisa menggunakan baking soda karena akan membuat keringat menjadi tidak terlalu asam. Sehingga keringat tersebut tidak menimbulkan bau badan. 

  1. Meningkatkan Kinerja Olahraga

Manfaat baking soda yang kelima yaitu dapat membantu untuk meningkatkan kinerja olahraga. Baking soda sudah menjadi suplemen yang cukup populer di kalangan para atlet.

Karena beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa baking soda bisa membantu seseorang yang rutin berolahraga untuk tampil maksimal dengan waktu yang lebih lama, terutama saat latihan dengan intensitas tinggi. Soda kue memiliki pH tinggi yang dapat membantu menunda kelelahan saat berolahraga. Sehingga Anda bisa berolahraga dengan durasi waktu yang lebih lama.

  1. Meringankan Rasa Gatal pada Kulit

Manfaat baking soda yang terakhir yaitu dapat membantu untuk meringankan rasa gatal pada kulit. Baking soda dapat mengurangi beberapa rasa gatal yang terjadi pada kulit Anda. Seperti rasa gatal akibat gigitan serangga, sengatan lebah, dan rasa gatal akibat terbakar sinar matahari. Beberapa orang telah mencoba dengan mengolesi baking soda yang telah dicampur sedikit air pada area kulit yang terasa gatal.

Beberapa manfaat baking soda memang sangat beragam. Baking soda adalah bahan serbaguna yang tidak hanya bisa digunakan untuk memasak, tetapi bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Namun Anda harus tetap memperhatikan prosedur penggunaannya. Jangan sampai Anda mengonsumsi baking soda terlalu berlebihan. Agar nantinya tidak ada efek samping yang membahayakan kesehatan Anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ketahui Beragam Manfaat Baking Soda Untuk Wajah

 

Sumber:

1. Raman, Ryan: 22 Benefits and Uses for Baking soda. 2020.

2. Dersarkissian, Carol: Baking soda Dos and Don’ts. 2020.

Tag :
Bagikan artikel ini