Bantuan
Free Tele x

3 Cara Mengukur Tinggi Badan Tanpa Menggunakan Stadiometer

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Jul 2021

Bagikan

3 Cara Mengukur Tinggi Badan Tanpa Menggunakan Stadiometer

Ada beberapa cara mengukur tinggi badan yang dapat Anda lakukan tanpa harus menggunakan meteran. Biasanya tinggi badan diperlukan untuk keperluan surat sehat dari dokter, mengisi data diri saat melamar pekerjaan, maupun keperluan sekolah. 

Oleh karena itu, Anda diharuskan untuk mengetahui tinggi badan diri sendiri sehingga dapat langsung memberitahukannya saat diminta. Alat ukur yang biasanya digunakan untuk mengetahui tinggi badan adalah meteran, namun tidak semua orang memilikinya. 

Terkadang Anda juga harus pergi ke apotek, klinik, puskesmas, atau rumah sakit terlebih dahulu untuk mengetahuinya. Jarak dari tempat tinggal menuju tempat-tempat tersebut tentu saja ada yang jauh sehingga rasanya akan cukup malas untuk pergi sekedar mengukur tinggi badan.

3 Cara mengukur tinggi badan tanpa menggunakan meteran

Stadiometer merupakan alat ukur tinggi badan berupa penggaris panjang yang biasanya ditempel pada dinding klinik atau rumah sakit. Nah, berikut ini adalah tiga cara mengukur tinggi badan tanpa menggunakan stadiometer yang dapat Anda coba agar tetap di rumah saja.

  1. Mengukur tinggi badan dengan penggaris

Pada umumnya, penggaris memiliki panjang yang terbatas sehingga tidak diutamakan untuk mengukur tinggi badan. Ada penggaris yang berukuran hanya 10 cm, 30 cm, hingga yang paling panjang adalah 1 meter. Jika tidak memiliki penggaris fisik, maka Anda dapat membuat penggaris tersebut dengan cara mencetak penggaris sesuai dengan template.

Cara mengukur tinggi badan menggunakan penggaris cukup mudah karena dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain. Anda hanya perlu mencari permukaan yang rata seperti tembok dan menempelkan badan tanpa menggunakan alas kaki. Setelah itu, beri tanda pada tembok tersebut dengan jelas menggunakan alat tulis sehingga Anda dapat dengan mudah mengukurnya. 

Kemudian, gunakan penggaris yang dimiliki untuk mengukur secara perlahan. Jika penggaris tersebut pendek, maka Anda harus memberikan tanda agar kemudian dapat dikalkulasikan. Cara pengukuran yang satu ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun menjadi cara yang paling mudah untuk dilakukan karena mayoritas orang pasti memiliki penggaris.

  1. Mengukur tinggi badan menggunakan meteran

Cara mengukur tinggi badan yang satu ini mirip dengan penggunaan penggaris sebagai alat ukurnya. Hanya saja terkadang meteran ini memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan penggaris yang Anda miliki.

Dengan begitu, proses pengukuran tinggi badan dapat dilakukan dengan lebih mudah tanpa harus melakukan kalkulasi terlebih dahulu. Selain itu, waktu dan tenaga Anda untuk mengukur tinggi badan juga dapat lebih dihemat. Nah, meteran ini juga dikenal dengan pita ukur atau roll meter karena alat tersebut dapat digulung.

Produk ini mudah ditemukan di berbagai tempat, seperti toko bangunan, kain, maupun pasar swalayan. Harganya tentu saja variatif tergantung dari kualitas meteran yang ditawarkan. Jika Anda dapat merawatnya dengan baik, maka alat ukur tersebut dapat digunakan hingga jangka waktu yang cukup lama.

  1. Menggunakan bantuan aplikasi pada ponsel

Cara mengukur tinggi badan yang terakhir ini berkaitan dengan kecanggihan teknologi masa kini karena Anda hanya perlu menggunakan aplikasi. Nah, aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Google Play pada ponsel pintar Anda dengan nama Smart Measure. Setelah berhasil, Anda dapat langsung menggunakannya dengan mudah seperti sedang memotret sebuah objek.

Anda dapat meminta bantuan dari orang lain yang ada di sekitar untuk memotret. Pastikan agar kamera ponsel pintar tersebut dapat dipegang dengan stabil akan pengukurannya lebih akurat. Selain mengukur tinggi badan, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengukur jarak suatu objek.

Jika Anda adalah pengguna iPhone, maka tidak perlu lagi mengunduh aplikasi karena sudah disediakan aplikasi Pengukur. Dengan adanya aplikasi tersebut, Anda dapat mengukur tinggi badan saat berdiri maupun duduk. Nah, angka hasil pengukuran tersebut akan muncul di bawah garis yang ada di ujung kepala.

Nah, itulah tiga cara mengukur tinggi badan tanpa menggunakan stadiometer sehingga dapat langsung dilakukan di rumah saja. Jika Anda merasa ragu dan khawatir angka yang diperoleh tidaklah tepat, maka Anda dapat pergi apotek, klinik, puskesmas, maupun rumah sakit terdekat.


Referensi:

Fletcher, Jenna. Measuring Height at Home. 2020.

Roland, James. How to Accurately Measure Your Own Height. 2019. 

Budget Dumpster Staff. How to Measure Without a Tape Measure. 2017. 

Bagikan artikel ini