Bantuan

Mari Kenali Sejak Dini Ciri-Ciri Tidak Cocok KB Suntik 3 Bulan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Jan 2022

Bagikan

Mari Kenali Sejak Dini Ciri-Ciri Tidak Cocok KB Suntik 3 Bulan

Ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan ini penting untuk Anda ketahui. KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang biasa diberikan setiap 3 bulan sekali. Alat kontrasepsi ini digunakan untuk mengatur atau mencegah jangka waktu kehamilan sang ibu. Bahkan, tingkat efektivitas dari alat kontrasepsi KB ini mencapai 99 persen. Didalam KB ini terdapat hormon progestin yang mana memiliki fungsi guna mencegah ovulasi. Selain itu, hormon progestin ini juga berfungsi untuk mengentalkan cairan atau lendir pada area serviks. Oleh karenanya, akan membantu cegah sperma sampai pada pembuahan atau sel telur. 

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Dia Cara Minum Pil KB dan Aturannya yang Benar

Petunjuk Tidak Cocok dengan KB Suntik 

KB suntik biasanya digunakan pada masa menyusui serta tidak ada obat yang mengganggu efektivitas kerjanya. Selain memiliki manfaat untuk Anda, KB suntik ini juga mempunyai beberapa efek samping yang mungkin dialami. Apabila Anda mengalami ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan, maka bukan tidak mungkin akan menimbulkan efek samping yang merugikan. Efek samping tersebut diantaranya adalah seperti reaksi alergi yang serius, pendarahan yang hebat, sulit bernapas, sakit perut di area bawah, gatal, kemerahan, dan nyeri berkelanjutan pada bagian suntikan. 

Lalu apa saja ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan? Simak penjelasan dibawah ini:

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis KB (Alat Kontrasepsi) Beserta Kelebihan dan Kekurangannya Masing-masing

  1. Siklus Menstruasi yang Berubah

Ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan yang pertama adalah siklus menstruasi Anda yang berubah. Dimana mungkin siklus menstruasi menjadi tidak teratur atau lebih sering. Dalam hal ini misalnya bercak pendarahan yang tiba-tiba keluar atau juga tidak keluar sama sekali. Kondisi seperti ini umumnya dikatakan normal ketika dapat pulih seiring dengan berjalannya waktu. 

  1. Munculnya Gejala

Beberapa pengguna KB bisa merasakan ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan dengan gejala khusus. Misalnya seperti sakit kepala, payudara nyeri atau terasa lunak, perut kembung, pusing, gairah seksual yang menurun, suasana hati yang mudah berubah, dan munculnya jerawat. 

Baca Juga: Ini Bahaya Pil KB Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Keputihan 

Anda juga bisa mengetahui ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan dari adanya keputihan. Dimana keputihan ini bisa terjadi karena pH yang tidak seimbang, sehingga jamur akan tumbuh subur pada mulut vagina. Adanya hormon progesteron dalam suntik KB ini bisa menjadi penyebab pH yang tidak seimbang pada vagina. 

  1. Kepadatan Tulang yang Menurun

Berkurangnya kepadatan tulang ini menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh dan tipis. Akan tetapi, efek dari KB suntik 3 bulan ini biasa akan kembali normal, sesudah penggunaannya dihentikan. 

Baca Juga: Ingin Menunda Kehamilan? Kenali Jenis Pil KB dan Cara Kerja Pil KB

  1. Berat Badan Naik

Diperkirakan 20 persen dari pengguna KB suntik mengalami kenaikan berat badan sebagai ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan. Hal ini dapat terjadi karena ketidakseimbangan yang disebabkan alat kontrasepsi KB suntik tersebut. 

Penting untuk Diketahui

Penanganan dari KB suntik yang tidak cocok akan diberikan berdasarkan keluhan. Misalnya pemberian obat-obatan dengan kandungan antiprostaglandin, yang mana bisa mengurangi rasa nyeri dan sakit di bagian kepala atau anggota tubuh yang lain. Sementara itu, jika Anda mengalami keputihan maka biasa akan diberikan obat antikolinergik. Dengan catatan bahwa pemberian obat ini berdasarkan resep dokter. 

Hal lainnya yang penting untuk Anda pahami dengan baik yakni kategori tidak disarankan menggunakan KB suntik. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terjadinya perdarahan vagina

  • Merencanakan untuk segera hamil

  • Pernah mengalami stroke atau serangan jantung

  • Menjalani pengobatan kanker payudara

  • Mempunyai faktor risiko penyakit jantung, misalnya merokok dan diabetes

  • Terkena penyakit hati parah

Bila Anda mempunyai salah satu dari beberapa kondisi diatas, maka diharuskan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter, jika ingin menggunakan KB suntik. Perlu Anda ingat bahwa walau sudah melakukan suntik KB, namun tetap ada kemungkinan untuk Anda hamil. Terutama jika suntik KB yang dilakukan tidaklah teratur, akan tetapi sebaliknya jika Anda menjalani program KB ini dengan teratur dan sesuai prosedur. Maka, akan kecil kemungkinannya Anda untuk hamil. Untuk pengguna KB suntik yang teratur diharuskan untuk menunggu 10 sampai 12 bulan, guna kembali subur dan bisa hamil kembali. Hal ini karena diperlukan waktu untuk siklus menstruasi kembali seperti biasa atau normal. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/depo-provera/about/pac-20392204
  2. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/contraception-injections-for-women
  3. https://www.healthline.com/health/birth-control/birth-control-pill-vs-shot#the-shot
  4. http://www.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/38615
Bagikan artikel ini