Bantuan

Penyebab Vagina Kentut Saat Melakukan Hubungan Seksual, Berikut Ini Beberapa Penjelasannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Jun 2022

Bagikan

Apa Penyebab Vagina Kentut? Berikut Ini Beberapa Penjelasannya

Apa sebenarnya penyebab vagina kentut saat melakukan hubungan seksual? Biasanya, para wanita bisa mengalami kentut vagina saat melakukan aktivitas seksual. Kentut vagina ini juga dapat menimbulkan suara seperti kentut yang keluar melalui dubur. 

Tentu saja jika hal ini terjadi ditengah-tengah aktivitas seksual, akan menimbulkan rasa malu. Akan tetapi, kentut pada vagina ini sebenarnya adalah hal yang normal. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui penyebabnya.

Baca juga: Apa Itu Vagina? Mari Kenali Lebih Dalam Organ Intim pada Wanita Ini

 

Apa itu Kentut Vagina (Queefing)?

Kentut atau udara yang keluar dari vagina sering juga dikenal dengan queefing. Sebelum mengetahui penyebab vagina kentut, maka Anda perlu tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kentut vagina atau queefing. Queefing adalah sebuah keadaan yang tergolong normal terjadi. 

Hal ini terjadi secara tidak sengaja ketika ada udara yang terperangkap di dalam vagina dilepaskan. Keluarnya udara ini yang menimbulkan suara seperti kentut atau juga dapat terasa seperti gelembung udara yang keluar. Selain terjadi saat berhubungan seks, queefing juga dapat terjadi saat melakukan yoga. 

 

Penyebab Vagina Kentut Saat Melakukan Hubungan Seksual

Hal utama yang menyebabkan adanya kentut vagina saat melakukan aktivitas seks adalah adanya pergerakan penis yang keluar masuk vagina. Pergerakan ini mengakibatkan udara masuk dan terperangkap di dalam vagina. Saat terjadi orgasme, otot vagina akan menegang sehingga gas akan terlepas keluar. 

Hal ini juga terjadi saat penis dikeluarkan dari vagina. Keluarnya gas tersebut seringkali terasa seperti gelembung dan dapat mengeluarkan suara. Selain itu, oral seks dan menggunakan sex toys juga bisa menjadi penyebab udara masuk ke dalam vagina dan menimbulkan queefing.  

 

Bagaimana Mencegah Kentut Vagina?

Sebenarnya, tidak banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah keluarnya udara dari vagina saat melakukan hubungan seksual. Anda tidak perlu khawatir, hal ini adalah hal yang normal terjadi dan bukan hal yang berbahaya jika terjadi saat melakukan hubungan seksual. Akan tetapi, cara yang bisa dilakukan untuk menghindari queefing adalah dengan melakukan aktivitas seperti senam kegel untuk menguatkan otot vagina.

Baca juga: 7 Kesalahan Umum dalam Merawat Vagina

1. Mengubah Posisi

Jika Anda menyadari bahwa ada posisi tertentu yang rentan menyebabkan udara masuk ke dalam vagina, maka merubah posisi adalah cara yang tepat. Gunakan posisi yang memiliki kemungkinan kecil untuk dapat memberikan akses udara masuk ke dalam vagina. Posisi yang tepat akan membantu Anda terhindar dari kentut vagina. 

2. Mengubah Gerakan

Hal yang cenderung mengakibatkan udara terperangkap di dalam vagina adalah penis yang keluar masuk ke dalam vagina. Pergerakan ini memberikan ruang pada udara luar untuk terjebak di dalam vagina. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan merubah gerakan yang dapat meminimalisir masuknya udara.

3. Senam Kegel

Senam kegel juga dapat membantu Anda mencegah terjadinya queefing. Melakukan senam kegel secara teratur akan mampu memperkuat otot panggul. Hal ini dapat membantu mengencangkan otot-otot vagina. Kencangnya otot vagina akan meminimalisir kemungkinan udara masuk ke dalam vagina saat melakukan olahraga atau aktivitas seksual. Sehingga akan mencegah terjadinya queefing. 

Pada faktanya, penyebab vagina kentut cukup beragam. Akan tetapi, kentut vagina yang terjadi saat melakukan hubungan seksual bukanlah suatu hal yang harus dikhawatirkan. Selain itu, Anda juga tidak perlu merasa malu kepada pasangan. Meskipun udara yang keluar dari vagina menimbulkan suara, hal tersebut tidak menimbulkan bau sama sekali.

 

Fakta Lain Queefing

Kentut yang timbul dari vagina tidak hanya terjadi saat berhubungan seksual saja. Beberapa kegiatan juga dapat menyebabkan udara terperangkap di dalam vagina dan keluar seperti kentut. Penyebab vagina kentut lainnya adalah aktivitas seperti olahraga, yoga, dan berbagai aktivitas lain yang dapat menyebabkan udara terperangkap di dalam vagina.

Akan tetapi, meskipun kentut vagina adalah suatu hal yang normal. Ada kondisi tertentu yang menjadi penyebab vagina kentut. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan kesehatan yang dialami oleh seseorang sehingga membutuhkan bantuan medis. Anda dapat melihat info penyebab-penyebab kentut vagina pada pembahasan lainnya.

Baca juga: Apa Penyebab Vagina Gatal? Ketahui Beberapa Pemicunya Berikut Ini

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Entsie, Berlinda. 2021.Vaginal gas (flatulence): Why women queef during sex and what to do about it. https://www.pulse.com.gh/lifestyle/beauty-health/vaginal-gas-flatulence-why-women-queef-during-sex-and-what-to-do-about-it/jpwmwrb

Wells, Diana. 2017. Vaginal Gas. https://www.healthline.com/health/vaginal-gas

Bagikan artikel ini