Bantuan
Bantuan

Mari Cari Tahu Apa Penyebab Mata Ikan Di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Mari Cari Tahu Apa Penyebab Mata Ikan Di Sini

Sudahkah Anda mengetahui apa penyebab mata ikan bisa muncul? Mata ikan merupakan sebuah benjolan keras dan kasar yang sering muncul pada kaki seperti telapak kaki jari kaki, ataupun samping telapak kaki. Namun sebenarnya, mata ikan juga dapat muncul pada bagian tubuh lainnya seperti tangan bahkan wajah. 

Lantas apa yang menyebabkan mata ikan bisa muncul? Munculnya mata ikan ini disebabkan karena adanya tekanan yang berulang pada area tertentu sehingga kulit menjadi tebal. Akan tetapi, mata ikan berbeda dengan kapalan. Mata ikan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, dan pada tengahnya terdapat seperti titik yang keras dan dikelilingi kulit yang meradang. 

Penyebab Mata Ikan

Gesekan berulang yang menimbulkan mata ikan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal. Lantas apa saja penyebab mata ikan tersebut? Berikut ini beberapa penyebab mata ikan yang perlu Anda ketahui. 

  1. Penggunaan Sepatu yang Tidak Pas

Penyebab mata ikan dapat muncul yang pertama yaitu karena sering menggunakan sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran. Apabila Anda menggunakan sepatu yang terlalu sempit, maka dapat menyebabkan terjadinya gesekan dan tekanan pada kaki yang terus berulang selama Anda menggunakannya. Tidak hanya sepatu sempit, sepatu yang longgar pun dapat menyebabkan gesekan yang berulang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan sepatu dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran kaki. 

  1. Tidak Menggunakan Kaus Kaki

Selain karena penggunaan sepatu yang tidak pas, mata ikan juga dapat disebabkan karena tidak menggunakan kaus kaki. Hal ini karena, tidak menggunakan kaus kaki akan menyebabkan terjadinya gesekan antara kulit dengan sepatu secara langsung. Bahkan orang yang sering menggunakan kaus kaki pun masih memiliki risiko terkena mata ikan, karena gesekan tetap terjadi. Apalagi Anda yang tidak menggunakan kaus kaki tentu memiliki risiko mata ikan yang jauh lebih besar. 

  1. Menggunakan Alat yang Sering Menimbulkan Gesekan

Penyebab munculnya mata ikan yang selanjutnya yaitu menggunakan alat yang sering menimbulkan gesekan. Beberapa contoh alat yang sering menimbulkan gesekan yaitu alat musik, alat masak hingga alat tulis. Gesekan yang terjadi berulang saat menggunakan peralatan tersebut dapat menyebabkan terjadinya penebalan kulit dan meningkatkan risiko mata ikan. 

  1. Kebiasaan Merokok

Tahukah Anda, ternyata kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan munculnya mata ikan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Bagi pada perokok, tentunya sering memantik korek api menggunakan salah satu jarinya seperti jempol. Ketika memantikkan api menggunakan jempol ini terjadilah gesekan. Apabila dilakukan secara berulang, tentu saja hal ini dapat menyebabkan meningkatnya risiko mata ikan dapat muncul.

  1. Memiliki Kuku Kaki yang Panjang

Penyebab mata ikan dapat muncul yang terakhir yaitu kuku kaki yang panjang. Hal ini karena, ketika kuku kaki panjang, maka jari kaki akan dipaksa pada posisi yang tidak seharusnya. Kondisi ini dapat menyebabkan kuku-kuku jari dapat bergesekan dengan sepatu. Pada akhirnya hal ini menyebabkan munculnya kapalan ataupun mata ikan. Oleh karena itu, rutinlah untuk menggunting kuku agar menurunkan risiko mengalami mata ikan yang mengganggu.

Baca Juga: Berbagai Macam Obat Mata Ikan Alami Yang Bisa Anda Gunakan

Mengobati Mata Ikan

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab mata ikan, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengobati mata ikan. Hal ini penting diketahui, agar bisa Anda terapkan sewaktu mengalami mata ikan. Simak cara mengobati mata ikan di bawah ini. 

  • Rendamlah kulit yang mengalami mata ikan dengan air hangat, lalu gosok menggunakan batu apung. 

  • Anda juga bisa menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotek seperti salep atau plester yang dapat mengangkat mata ikan. 

  • Apabila sudah sangat mengganggu, mata ikan dapat diatasi dengan cara operasi atau laser.

Demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab mata ikan dan cara mengobatinya yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda tidak ingin mengalami mata ikan, pastikan selalu menjauhi berbagai macam penyebabnya. Tidak hanya itu, ternyata mata ikan juga dapat menular apabila disebabkan oleh virus penyakit kelamin yaitu Human papillomavirus atau HPV.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tahapan Operasi Mata Ikan dan Cara Mencegahnya

 

Sumber:

1. Mayo Clinic. 2020. Corns and calluses.

2. Stoppler, Melissa Conrad. 2021. Corns and Calluses.

Bagikan artikel ini