Berbagai Macam Obat Mata Ikan Alami Yang Bisa Anda Gunakan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Dec 2021

Bagikan

Berbagai Macam Obat Mata Ikan Alami Yang Bisa Anda Gunakan

Apakah Anda tahu apa saja obat mata ikan? Mata ikan seringkali membuat penderitanya merasa tidak nyaman karena terjadi penebalan kulit dan juga rasa nyeri. Untuk mengatasi mata ikan dengan cepat, bisa melalui operasi pengangkatan mata ikan. Akan tetapi, Anda juga bisa mengatasi mata ikan dengan menggunakan beberapa obat mata ikan alami.

Obat Mata Ikan

Lantas apa saja obat mata ikan alami tersebut? Berikut ini beberapa obat mata ikan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya.

  1. Batu Apung

Obat mata ikan alami yang bisa Anda gunakan pertama yaitu batu apung. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu menggosokkan batu apung pada area kulit yang terkena mata ikan. Namun sebelumnya itu, rendamlah terlebih dahulu area kulit yang terkena mata ikan agar kulit menjadi lunak ketika digosok. Setelah Anda menggosok mata ikan menggunakan batu apung, gunakan pelembab pada area mata ikan agar kulit kembali halus dan lembab. 

  1. Air Hangat

Apabila Anda tidak memiliki batu apung, Anda tetap bisa mengobati mata ikan hanya dengan merendamnya di air hangat. Caranya pun cukup mudah yaitu merendam area kulit yang terkena mata ikan selama kurang lebih 20 - 30 menit hingga area mata ikan menjadi lunak. Setelah itu angkatlah area yang terkena mata ikan lalu keringkan menggunakan handuk dan tepuk-tepuk dengan lembut. Nantinya Anda  akan melihat area mata ikan akan mudah untuk diangkat tanpa rasa nyeri. 

  1. Cuka Apel

Obat mata ikan alami yang selanjutnya yaitu cuka apel. Pasalnya, di dalam cuka apel terdapat kandungan asam yang dapat melunakkan kulit keras dan tebal pada mata ikan. Cara menggunakannya cuka apel ini sangatlah mudah. Pertama-tama siapkan wadah yang berisi air, lalu tuangkan cuka apel secukupnya. Setelah itu, gunakan air tersebut untuk merendam bagian yang terkena mata ikan selama 20 menit. Jangan lupa untuk selalu mengeringkan bagian tubuh yang direndam setelahnya. 

Baca Juga: Membunuh Kuman Hingga Mampu Turunkan Berat Badan, Ketahui Manfaat Cuka Apel

  1. Garam Epsom

Garam epsom merupakan obat mata ikan alami yang perlu Anda ketahui selanjutnya. Pasalnya, garam epsom dapat melunakkan mata ikan sehingga dapat dikelupas secara perlahan. Tidak hanya itu, ketika merendam kaki yang terkena mata ikan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat lainnya yaitu membuat kaki lebih rileks.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan 2 hingga 3 sendok garam epsom ke dalam air hangat. Setelah itu, gunakan air campuran tersebut untuk merendam area mata ikan selama 20 menit. 

  1. Minyak Jarak

Anda juga bisa mengobati mata ikan dengan menggunakan minyak jarak atau castor oil. Penggunaan minyak jarak ini akan membuat tekstur kulit pada area mata ikan akan menjadi lunak, sehingga lama kelamaan akan menghilang. Cara menggunakannya pun sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak jarak pada area mata ikan sebanyak 3 kali sehari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka lakukan hal ini setiap hari hingga mata ikan hilang. 

  1. Bawang Putih

Obat mata ikan alami yang bisa Anda gunakan selanjutnya yaitu bawang putih. Cara menggunakannya yaitu dengan mengiris-iris bawang putih menjadi beberapa bagian. Setelah itu, tempelkan potongan tersebut pada area mata ikan lalu balut menggunakan perban. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan cara ini ketika malam hari sebelum tidur, lalu diamkan semalaman. Ketika Anda bangun di pagi hari, buka balutan dan bersihkan. 

  1. Kunyit

Obat mata ikan alami yang bisa Anda gunakan terakhir yaitu kunyit. Hal ini karena kunyit memiliki kandungan antimikroba yang efektif dalam mengobati mata ikan. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan madu dengan bubuk kunyit. Aduk hingga memiliki tekstur seperti pasta yang pekat. Setelah itu oleskan pasta tersebut pada area mata ikan dan biarkan kering dengan sendirinya. 

Nah itulah dia beberapa obat mata ikan alami yang bisa Anda gunakan. Perlu diperhatikan,  jika Anda tidak ingin mengalami mata ikan pastikan untuk menjauhi semua penyebabnya.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: 4 Manfaat Kunyit kepada Tubuh yang Terbukti Secara Medis

 

Sumber:

1. Frothingham, Scott. 2019. How to Get Rid of Corns at Home.

2. Kramer, Owen. 2019. How do you get rid of corns?

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi