Tahapan Operasi Mata Ikan dan Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Tahapan Operasi Mata Ikan dan Cara Mencegahnya

Pernahkah Anda mendengar operasi mata ikan? Operasi mata ikan merupakan operasi kecil dengan cara memotong sebagian penebalan kulit yang terjadi menggunakan pisau bedah steril. Operasi mata ikan biasanya dilakukan jika cara lain tidak bisa dilakukan, sehingga jalan terakhir adalah tindakan operasi. 

Cara Mencegah Mata Ikan

Sebelum Anda mengetahui beberapa tahapan operasi mata ikan, ada beberapa cara mencegah mata ikan yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  1. Gunakan Sarung Tangan

Menggunakan sarung tangan pada saat menggunakan perkakas akan mengurangi tekanan dan gesekan yang bisa menyebabkan mata ikan pada tangan. 

  1. Perhatikan Cara Memotong Kuku

Saat memotong kuku, lakukanlah dengan rapi. Ini bertujuan agar kuku tidak membentuk sudut-sudut tertentu yang bisa menimbulkan iritasi atau gesekan berlebih. Pada saat menggunting kuku kaki, potong dengan lurus dan tidak miring atau melewati tepinya.

  1. Rutin Membersihkan Kaki

Membersihkan kaki secara rutin bisa mengurangi mata ikan pada kaki. Anda bisa mencuci dan menggosok kaki setiap hari dengan air dan sabun, lalu menggunakan krim pelembab khusus kaki. Anda juga bisa menggunakan batu apung untuk menggosok telapak kaki secara perlahan, guna mengikis penebalan kulit di telapak kaki. 

  1. Gunakan Ukuran Sepatu yang Tepat

Menggunakan ukuran sepatu yang tepat, tidak terlalu longgar dan juga tidak terlalu sempit merupakan salah satu cara untuk mencegah mata ikan di kaki. Sebaiknya Anda menggunakan sepatu yang bisa memberikan banyak ruang gerak bagi jari-jari kaki. Apabila sepatu terasa agak longgar, gunakan bantalan pelapis agar gesekan antara kaki dan alas kaki tidak terlalu besar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kaus kaki bersih berbahan katun. Anda juga bisa menggunakan bedak tabur untuk mencegah keringat pada kaki.

  1. Gunakan Sandal Jepit Pada Saat di Rumah

Anda juga bisa mencegah mata ikan di kaki, dengan menggunakan sandal jepit ke kamar mandi atau pada saat di dalam rumah dengan menggunakan sandal khusus di dalam rumah.  Usahakan pakai sandal jepit empuk untuk mengurangi tekanan pada kaki.

  1. Segera Atasi Jika Kaki Mengalami Iritasi

Jika Anda mengalami nyeri kaki atau iritasi kulit, jangan ditunda. Segera lakukan pemeriksaan rutin dengan spesialis khusus kaki. Anda juga bisa menggunakan cairan Callusol dengan cara dioleskan langsung ke daerah yang mengalami kapalan atau kulit mengeras. Dengan bahan utama asam salisilat, polidocanol dan asam laktat, akan membantu melunakkan kulit yang terkena kapalan, serta mengangkat ketiga kelainan kulit tersebut secara perlahan.

Baca Juga: Kaki Bengkak Karena Keseleo dan Cara Menanganinya

Tahapan Operasi Mata Ikan

Operasi mata ikan dilakukan untuk mengurangi tekanan yang terjadi pada jaringan di bawah area kulit yang terinfeksi mata ikan dan mencegah mata ikan semakin membesar. Operasi mata ikan merupakan operasi kecil sebagai langkah pengobatan jangka pendek  untuk mengurangi rasa nyeri dengan segera. Setelah Anda mengetahui beberapa cara mencegah mata ikan di atas. Berikut ada beberapa tahapan operasi mata ikan yang perlu Anda ketahui, diantaranya: 

  1. Pembersihan Kulit

Salah satu tahapan operasi mata ikan ialah proses pembersihan kulit. Dokter akan membersihkan area yang akan dilakukan pembedahan terlebih dahulu atau area yang terdapat mata ikan. Biasanya dokter menggunakan cairan alkohol atau povidone iodine  untuk membersihkan area kulit yang akan dioperasi. 

  1. Pembiusan 

Setelah kulit dibersihkan, dokter akan melakukan pembiusan untuk mengurangi rasa sakit pada saat operasi mata ikan. Dokter akan memberikan bius lokal pada area kulit yang akan dilakukan tindakan operasi, untuk meminimalkan rasa nyeri yang ditimbulkan selama operasi berlangsung. Bius lokal merupakan jenis obat bius yang diberikan dengan memblokir sensasi maupun rasa sakit pada area tubuh tertentu yang akan dioperasi. Jenis anestesi ini tidak mempengaruhi kesadaran pada saat operasi.

  1. Pengangkatan Mata Ikan

Tahap terakhir setelah pembiusan, dokter akan melakukan operasi mata ikan dengan mengikis mata ikan secara perlahan menggunakan pisau bedah steril. Anda tidak perlu khawatir dengan operasi kecil ini, karena dokter akan meminimalisir keluarnya darah dan risiko infeksi. Jika setelah operasi, Anda masih mengalami rasa nyeri atau gejala tidak  biasa lainnya, segera konsultasikan dengan dokter. 

Itulah beberapa cara mencegah mata ikan dan tahapan melakukan operasi mata ikan. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan operasi mata ikan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Pergelangan Kaki Sakit? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengobati di Bawah

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi