Bantuan
Bantuan

Manfaat Gerakan Pull up untuk Kesehatan, Jika Dilakukan dengan Benar

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Feb 2022

Bagikan

pull-up

Pull up merupakan salah satu jenis gerakan olahraga yang banyak dipraktikkan untuk melatih otot tubuh bagian atas. Selain karena tekniknya cukup sederhana, gerakan yang satu ini juga mampu mendatangkan manfaat yang tidak sedikit untuk tubuh.

Meskipun begitu, banyak yang merasa bahwa selama ini gerakan pull up yang dilakukan tidak memberikan hasil yang diinginkan. Berkaitan dengan hal ini, hal yang paling bisa menjadi penyebabnya adalah karena melakukan pull up dengan cara yang salah. Lantas seperti apa cara melakukan pull up dengan benar dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari hal tersebut?

 

Cara pull up yang benar

Sebelum kita membahas manfaat dari pull up, tentunya Anda perlu mengetahui seperti apa cara pull up yang benar. Dalam hal ini, mula-mula Anda perlu memastikan bahwa tumpuan yang digunakan adalah benar-benar kuat, lebih tinggi dari Anda serta harus membuat kaki Anda menggantung. Setelah memastikan hal-hal tersebut, cobalah langkah-langkah pull up yang benar berikut ini.

  • Pertama-tama, cobalah untuk berdiri persis di bawah tumpuan, dengan posisi kaki membuka selebar bahu. 

  • Setelah itu, cobalah untuk meraih tumpuan dengan kedua telapak tangan Anda, dengan cara melompat ke atas.

  • Secara perlahan, tariklah tubuh Anda ke atas hingga mencapai dada dan mendekati tumpuan, sembari menghembuskan napas perlahan.

  • Sementara itu, cobalah untuk menekuk lutut Anda dan silangkan pergelangan kaki demi menjaga posisi tetap seimbang.

  • Setelah itu, cobalah untuk menurunkan tubuh secara perlahan sambil mengambil napas. Pada saat ini, tetap pertahankan kekuatan otot tangan agar posisi turun tetap terkontrol.

  • Angkat tubuh ke atas secara perlahan dan ulangi lagi gerakan ini hingga beberapa kali.

Melakukan gerakan pull up dengan benar adalah hal terpenting agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Selain itu, perlu dipertimbangkan pula untuk memasukkan gerakan ini ke dalam pola latihan Anda, paling tidak sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang terbaik. 

 

Manfaat pull up

Gerakan pull up ternyata bukanlah gerakan sembarangan. Faktanya, rutin melakukan pull up akan mendatangkan manfaat yang beragam untuk tubuh seperti berikut ini.

 

  1. Melatih kekuatan genggaman

Manfaat gerakan pull up yang pertama adalah dapat menjadi sarana untuk Anda melatih kekuatan genggaman. Hal ini penting terlebih lagi jika Anda merupakan pecinta olahraga tenis, golf hingga panjat tebing.

 

  1. Meningkatkan kekuatan otot

Tujuan utama dilakukannya gerakan pull up sejatinya adalah untuk meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh bagian atas, terutama otot lengan, bahu, dan punggung. Bonusnya, tubuh bagian atas Anda akan tampak lebih ideal.

Baca juga: Ketahui Fungsi Otot Jantung dan Cara Menjaga Kesehatannya

 

  1. Membantu capai berat badan ideal

Pull up merupakan salah satu latihan kekuatan. Apabila rutin dilakukan, latihan kekuatan ini akan meningkatkan metabolisme tubuh serta memperpanjang waktu pembakaran kalori. Dengan demikian, berat badan ideal akan dapat dicapai dengan mudah. 

 

  1. Meningkatkan stamina

Termasuk salah satu jenis aktivitas fisik yang menantang, pull up mampu meningkatkan stamina tubuh jika dilakukan secara rutin. Hal ini karena gerakan pull up yang tampak sederhana ini sejatinya membutuhkan banyak energi.

 

  1. Memperbaiki suasana hati

Secara tidak langsung, gerakan pull up yang merupakan salah satu jenis olahraga dapat membuat suasana hati lebih baik dan stabil. Hal ini terjadi karena ketika melakukannya, tubuh Anda dapat memproduksi lebih banyak hormon serotonin yang sangat memengaruhi mood. 

  1. Meningkatkan kesehatan

Manfaat pull up yang terakhir, yaitu dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dengan rutin melakukan latihan fisik termasuk gerakan pull up ini, Anda dapat menghindari penumpukan lemak yang membahayakan kesehatan organ, meningkatkan kesehatan tulang hingga jantung.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat gerakan pull up dan bagaimana cara yang benar untuk melakukannya. Berhati-hatilah ketika melakukan gerakan ini dan hindari melakukannya secara berlebihan untuk menghindari cedera. Selain itu, konsultasikan latihan pull up ini dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki riwayat cedera leher, punggung, bahu, pergelangan tangan, ataupun siku. Karena jika dipaksakan, justru bukan manfaat yang akan didapatkan dari latihan tersebut.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Baca juga: Terkenal Sebagai Olahraga Relaksasi, Ini Manfaat Yoga bagi Kesehatan Fisik dan Mental

 

Referensi

Chertoff, Jane. 2019. The Benefits of Pullups. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/benefit-of-pull-up

Naheed, Nudrat. 10 Benefits Of Pull ups. https://thefitnesstribe.com/benefits-of-pull-ups/

DeBenedetto, Collette. 2020. 4 Awesome Benefits of Pull-Ups. https://www.openfit.com/4-reasons-you-should-do-pull-ups

Bagikan artikel ini