Bantuan

Ragam Manfaat Teh Jati Cina dan Efek Sampingnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Mar 2022

Bagikan

teh jati cina

Manfaat teh jati cina selama ini telah banyak dikenal dan terbukti memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan dan juga kecantikan. Kepopuleran dari teh jati cina sebagai obat herbal tradisional ini pada dasarnya telah lama berkembang di masyarakat Tionghoa dan India. Sampai saat ini pun, teh jati cina juga disebut-sebut cocok untuk Anda yang tengah menjalani program diet. 

Dibuat dari ekstrak daun kering, teh jati cina kini dapat ditemukan dengan mudah dalam bentuk teh celup maupun berbentuk bubuk serbuk. Keduanya tentunya memiliki khasiat dan manfaat yang sama sehingga bisa Anda sesuaikan dengan preferensi masing-masing. Penasaran dengan ragam manfaat teh jati cina? Simak terus penjelasan lengkapnya pada pembahasan berikut ini.

Manfaat teh jati cina 

Tumbuhan jati cina merupakan salah satu tanaman herbal yang sering digunakan dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Tanaman yang mudah ditemui di alam liar ini dapat diolah menjadi teh yang mendatangkan banyak manfaat. Adapun beberapa manfaat teh jati cina tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mengatasi konstipasi

Manfaat yang paling sering dirasakan dari teh jati cina adalah sebagai obat laksatif. Dalam hal ini, teh jati cina memiliki kandungan senyawa pencahar, yakni glikosida antrakinon yang sangat membantu melancarkan sembelit atau susah buang air besar. Ketika meneguk teh jati cina, usus kemudian akan berkontraksi dan mengeluarkan kotoran di dalamnya dengan cepat.

  1. Mengatasi perut kembung

Permasalahan pencernaan terutama urusan perut kembung dan keram ternyata juga dapat diatasi dengan mengonsumsi teh jati cina. Hal ini karena daun dari tanaman ini memiliki kandungan asam yang dapat membuat gas yang tertimbun keluar. Pada akhirnya, perut akan terasa lebih lega dan terhindar dari kembung dan keram. 

  1. Membasmi bakteri jahat

Bakteri merupakan salah satu penyebab utama berkembangnya penyakit dalam tubuh seseorang. Untuk menghentikan perkembangan bakteri tersebut, konsumsi teh jati cina sangatlah dianjurkan. Dalam hal ini, teh jati cina bersifat antibakteri sehingga dapat membasmi bakteri yang berkembang secara langsung. Pada akhirnya, tubuh akan menjadi lebih sehat dan perlindungan tubuh pun semakin meningkat. 

  1. Baik untuk diet

Sebelumnya telah dikatakan bahwa manfaat teh jati cina salah satunya adalah cocok untuk diminum para pejuang diet yang ingin menurunkan berat badan. Khasiat yang satu ini sebenarnya sudah tidak perlu diragukan lagi karena teh jati cina dapat mencegah konstipasi, mengurangi timbulnya nafsu makan secara berlebih, serta dapat mendetoks sisa-sisa makanan yang tidak sepenuhnya dikeluarkan dari dalam tubuh. 

  1. Mampu merawat kulit

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, teh jati cina ternyata juga memiliki manfaat dalam kecantikan karena dapat merawat keremajaan kulit. Hal ini karena teh jati cina memiliki kandungan minyak esensial yang dapat melindungi kulit sinar UV, polusi, hingga paparan radikal bebas. Selain itu, teh jati cina yang memiliki sifat antibakteri juga dapat memerangi bakteri penyebab jerawat. 

Efek samping teh jati cina

Meskipun manfaat teh jati cina terbilang cukup beragam, tetapi Anda juga perlu mewaspadai efek sampingnya. Efek samping teh jati cina ini pada umumnya timbul ketika konsumsi tidak dilakukan secara bijak. Adapun beberapa efek samping cukup serius yang perlu Anda waspadai di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Sakit kepala

  • Perut terasa mual

  • Sakit perut

  • Mengalami kram otot

  • Sendi terasa nyeri

  • Diare

  • Hingga dehidrasi parah

Apabila Anda mengalami gejala-gejala di atas, terutama setelah mengonsumsi teh jati cina, segeralah minta bantuan tenaga kesehatan untuk mendapatkan penanganan. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai manfaat teh jati cina beserta beberapa efek samping yang mungkin dapat menyerang. Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, teh jati cina juga memiliki manfaat lainnya, yakni mampu menjaga kesehatan saluran pernapasan, menguatkan rambut, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan metabolisme tubuh. Adapun untuk efek sampingnya sendiri, sebaiknya Anda tidak perlu khawatir akan efek samping ini karena sejatinya jika konsumsi dilakukan secara wajar dan tidak berlebihan maka risiko timbulnya efek samping akan dapat diminimalkan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Minum Teh Chamomile untuk Kesehatan?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Wong, Cathay. 2021. The Health Benefits of Senna Tea. https://www.verywellhealth.com/senna-tea-89933

Galan, Nicole. 2018. Is senna tea safe to drink?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320659

Web MD. Senna. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-652/senna

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang