Bantuan

Ini Penyebab Gagal Ginjal dan Cara Mencegahnya yang Wajib Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 31 Mar 2022

Bagikan

pola makan sehat

Sudahkah Anda mengetahui apa saja penyebab gagal ginjal? Gagal ginjal merupakan suatu kondisi di mana ginjal mengalami kerusakan dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, gagal ginjal merupakan tahap paling akhir dari penyakit ginjal atau kerusakan yang terjadi pada ginjal sudah cukup berat dan berlangsung lama. 

Penyebab Gagal Ginjal 

Lalu apa yang menjadi penyebab gagal ginjal dapat terjadi? Umumnya, penyebab gagal ginjal yaitu masalah kesehatan lainnya. Berbagai masalah tersebut nantinya akan menyebabkan kerusakan pada ginjal secara bertahap. Pada umumnya, masalah kesehatan yang menjadi penyebab gagal ginjal yaitu hipertensi dan diabetes. Selain diabetes dan hipertensi, ternyata penyebab gagal ginjal juga dapat dibedakan berdasarkan jenisnya. 

  1. Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut merupakan penurunan fungsi ginjal yang terjadi secara mendadak dalam waktu yang singkat. Beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal akut yaitu sebagai berikut. 

  • Tekanan darah tinggi.

  • Masalah pada saluran kemih.

  • Darah rendah yang disebabkan kondisi lain seperti serangan jantung.

  • Pembengkakan pada ginjal yang disebabkan oleh reaksi terhadap obat atau infeksi tertentu. 

  1. Gagal Ginjal Kronis

Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, gagal ginjal kronis terjadi secara perlahan dan permanen. Beberapa hal yang menyebabkan gagal ginjal kronis di antaranya sebagai berikut.

  • Infeksi ginjal

  • Hipertensi

  • Diabetes

  • Saluran kemih yang tersumbat

  • Penyakit lupus

Cara Mencegah Gagal Ginjal

Setelah mengetahui apa saja penyebab gagal ginjal, hal yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu cara mencegah gagal ginjal. Hal ini tentu penting untuk dilakukan, pasalnya ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Lantas bagaimana cara mencegah gagal ginjal tersebut? Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang bisa menyehatkan ginjal sehingga dapat mencegah gagal ginjal.  

  1. Pola Makan Sehat

Hal pertama yang perlu Anda  lakukan dalam mencegah terjadinya gagal ginjal yaitu dengan menerapkan pola makan sehat. Sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab gagal ginjal yaitu diabetes dan hipertensi. Dalam hal ini, kedua masalah kesehatan tersebut dapat dihindari apabila Anda menerapkan pola makan sehat. Anda bisa menerapkan pola makan sehat dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah buahan, mengurangi asupan garam, hingga membatasi protein yang masuk ke dalam tubuh.  

  1. Perbanyak Air Minum

Walaupun terlihat sederhana, minum air putih yang banyak ternyata memiliki efek yang sangat besar. Pasalnya, kebutuhan air putih dalam tubuh yang tercukupi dapat membantu melancarkan proses penyaringan darah serta membuang limbah beracun. Tidak hanya itu, mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh juga akan membantu menjaga keseimbangan air dan juga mineral di dalam tubuh. 

  1. Berhenti Merokok

Cara mencegah gagal ginjal yang selanjutnya yaitu dengan menghentikan kebiasan merokok. Pasalnya, kandungan yang ada di dalam rokok telah terbukti menyebabkan kerusakan pada tubuh. Zat beracun yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan aliran darah menjadi terhambat. Kondisi ini dapat menyebabkan jantung bekerja terlalu keras sehingga meningkatkan risiko hipertensi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera menghentikan kebiasan merokok. 

  1. Olahraga Rutin

Olahraga dapat memberikan manfaat secara menyeluruh pada tubuh termasuk ginjal. Hal ini karena olahraga dapat mengendalikan tekanan darah, kadar kolesterol dan juga glukosa di dalam tubuh. Olahraga yang dilakukan pun tidak perlu olahraga berat, cukup dengan beberapa aktivitas fisik yang mudah dilakukan seperti bersepeda, dan jalan santai   

  1. Membatasi Alkohol

Cara mencegah gagal ginjal yang selanjutnya yaitu dengan membatasi konsumsi alkohol. Hal in karena alkohol memiliki efek diuretik yang akan meningkatkan produksi urine. Ketika produksi urine berlebih, maka ginjal akan mengalami kesulitan dalam mengatur aliran urine dan juga cairan tubuh. Apabila kondisi seperti ini terjadi, maka tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan yang menyebabkan dehidrasi. 

Nah itulah beberapa informasi mengenai penyebab gagal ginjal dan juga cara mencegahnya. Layaknya kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu, mulailah untuk menjaga kesehatan ginjal sejak sekarang sebelum  Anda terlanjur mengalami gagal ginjal. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cegah Ginjal Rusak, Cara Menurunkan Kreatinin Adalah?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Healthdirect. 2021. Chronic kidney disease. https://www.healthdirect.gov.au/chronic-kidney-disease

Healthline. 2019. How to Prevent Kidney Failure. https://www.healthline.com/health/kidney-health/how-to-prevent-kidney-failure#11-tips

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang