Bantuan
Free Tele x

Manfaat dan Khasiat Jus Lidah Buaya bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Jul 2022

Bagikan

Manfaat dan Khasiat Jus Lidah Buaya bagi Kesehatan

Tanaman lidah buaya dikenal sebagai tanaman ajaib karena memiliki manfaat seperti menurunkan kolesterol, menurunkan gula darah, hingga mengobati sembelit. 

Lidah buaya memiliki nama latin Aloe vera yang belakangan ini juga digunakan sebagai bahan utama para industri untuk kosmetik dan perawatan lainnya seperti pelembap, sabun, krim cukur dan losion. Produk lidah buaya yang mungkin langsung terlintas dalam pikiran adalah gel hijau terang yang tersedia pada rak-rak toko obat. Anda mungkin pernah menggunakannya untuk meredakan gejala kulit yang terbakar karena efek dari sinar matahari.

Gel dari daun tanaman lidah buaya kaya akan manfaat untuk menyembuhkan dan melembutkan kulit selama ribuan tahun. Selain itu, lidah buaya mampu mengobati penyakit lain seperti sembelit dan gangguan kulit sehingga lidah buaya dijadikan obat tradisional dengan ragam manfaat karena telah dibuktikan oleh beberapa penelitian di laboratorium. Beberapa bentuk lidah buaya aman dikonsumsi karena mengandung kandungan yang baik untuk tubuh.

 

Kandungan Nilai Gizi Lidah Buaya

Banyak orang yang mengambil bagian daun pada tanaman lidah buaya karena memiliki kandungan nilai gizi yang baik. Selain itu setiap daun lidah buaya juga memiliki beberapa bagian, di antaranya:

  • Gel bening bagian dalam yang terutama mengandung air.

  • Lapisan tengah lateks.

  • Lapisan luar tebal yang disebut kulit.

Selain digunakan untuk kosmetik dan perawatan lainnya, lidah buaya juga dapat dijadikan jus untuk kesehatan secara keseluruhan, khususnya untuk menurunkan kolesterol. Komposisi kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya adalah sebagai berikut:

  • Air 96.2%.

  • Gula 3,75%.

  • Karbohidrat 3,75%.

  • Natrium 0,08%.

  • Kalsium 0,08%.

  • Vitamin C 0,0038%.

  • Zat besi 0,00152%.

 

Manfaat Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

Jus lidah buaya memiliki banyak komponen aktif di dalamnya yang telah disebutkan di atas dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi. Jus ini diperoleh dari gel bening yang ada di dalam daun lidah buaya. Anda dapat membuat jus dengan hanya menyendok gel ini dan mencampurkannya dengan air. Anda dapat meminumnya untuk berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Baca juga: Resep Jus Lainnya yang Ampuh Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

1. Menurunkan Kolesterol

Jus yang terbuat dari gel lidah buaya dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida. Dalam uji klinis terlihat bahwa mengonsumsi jus lidah buaya menunjukkan adanya penurunan kolesterol serum dan lemak lainnya (trigliserida dan low-density lipoprotein/LDL).
Baca juga:Kapan Sih Kita Perlu Cek Kolesterol?

2. Menurunkan Kadar Gula Darah (Diabetes)

Beberapa studi yang dilakukan telah menunjukkan bahwa kandungan lidah buaya memiliki efek menurunkan kadar gula darah. Dalam beberapa penelitian, gel lidah buaya diberikan sendiri sedangkan dalam beberapa penelitian dicampur dengan bahan lainnya seperti psyllium husk (isabgol), dan dalam satu penelitian diberikan dengan obat yang diresepkan untuk diabetes. Hasil dari semua penelitian menunjukkan bahwa konsumsi lidah buaya menurunkan kadar glukosa darah. Juga terlihat bahwa karena efek penurunan gula darah gabungan dan penurunan kolesterol, risiko penyakit jantung akibat diabetes juga berkurang.

Baca juga: Tips Menjaga Kadar Gula Darah

3. Mengobati Sembelit

Kehadiran glikosida antrakuinon bioaktif dalam lidah buaya bertanggung jawab atas fungsinya sebagai pencahar, yaitu membantu pengeluaran tinja bagi orang yang mengalami sembelit. Kandungan air yang tinggi dari gel lidah buaya inilah yang membantu kelancaran buang air besar jika terjadi konstipasi. Dengan begitu, lidah buaya dapat dipakai sebagai bahan dalam berbagai produksi obat-obatan penyembuh sembelit.

4. Menurunkan Lemak Tubuh

Jus lidah buaya juga dipelajari akan efektivitasnya sebagai obat penurun berat badan di laboratorium. Uji laboratorium tersebut bertujuan untuk mempelajari aktivitasnya terhadap enzim pankreas yang memainkan peran utama dalam penyerapan lemak dari usus kita. Jus lidah buaya yang dikombinasikan dengan bahan lain seperti lemon, jeruk, muskmelon, dan lain sebagainya mendapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa jus lidah buaya mungkin dapat digunakan sebagai penurun berat badan yang ampuh karena aktivitasnya terhadap enzim pankreas.

Itulah manfaat dan khasiat tanaman lidah buaya yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi jus lidah buaya. Jus ini bersifat membantu dan tidak dapat diandalkan sendiri kecuali disarankan oleh dokter Anda. Konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter.

Baca juga: Segudang Manfaat Lidah Buaya, Dari Kesehatan Hingga Kecantikan

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Medical news today. 2019. Aloe Vera Juice – Nature's Panacea. https://www.medicalnewstoday.com/articles/265800.

Everyday health. 2020. Aloe Vera 101: What It’s Good for, Its Proposed Benefits, and Its Possible Side Effects. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/aloe-vera-benefits-risks-uses-more/

Pharmeasy. 2020. Aloe Vera Juice: Uses, Benefits, Side Effects and More!. https://pharmeasy.in/blog/ayurveda-uses-benefits-side-effects-of-aloe-vera-juice/.

Healthline. Aloe Vera for Weight Loss: Benefits and Side Effects. https://www.healthline.com/nutrition/aloe-vera-for-weight-loss.

Bagikan artikel ini