Menimbulkan Rasa Tidak Nyaman, Ini Dia Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 12 Jan 2022

Bagikan

Menimbulkan Rasa Tidak Nyaman, Ini Dia Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengeluarkan dahak di tenggorokan yang mengganggu? Pada dasarnya dahak berfungsi untuk menjaga berbagai organ tetap lembap dan tidak kering. Di dalam dahak ini terdapat kandungan enzim yang mampu membunuh bakteri serta melawan infeksi. Namun, terkadang dahak ini dapat mengganggu tenggorokan sehingga perlu dikeluarkan.  

Dahak yang sulit keluar di tenggorokan dapat menimbulkan saat tidak nyaman karena saluran pernapasan terganggu. Lalu bagaimanakah cara mengeluarkan dahak di tenggorokan tersebut? Simak terus penjelasan di bawah ini  untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut. 

Baca Juga: Ragam Obat Batuk Kering yang Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan seperti mengonsumsi obat pencahar dahak dan obat-obatan lainnya. Namun, kali ini akan dijelaskan beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan agar dahak di tenggorokan bisa dikeluarkan. 

  1. Konsumsi banyak air

Cara yang bisa Anda lakukan pertama untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan yaitu dengan mengonsumsi air lebih banyak. Namun alangkah baiknya, air yang dikonsumsi merupakan air hangat. Cara ini dapat membantu mengencerkan dahak dan melegakan saluran pernapasan. Tidak hanya itu, mengonsumsi banyak air juga membantu tubuh tetap terhidrasi sehingga tubuh pun tetap sehat. 

Baca Juga: Bagaimanakah Etika Batuk Yang Benar?

  1. Berkumur dengan air garam

Selain mengonsumsi banyak air minum, Anda juga bisa mengeluarkan dahak dari tenggorokan dengan cara berkumur menggunakan air garam. Caranya yaitu dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam  air putih hangat. Setelah itu, gunakan larutan tersebut untuk berkumur hingga menyentuh tenggorokan tanpa menelannya. Dengan cara ini, maka dahak di tenggorokan dapat menjadi lebih cair serta membunuh berbagai bakteri dan kuman yang ada di tenggorokan. 

  1. Hirup uap hangat

Menghirup uap hangat bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk melegakan tenggorokan. Pasalnya, uap hangat yang Anda hirup akan membantu melonggarkan sekresi yang menghasilkan lendir di hidung hingga ke tenggorokan. Anda bisa menghirup uap hangat menggunakan wadah yang berisi air hangat atau berendam di air hangat. Apabila Anda berendam di air hangat, maka dapat juga mengatasi pilek dan batuk. 

  1. Tempelkan kompres hangat

Anda juga bisa menempelkan kompres hangat di wajah untuk membantu mengeluarkan dahak di tenggorokan. Dengan menempelkan kompres hangat ke wajah, maka penumpukan lendir dapat mereda. Selain itu, uap hangat yang berasal dari kompres hangat juga membantu melembapan tenggorokan, sehingga dahak yang ada di tenggorokan pun menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Baca Juga: Batuk Tidak Bisa Sembuh? Cobalah Obat Batuk Natural Ini!

  1. Tinggikan kepala

Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan yaitu dengan meninggikan kepala. Caranya yaitu dengan menggunakan dua bantal di belakang kepala. Posisi ini penting dilakukan, karena kepala yang datang akan membuat lendir yang berasal dari hidung akan mengalir ke tenggorokan dan harus dikeluarkan lewat mulut. 

  1. Konsumsi minuman herbal

Tidak hanya mengonsumsi air putih, Anda juga bisa mengonsumsi minuman herbal untuk membantu mengeluarkan dahak di tenggorokan. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi air hangat yang diberi potongan jahe. Anda juga bisa mengonsumsi teh daun mint yang mampu mengurangi produksi dahak dan mencairkan  dahak yang menggumpal. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan madu pada minuman herbal Anda. Madu ini telah terbukti efektif dalam menyembuhkan radang tenggorokan.

  1. Gunakan humidifier

Cara yang bisa Anda gunakan terakhir untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan yaitu menggunakan humidifier. Menggunakan alat yang satu ini akan membantu meningkatkan kelembapan udara. Tidak hanya itu, humidifier ini juga mampu membuat ruangan terbebas dari debu polusi dan penyakit. Sehingga, tidak akan memperparah kondisi yang sedang Anda alami saat ini. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengeluarkan dahak yang bisa Anda lakukan. Apabila beberapa cara yang disebutkan di atas tidak mampu menghilangkan dahak di tenggorokan, maka cobalah untuk mengonsumsi obat pengencer dahak. Namun, jika dahak tetap tidak kunjung membaik, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan  dokter agar bisa mendapatkan pelayanan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. Berry, Jennifer. 2020. Home remedies for phlegm and mucus. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321134#how-to-get-rid-of-phlegm-and-mucus
  2. Marcin, Ashley. 2017.  Ways to Get Rid of Phlegm: Home Remedies, Antibiotics, and More. https://www.healthline.com/health/cold-flu/how-to-get-rid-of-phlegm 
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi