Berapa Detak Jantung Normal Dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Jul 2021

Bagikan

Ciri Denyut Nadi Normal & Cara Menghitungnya

Tahukah Anda bagaimana cara menghitung denyut nadi normal? Detak jantung atau sering juga disebut denyut nadi merupakan berapa kali jantung berdetak dalam satu menit. Detak jantung berguna untuk memantau kondisi kesehatan dan tingkat kebugaran seseorang.

Jantung merupakan organ vital yang mengalirkan darah yang kaya dengan kandungan oksigen keseluruhan tubuh. Sehingga, ketika terjadi masalah pada detak jantung, maka bisa menandakan adanya gangguan pada fungsi jantung.

Oleh karena itu, mengetahui detak jantung normal dan menjaganya merupakan suatu hal yang penting. Lantas, berapa detak jantung normal tersebut?

Detak Jantung Normal Berdasarkan Usia

Tahukah Anda bagaimana cara menghitung denyut nadi normal? Detak jantung normal pada orang dewasa yang sedang beristirahat berada di 60 hingga 100 detak per menit. Detak jantung ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang meliputi kebugaran, aktivitas, posisi tubuh, suhu udara, obat-obatan, dan ukuran tubuh.

Oleh karena itu, para atlit yang terbiasa dengan aktivitas fisik akan memiliki detak jantung normal yang di bawah rata-rata sekitar 40 kali per menit saat istirahat.

Pada saat seseorang berolahraga, tentu memiliki detak jantung yang berbeda. Pada orang dewasa dengan usia 20 hingga 35 tahun akan memiliki detak jantung sebanyak 95 hingga 170 kali. Pada usia 35 hingga 50 tahun berkisar 85 hingga 155 kali. Sedangkan untuk lansia atau yang diatas 60 tahun, detak jantung ketika berolahraga berkisar antara 80 hingga 130 kali detak per menitnya.

Namun, pada bayi dan juga anak-anak memiliki detak jantung yang berbeda-beda. Berikut ini detak jantung normal yang dikategorikan berdasarkan umur pada bayi dan anak-anak. 

Bayi baru lahir : 70-190 detak per menit.

Bayi usia  1 - 11 bulan : 80- 150 detak per menit.

Anak usia 1-2 tahun : 80-130 detak per menit.

Anak usia 3-4 tahun : 80-120 detak per menit.

Anak usia 5-6 tahun : 75 - 115 detak per menit.

Anak usia 7-9 tahun : 70-110 detak per menit.

Anak usia di atas 10 tahun : 60-100 detak per menit.

Baca Juga: Penting Untuk Kesehatan, Mari Mengetahui Detak Jantung Normal Dan Cara Menjaganya

Cara Menghitung Detak Jantung yang Benar

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa detak jantung normal seorang manusia pada kondisi stabil dan saat beristirahat adalah sekitar 60-100 detak kali per menit. Meskipun ukuran ini dapat berbeda-beda, namun pada dasarnya perhitungan detak jantung dapat dilakukan dengan cara yang sama, terlepas dari usia ataupun faktor lainnya.

Sebelum melakukan perhitungan detak jantung, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu. Adapun hal-hal tersebut di antaranya adalah:

1. Waktu Pengukuran

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan pengukuran detak jantung yang akurat adalah waktu yang tepat. Dalam hal ini, sebaiknya Anda meluangkan waktu di pagi hari untuk melakukan pengukuran, sebelum Anda mulai beraktivitas dan mengonsumsi kafein. 

2. Konsumsi Kafein 

Jika Anda terlanjur mengonsumsi kafein terlebih dahulu, maka ada baiknya Anda menunda perhitungan detak jantung hingga satu jam lamanya. Hal ini karena konsumsi kafein dapat membuat detak jantung meningkat.

3. Aktivitas Fisik

Jangan mengukur detak jantung setelah Anda beraktivitas fisik, baik berolahraga, maupun setelah Anda duduk dan berdiri dalam jangka waktu yang lama.

Nah itulah dia beberapa hal yang perlu diperhitungkan sebelum Anda melakukan pengukuran detak jantung. Adapun cara menghitung detak jantung sejatinya cukup mudah dilakukan. 

  1. Periksalah denyut nadi pada pergelangan tangan, dengan menekan jari telunjuk dan jari tengah Anda di salah satu pergelangan tangan. 
  2. Kemudian periksa pula denyut nadi pada bagian leher, dengan cara menekan secara perlahan sisi leher tepat di bagian bawah tulang rahang Anda.
  3. Cobalah untuk menghitung jumlah denyut nadi selama 15 detik. 
  4. Kalikan angka yang didapatkan dengan angka 4, itulah detak jantung Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai detak jantung normal dan cara mengukurnya, serta hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum pengukuran. Untuk hasil yang lebih akurat, Anda dapat melakukan perhitungan hingga beberapa kali.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai alat canggih lainnya yang tentunya dapat mengukur detak jantung Anda dengan lebih akurat. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Haruskah Kita Khawatir dengan Kecepatan Denyut Jantung?

 

Referensi :

1. Mayoclinic. What's a normal resting heart rate?. 

2. Corliss, Julie. Want to check your heart rate? Here’s how. 

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi