Mengenal Lebih Jauh Anatomi Jantung, Fungsi, Serta Cara Kerjanya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Mengenal Lebih Jauh Anatomi Jantung, Fungsi, Serta Cara Kerjanya

Tahukah Anda, jantung memiliki anatomi yang cukup kompleks dan fungsi yang berbeda-beda. Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam artikel kali ini, Anda akan dijelaskan mengenai anatomi jantung, fungsi dan juga cara kerjanya. 

Anatomi Jantung dan Fungsinya

  1. Serambi

Serambi merupakan salah satu anatomi jantung bagian atas yang terdiri dari serambi kiri dan serambi kanan. Serambi memiliki dinding yang tipis dan tidak memiliki otot, karena hanya bertugas sebagai penerima darah. Serambi kiri jantung bertugas untuk menerima darah bersih yang berasal dari paru-paru. Sedangkan, serambi kanan bertugas untuk menerima darah kotor yang berasal dari tubuh melalui pembuluh darah.

  1. Bilik

Apabila serambi merupakan bagian atas jantung, maka bilik merupakan bagian bawah jantung. Sama halnya serambi, bilik juga memiliki bilik kanan dan bilik kiri. Bilik kanan bertugas untuk memompa darah kotor yang berasal dari jantung menuju paru-paru. Sedangkan bilik kiri bertugas untuk memompa darah bersih yang berasal dari jantung ke seluruh tubuh. Apabila dibandingkan serambi, bilik jauh lebih tebal dan juga berotot karena bekerja untuk memompa darah. 


Baca Juga: Penting Untuk Kesehatan, Mari Mengetahui Detak Jantung Normal Dan Cara Menjaganya


  1. Katup

Anatomi jantung yang selanjutnya yaitu katup yang terdiri dari 4 bagian. Bagian pertama yaitu katup trikuspid yang berfungsi mengatur aliran darah antara bilik kanan dan serambi kanan. Katup pulmonal berfungsi untuk mengatur aliran darah dari bilik kanan menuju arteri pulmonalis untuk mengambil oksigen. Katup mitral berfungsi untuk mengalirkan darah antara bilik kiri dan serambi kiri. Dan yang terakhir yaitu katup aorta yang berfungsi membuka jalan dari bilik kiri ke aorta untuk darah yang mengandung oksigen. 

  1. Otot jantung

Otot jantung merupakan gabungan dari otot polos dan otot lurik dengan bentuk silindris dan garis terang serta gelap. Otot jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu, otot jantung merupakan otot yang paling kuat karena terus menerus bekerja sepanjang waktu tanpa bersitirat. Apabila otot jantung berhenti bekerja, maka bisa terjadi kematian. 

  1. Pembuluh darah

Pada anatomi jantung, terdapat  tiga pembuluh darah utama. Pembuluh darah pertama yaitu arteri yang kaya dengan oksigen. Pembuluh darah arteri bertugas untuk mengalirkan darah ke sisi kiri otot jantung. Pembuluh darah yang selanjutnya yaitu vena yang membawa darah dari seluruh tubuh dan kembali ke jantung. Dan pembuluh darah yang terakhir yaitu kapiler yang bertugas untuk menghubungkan vena terkecil dengan arteri terkecil. 

Cara Kerja Organ Jantung

Cara kerja jantung sangat berkaitan dengan aliran darah yang ada di dalam tubuh. Secara singkat, darah dipompa dari tubuh menuju jantung kemudian menuju paru-paru dan kembali ke jantung serta kembali lagi ke seluruh tubuh. 

Darah yang memiliki kandungan oksigen sedikit akan memasuki jantung dengan melalui pembuluh vena inferior dan superior dan menuju serambi kanan. Setelah itu, darah akan mengalir menuju bilik kanan melalui katup trikuspid yang terbuka. Apabila bilik telah penuh, maka katup trikuspid akan menutup dan mencegah darah kembali ke serambi. Oleh karena itu, bilik akan berkontraksi dan darah akan pergi melalui katup pulmonal menuju arteri pulmonalis dan paru-paru. Lalu, darah akan kembali lagi dengan membawa oksigen. 

Darah yang membawa oksigen ini akan mengalir melewati jantung pada sisi kanan. Darah tersebut melewati vena pulmonalis dan menuju serambi kiri. Setelah itu, darah akan mengalir menuju bilik kiri melalui katup mitral. Apabila bilik telah penuh, katup akan menutup dan mencegah darah kembali. Maka pada saat itu, bilik akan berkontraksi dan membuat darah mengalir menuju katup aorta dan ke aorta serta mengalir ke seluruh tubuh. 

Anatomi dan juga sistem kerja jantung sangat kompleks, bukan? Tidak hanya itu, fungsi jantung jugalah sangat vital. Oleh karena itu, mulailah untuk menjaga kesehatan jantung Anda dari sekarang. Mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat dan juga  rutin berolahraga. Selain itu, Anda juga bisa rutin melakukan pengecekan kesehatan jantung. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Salah Satu Metode Pemeriksaan Jantung, EKG Adalah?


Sumber:

How your heart works

Newman, Tim. The heart: All you need to know (2020)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi