Salah Satu Metode Pemeriksaan Jantung, EKG Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Salah Satu Metode Pemeriksaan Jantung, EKG Adalah?

Tahukah Anda bahwa EKG adalah suatu metode yang dijalankan untuk mengevaluasi kesehatan jantung. Namun ternyata, EKG ini juga cukup umum dijalankan demi mengetahui efektivitas pengobatan dari penyakit jantung. Apabila Anda akan segera menjalankan metode pemeriksaan jantung ini, ada baiknya Anda mengetahui lebih dalam mengenai EKG itu sendiri.

Apa itu EKG?

Jantung manusia sejatinya bekerja dengan cara dipicu oleh hantaran sinyal listrik alami, yang menyebabkannya berkontraksi sehingga tercipta detak jantung. Pada saat jantung berdetak ini, gelombang listrik pun akan mengalir dalam jantung, yang membuatnya dapat memompa darah keluar jantung. Apabila aktivitas kelistrikan ini terganggu, maka dapat diindikasikan terjadi gangguan atau penyakit pada jantung. 

Nah dalam hal inilah tes EKG hadir, yakni untuk menguatkan diagnosis mengenai penyakit jantung tersebut. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, Elektrokardiogram atau EKG adalah suatu tes yang dijalankan untuk mengevaluasi kesehatan jantung seseorang. Pada saat tes ini dijalankan, akan diukur dan direkam aktivitas listrik jantung dengan menggunakan suatu mesin pendeteksi impuls listrik, yakni elektrokardiograf.


Baca Juga: Penting Untuk Kesehatan, Mari Mengetahui Detak Jantung Normal Dan Cara Menjaganya


Prosedur EKG

Prosedur pelaksanaan tes EKG adalah suatu hal yang tergolong cepat, tidak menyakitkan, dan tentunya aman untuk dijalankan. Dengan demikian, Anda tidak perlu merasa khawatir atau takut ketika menjalani prosedur tes EKG tersebut. 

Nah untuk lebih memudahkan Anda, berikut ini adalah gambaran dilakukannya prosedur EKG, mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, hingga perawatan setelah tesnya. 

  1. Persiapan EKG

Prosedur EKG akan dilakukan oleh dokter spesialis ataupun staf yang telah terlatih. Namun sebelumnya itu, akan dilakukan beberapa persiapan terlebih dahulu agar tidak memengaruhi hasil tes. Lalu apa saja persiapan tersebut? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani prosedur EKG. 

  • Memberitahukan dokter mengenai obat-obatan termasuk suplemen dan obat herbal yang sedang dikonsumsi. 

  • Memastikan tidak ada halangan pada daerah dada, seperti bulu dada yang perlu dicukur terlebih dahulu.

  • Melepaskan semua aksesoris yang terbuat dari logam dan sedang dikenakan seperti jam tangan atau benda logam lainnya. 

  • Tidak menggunakan minyak, bedak atau lotion pada tubuh terutama bagian dada. 

  • Tidak berolahraga atau mengonsumsi air dingin sebelum menjalani prosedur EKG.

  1. Pelaksanaan EKG

Setelah persiapan yang dilakukan selesai, maka tahap selanjutnya  yaitu melaksanakan prosedur EKG. Pada pelaksanaan EKG biasanya akan memakan waktu yang singkat yaitu hanya kurang dari 10 menit. Berikut ini prosedur pelaksanaan EKG. 

  • Pasien akan mengenakan  baju operasi dan melepas semua aksesoris.

  • Staff medis akan menampilkan alat elektroda pada permukaan dada, lengan dan kaki.

  • Mesin EKG akan melakukan perekaman aktivitas jantung dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik listrik pada monitor yang menunjukkan apakah irama jantung normal atau tidak. 

  • Selama proses sedang berlangsung, hindari bergerak dan juga berbicara agar tidak mempengaruhi hasil tes. 

  • Hasil yang diterima akan dianalisis oleh dokter. 

  1. Setelah EKG

Apabila tahapan tes EKG telah selesai dijalankan, Anda sejatinya sudah dapat beraktivitas sebagaimana biasanya. Akan tetapi, biasanya dokter akan memberikan anjuran-anjuran tertentu seperti membatasi aktivitas fisik. Adapun untuk hasil tesnya sendiri, biasanya akan segera disimpulkan oleh dokter, dan akan ditentukan mengenai kelanjutan pemeriksaan dan tatalaksana yang perlu dilakukan selanjutnya.

Adapun beberapa informasi yang dapat Anda peroleh dari hasil pemeriksaan EKG yang akan diberikan oleh dokter adalah sebagai berikut.

  • Mengenai teratur atau tidaknya denyut jantung

  • Mengenai terlalu cepat atau justru terlalu lambatnya denyut jantung

  • Mengenai cukup atau tidaknya suplai darah ke jantung

  • Mengenai bagus atau tidaknya kondisi kesehatan jantung

  • Mengenai ada atau tidaknya perubahan struktur jantung

Demikian informasi mengenai prosedur EKG yang merupakan salah satu metode pemeriksaan jantung. Pemeriksaan jantung dengan elektrokardiogram atau EKG sejatinya adalah salah satu prosedur yang sangat aman dan umum digunakan. Prosedurnya juga sangat jarang dilaporkan menimbulkan efek samping tertentu. Meskipun begitu, Anda perlu mewaspadai beberapa kasus timbulnya efek samping dari tes EKG. Adapun efek samping tes EKG adalah reaksi alergi pada elektroda yang ditempelkan pada tubuh pasien.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Efek Makan Daging Kambing Berlebihan, Meningkat Risiko Penyakit Jantung dan Masih Banyak Lagi!


Sumber:

Mayo Clinic. Electrocardiogram (ECG or EKG).  

Moores, Danielle. 2018. Electrocardiogram.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi