Bantuan
Free Tele x

Berikut Ini Berbagai Jenis Penyakit Jantung yang Perlu Anda ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Oct 2021

Bagikan

Berikut Ini Berbagai Jenis Penyakit Jantung yang Perlu Anda ketahui

Apakah Anda tahu apa saja jenis penyakit jantung yang dapat mengintai Anda? Hal ini penting untuk diketahui karena jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Pada saat jantung mengalami gangguan maka dapat memengaruhi fungsi organ dan jaringan secara keseluruhan.

Jenis Penyakit jantung

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa sebenarnya penyakit jantung itu? Penyakit jantung merupakan suatu kondisi saat jantung mengalami masalah yang disebabkan oleh gangguan pada pembuluh darah, katup jantung, dan irama jantung. Hal inilah yang menyebabkan penyakit jantung pun beragam. Berikut ini beberapa jenis penyakit jantung yang perlu Anda ketahui.

  1. Penyakit jantung koroner

Jenis penyakit jantung yang pertama, yaitu penyakit jantung koroner. Penyakit  ini disebabkan karena adanya sumbatan pada pembuluh darah arteri. Kondisi ini akan menimbulkan penumpukan kolesterol sehingga oksigen tidak dapat mencapai jantung. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini berupa sesak nafas, nyeri dada, keringat dingin, mual, hingga dada berdebar. 

  1. Penyakit jantung bawaan

Jenis penyakit jantung yang selanjutnya, yaitu penyakit jantung bawaaan. Penyakit ini disebabkan oleh kelainan pada fungsi dan struktur jantung sejak lahir. Pada umumnya, kelainan ini terjadi pada sekat atau dinding ruang jantung. Gejala yang umum ditemukan ialah berat badan yang turun secara drastis, nyeri dada, kulit membiru hingga pertumbuhan yang lambat. 

  1. Aritmia

Aritmia merupakan jenis penyakit jantung yang terjadi pada irama jantung. Beberapa gangguan irama jantung bisa berupa detak jantung yang terlalu lambat, terlalu cepat hingga detak jantung yang tidak beraturan. Kondisi ini terjadi karena adanya gangguan pada rangsangan listrik yang mengatur irama detak jantung. Pemicunya, yaitu usia, faktor genetik hingga pola hidup yang tidak sehat. 

  1. Endokarditis

Endokarditis merupakan penyakit jantung yang terjadi karena adanya infeksi pada jaringan ikat yang melapisi dinding dan katup jantung. Infeksi ini dapat terjadi karena kuman yang berasal dari bagian tubuh lain masuk ke dalam dinding jantung melalui aliran darah. Gejala umum dari penyakit ini, yaitu sesak nafas, menggigil, nyeri ketika menarik napas hingga mengeluarkan keringat yang berlebihan saat malam hari.  

  1. Serangan jantung

Jenis penyakit jantung yang perlu Anda ketahui selanjutnya, yaitu serangan jantung. Penyakit ini merupakan suatu kondisi darurat pada saat aliran darah yang menuju jantung terhambat sepenuhnya. Kondisi ini akan menyebabkan sel-sel otot pada jantung mengalami kerusakan. Apabila kondisi ini tidak segera mendapatkan pertolongan maka bisa menyebabkan jantung rusak secara permanen bahkan berhenti mendadak.  

Baca Juga: Efek Makan Daging Kambing Berlebihan, Meningkat Risiko Penyakit Jantung dan Masih Banyak Lagi!

  1. Gagal jantung

Gagal jantung merupakan suatu kondisi di mana jantung terlalu lemah untuk memompa darah yang akan disalurkan ke seluruh tubuh. Hal ini dapat terjadi karena adanya penyempitan pada arteri di jantung atau tekanan darah tinggi. Gagal jantung yang telah berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan masalah yang serius, seperti gagal hati, gagal ginjal hingga menghentikan jantung. 

  1. Kardiomiopati 

Jenis penyakit jantung yang perlu Anda ketahui terakhir, yaitu kardiomiopati. Penyakit ini merupakan suatu gangguan yang terjadi pada otot jantung sehingga menyebabkan kelainan pada bentuk dan kekuatan otot jantung. Kondisi ini dapat menyebabkan jantung tidak dapat lagi memompa darah yang akan disalurkan ke seluruh tubuh. Kondisi ini umumnya akan menimbulkan gejala apabila telah memasuki tahap yang lebih berat seperti nyeri dada, pembengkakan kaki, dan mudah lelah. 

Menjaga kesehatan Jantung

Agar terhindari dari berbagai jenis penyakit jantung tersebut, Anda harus menjaga kesehatan jantung. Anda bisa menjaga kesehatan jantung dengan beberapa cara berikut ini.

  • Mengkonsumsi makan yang mengandung banyak serat, seperti sayur dan buah. 

  • Mengurangi konsumsi garam pada masakan yang hendak Anda konsumsi.

  • Mengurangi konsumsi lemak jenuh. 

  • Menjaga berat badan tetap ideal melalui pola makan sehat.

  • Melakukan aktivita fisik seperti olahraga.

  • Menghindari rokok

Demikianlah beberapa informasi mengenai jenis penyakit jantung serta cara menjaga kesehatan jantung. Pastikan Anda selalu menjaga kesehatan jantung agar terhindari dari berbagai jenis penyakit jantung yang dapat mengancam jiwa. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Anatomi Jantung, Fungsi, Serta Cara Kerjanya

 

Sumber :

Donovan, Robin. 2020. Everything You Need to Know About Heart Disease

WebMD. 2021. Heart Disease: Types, Causes, and Symptoms. 

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. 7 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Membuat dan Menjaga Jantung Tetap Sehat

My Health Finder. 2021. Keep Your Heart Healthy.

Bagikan artikel ini