Bantuan
Free Tele x

Ketahui Cara Mencegah Serangan Jantung

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 29 Jun 2020

Bagikan

Ketahui Cara Mencegah Serangan Jantung

Otot jantung membutuhkan oksigen untuk dapat bekerja sebagaimana mestinya. Serangan jantung terjadi ketika aliran darah yang membawa oksigen ke otot jantung berkurang atau terhambat.

Hal ini disebabkan oleh arteri koroner yang memasok darah ke otot jantung mengalami penyempitan akibat penumpukan lemak, kolesterol dan zat lain yang disebut plak. Proses ini disebut sebagai aterosklerosis.

Iskemia terjadi ketika otot jantung kekurangan oksigen dan nutrisi. Ketika iskemia menyebabkan kerusakan atau kematian otot jantung, hal ini disebut serangan jantung, atau infark miokard (MI).

Cara Mencegah Serangan Jantung

Pola gaya hidup sehat adalah cara yang paling efektif untuk mencegah serangan jantung. Empat langkah utama yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah serangan jantung antara lain:

1. Makan Makanan yang Sehat dan Seimbang

Pilihlah makanan yang rendah lemak jenuh, lemak trans, dan natrium. Makanan yang tinggi lemak akan menyebabkan pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis) dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Hal ini terjadi karena makanan berlemak mengandung jenis kolesterol tidak sehat. Di samping itu, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, biji-bijian kaya serat, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian serta cobalah mengonsumsi makanan tanpa daging.

Pilihlah produk susu rendah lemak. Batasi minuman manis dan daging merah. Jika ingin memakan daging, pilihlah bagian yang tidak mengandung lemak.

Baca Juga: Ganti Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Menjadi Pedoman Gizi Seimbang

2. Jangan Merokok

Merokok adalah faktor risiko utama serangan jantung karena menyebabkan aterosklerosis dan meningkatkan tekanan darah. Bahkan terpapar asap rokok saja dapat membahayakan kesehatan.

Orang yang bukan perokok memiliki kemungkinan hingga 30 persen lebih besar untuk terserang penyakit jantung atau kanker paru-paru akibat pajanan asap rokok di rumah atau di tempat kerja.

3. Menjaga Tekanan Darah 

Tekanan darah yang tinggi dalam waktu lama (hipertensi) dapat memberikan tekanan ekstra pada arteri dan jantung sehingga meningkatkan risiko serangan jantung. Tekanan darah tinggi dapat dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat, mengurangi asupan alkohol, mempertahankan berat badan yang sehat, dan melakukan olahraga teratur.

4. Olahraga yang Teratur

Olahraga memiliki banyak manfaat, termasuk menguatkan jantungdan meningkatkan sirkulasi tubuh. Olahraga juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang normal dan menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Manfaat-manfaat olahraga tersebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido HealthDownload aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda Serangan Jantung

 

Referensi:

1. National Health Service. Heart attack: prevention [Internet]. 2019 Nov 28 [cited 2020 May 23]. Available from: https://www.nhs.uk/conditions/heart-attack/prevention/

2. American Heart Association. How to help prevent heart disease at any age [Internet]. 2015 Apr 1 [cited 2020 May 23]. Available from: https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-lifestyle/how-to-help-prevent-heart-disease-at-any-age

3. Medline Plus. How to prevent heart disease [Internet].  Date unknown [cited 2020 May 23]. Available from: https://medlineplus.gov/howtopreventheartdisease.html

4. American Heart Association. About heart attack [Internet]. 2016 Jul 31 [cited 2020 May 23]. Available from: https://www.heart.org/en/health-topics/heart-attack/about-heart-attacks

Bagikan artikel ini