Bantuan

Jangan Asal Berhubungan Badan, Ini Penyakit Seksual yang Mengintai Anda

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Feb 2022

Bagikan

penyakit seksual

Tahukah Anda, sembarangan dalam berhubungan badan dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seksual?  Penyakit seksual itu sendiri merupakan infeksi yang dapat disebarkan dari orang lain melalui hubungan badan atau hubungan seksual lainnya. Umumnya, penyakit ini menyerang vagina, penis, anus ataupun mulut.

Penyakit Seksual

Lalu apa saja penyakit seksual yang bisa terjadi apabila sembarangan dalam berhubungan badan? Berikut ini beberapa penyakit seksual yang mengintai Anda jika asal alam berhubungan badan.

  1. Sifilis 

Sifilis merupakan penyakit seksual yang banyak dikenal dengan istilah penyakit raja singa. Penyakit ini disebabkan oleh sebuah bakteri yang bernama Treponema pallidum. Pada saat bakteri ini menginfeksi Anda maka akan muncul gejala berupa luka pada alat kelamin atau mulut. Sifilis ini harus segera ditangani karena dapat menyebabkan masalah yang lebih parah seperti kebutaan, kelumpuhan, impotensi bahkan kematian. 

  1. Klamidia

Penyakit seksual yang bisa mengintai Anda selanjutnya, yaitu klamidia. Penyakit ini disebabkan oleh sebuah bakteri bernama Chlamydia trachomatis. Pada umumnya, penyakit ini tidak akan menimbulkan gejala, tetapi tetap bisa menular ke orang lain. Pada wanita, penyakit ini akan menyerang leher rahim dan pada pria akan menyerang saluran keluarnya urin.  

  1. Gonore

Gonore merupakan penyakit seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae atau Gonococcus. Penyakit ini sering juga disebut dengan penyakit kencing nanah karena biasanya pada saat buang air kecil akan keluar cairan dari vagina atau penis dan terasa nyeri. Perlu diketahui, bahwa bakteri Neisseria gonorrhoeae  juga dapat menginfeksi bagian tubuh lain apabila bersentuhan dengan cairan vagina atau sperma.  

  1. Human papillomavirus

Sesuai dengan namanya, penyakit seksual ini disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Pada umumnya, penyakit ini tidak akan menunjukkan gejala sehingga banyak yang tidak menyadarinya. Akan tetapi, infeksi virus ini dapat menyebabkan kutil pada kelamin hingga kanker serviks. Penularan penyakit ini bisa terjadi melalui hubungan seksual dengan penderita human papillomavirus.

  1. Trikomoniasis

Penyakit seksual selanjutnya, yaitu trikomoniasis yang merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit Trichomonas vaginalis. Pada umumnya, penyakit ini tidak akan menimbulkan gejala bahkan hingga bertahun-tahun. Hal inilah yang menyebabkan penyakit ini mudah menyebar ke pasangan karena tidak disadari. Namun, pada beberapa orang mungkin akan merasakan gejala berupa gatal di sekitar organ reproduksi, sering buang air hingga sakit saat berhubungan seksual atau buang air kecil. 

  1. HIV

Penyakit seksual yang satu ini merupakan salah satu penyakit seksual yang sudah banyak dikenal orang. HIV disebabkan oleh infeksi virus human immunodeficiency yang dapat masuk melalui cairan tubuh dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Pada awalnya, virus HIV yang berhasil masuk ke dalam tubuh akan tertidur dan akan menyerang pada saat sistem imun tubuh melemah. 

  1. Tinea cruris

Penyakit seksual yang bisa mengintai Anda apabila sembarangan dalam berhubungan seksual yang terakhir, yaitu tinea cruris. Penyakit seksual yang satu ini disebabkan oleh jamur yang akan menyerang kulit di bagian alat kelamin, paha hingga bokong. Ciri-ciri Anda terinfeksi penyakit ini, yaitu munculnya ruam merah yang terasa gatal pada area yang terinfeksi. Penularan tinea cruris dapat terjadi melalui kontak langsung ataupun menyentuh benda yang telah terinfeksi. 

Nah, itulah beberapa penyakit seksual yang bisa mengintai Anda apabila sembarang dalam berhubungan seksual. Oleh karena itu, untuk menghindari berbagai macam penyakit seksual tersebut Anda perlu memperhatikan beberapa hal pada saat berhubungan seksual.

Mencegah Penularan Penyakit Seksual

Lalu, bagaimanakah cara mencegah penularan penyakit seksual tersebut? Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah berbagai penyakit tersebut. 

  • Jangan berganti-ganti pasangan.

  • Menggunakan alat pengaman seperti kondom.

  • Hindari menggunakan jarum suntik secara bersama-sama.

  • Memeriksakan kesehatan secara rutin.

  • Hindari mengonsumsi narkoba dan alkohol.

  • Sunat bagi pria.

  • Melakukan vaksin.

Demikianlah informasi mengenai penyakit seksual dan cara mencegah yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda mengenai penyakit seksual dan lebih peduli terhadap kesehatan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Libido Meningkat Bukan Karena Objek Seksual, Fetish Adalah?

Referensi

Grey, Heather. 2021. Everything You Need to Know About Sexually Transmitted Diseases (STDs). https://www.healthline.com/health/sexually-transmitted-diseases#types

Healthy Children. ypes of Sexually Transmitted Infections. https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/sexually-transmitted/Pages/Types-of-Sexually-Transmitted-Infections.aspx

Bagikan artikel ini