Ini Obat Asam Lambung Alami Untuk Meredakan Gejala

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Obat Alami Untuk Meredakan Gejala Asam Lambung

Asam lambung merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, namuan tahukah Anda apa saja obat asam lambung? Obat asam lambung bisa Anda temui di mana saja. Meskipun obatnya cukup mudah ditemukan, asam lambung bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya seperti rasa mual, mulut terasa asam, perut kembung, dada terasa terbakar dan nyeri pada bagian ulu hati.

Untuk meredakan gejala, Anda bisa mengonsumsi obat yang tersedia di apotek atau menggunakan obat alami. Cukup banyak obat alami yang bisa Anda gunakan untuk menetralkan asam lambung. Anda bisa mencari tahu beberapa obat asam lambung alami melalui pembahasan di bawah ini. 

Apa Itu Asam Lambung? 

Asam lambung merupakan sejenis cairan yang terdapat dalam lambung dan terdiri atas asam klorida, natrium klorida dan kalium klorida. Cairan asam lambung tersebut sangat berperan penting dalam proses penguraian protein dengan cara menghidupkan enzim yang ada di dalam pencernaan.

Dalam beberapa kondisi asam lambung bisa naik ke kerongkongan melalui saluran yang menghubungkan pencernaan dengan kerongkongan. Naiknya asam lambung ke kerongkongan bisa menyebabkan nyeri pada ulu hati dan mulas pada dada bagian bawah. Kondisi ini sering dinamakan Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD.

Obat Asam Lambung 

Lalu apa saja obat asam lambung yang bisa digunakan untuk meredakan gejala asam lambung? Berikut beberapa obat asam lambung alami yang perlu Anda ketahui. 

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu obat asam lambung alami yang masih bisa Anda temukan. Menurut beberapa penelitian, sari lidah buaya yang dimurnikan dan dihilangkan warnanya mampu meredakan gejala asam lambung, sehingga naiknya asam lambung ke kerongkongan bisa lebih berkurang. Namun, lidah buaya tidak dianjurkan bagi penderita diabetes karena lidah buaya bisa menyebabkan gula darah menjadi sangat rendah.

Baca Juga: Lidah Buaya, Tanaman Hias Penuh Khasiat

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan di Indonesia untuk memasak, selain untuk memasak, kunyit juga bisa Anda gunakan sebagai obat asam lambung. Kunyit dipercaya efektif untuk mengobati asam lambung.

Anda bisa menggunakan bagian rimpang kunyit lalu tumbuk hingga bubuk, kemudian masukan ½ kunyit bubuk ke dalam gelas yang telah diisi air hangat. Gunakan kunyit secukupnya ketika gejala asam lambung mulai kumat, namun hindari penggunaan kunyit yang berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping seperti diare, mual dan alergi pada kulit Anda.

  1. Air Kelapa

Kandungan kalium dalam air kelapa dipercaya bisa mengobati asam lambung, sebab kalium dalam air kelapa sangat berperan dalam menjaga keseimbangan PH di dalam tubuh. Maka dari itu, air kelapa sangat baik untuk mengontrol asam lambung di dalam tubuh dan mengurangi risiko terkena refluks lambung.

  1. Madu 

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat asam lambung. Bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung, Anda bisa mencampurkan satu sendok teh madu ke dalam segelas air hangat untuk meredakan asam lambung. Untuk mencegah asam lambung kambuh, sebaiknya minum madu sebelum makan dan sebelum tidur. 

  1. Temulawak

Obat asam lambung alami yang bisa Anda gunakan selanjutnya ialah temulawak. Temulawak merupakan tanaman herbal untuk mengatasi sakit maag atau asam lambung naik. Kandungan selulosa dalam temulawak bisa membantu proses pencernaan di dalam tubuh, Selain itu, temulawak juga mengandung flavonoid dan kurkumin yang mampu menangkap radikal bebas serta melindungi dinding lambung agar tidak iritasi.

Anda bisa mengonsumsi 30 gram temulawak dengan campuran 30 gram kencur dan 30 gram lengkuas yang telah dipotong-potong, lalu masukan satu sendok teh adas, 4 butir kapulaga, gula secukupnya dan air 600 cc. Rebus semua bahan hingga mendidih dan menyisakan 200 cc air, lalu saring dan minum dalam keadaan dingin.

Melalui pembahasan di atas, Anda telah mengetahui beberapa obat asam lambung alami yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gejala asam lambung dan mencegah asam lambung kambuh. Sebelum mengonsumsinya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan petunjuk penggunaan, agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Sering Dijadikan Sebagai Obat Tradisional, Apa Saja Manfaat Temulawak?

 

Sumber: 

1. King, Charlotte. Natural and home remedies to help acid reflux and heartburn. 2021.

2. Khatri, Minesh. Natural Home Remedies for Heartburn. 2019.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi