Bantuan

Kencing Terasa Nyeri? Berikut Beberapa Penyebabnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Jun 2022

Bagikan

Kencing Terasa Nyeri Berikut Beberapa Penyebabnya

Kencing terasa nyeri biasanya terjadi jika ada gangguan pada uretra atau saluran kandung kemih, gangguan ini bisa diketahui jika Anda merasakan nyeri saat hendak berkemih. Sedangkan nyeri setelah buang air kecil merupakan pertanda bahwa Anda mengalami gangguan pada kandung kemih atau prostat. Kencing terasa nyeri bisa disebabkan oleh beberapa penyebab, salah satu penyebabnya adalah kebiasaan menahan kencing, namun selain menahan kencing masih ada beberapa penyebab lainnya yang perlu Anda ketahui. Tahukah Anda apa saja penyebab kencing terasa nyeri? Mari cari tahu jawabannya melalui pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Macam-Macam Warna Air Kencing dan Kaitannya dengan Kesehatan Tubuh

 

Penyebab Kencing Terasa Nyeri

Kencing terasa nyeri bisa terjadi karena berbagai penyebab, seringkali beberapa penyebab ini tidak diketahui oleh para penderitanya. Ini karena kencing terasa nyeri kerap dianggap sebagai penyakit biasa yang mudah hilang dengan sendirinya. Namun dalam beberapa kasus, nyeri kencing yang berlangsung lama dan tidak dicari tahu penyebabnya bisa berdampak buruk pada kondisi kesehatan Anda. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa penyebab kencing terasa nyeri, agar bisa diketahui pengobatan apa yang cocok untuk Anda. Berikut beberapa penyebab kencing terasa nyeri yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

1. Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih merupakan salah satu penyebab kencing terasa nyeri. Kondisi ini bisa Anda lihat jika urine Anda berwarna kecoklatan. Maka dari itu penting bagi Anda untuk minum air putih 8 gelas sehari, hal ini bukan tanpa alasan, melainkan untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Terutama jika Anda sering melakukan beragam aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat atau cairan dari dalam tubuh. Untuk mengganti cairan yang keluar dari dalam tubuh (keringat), wajib bagi Anda untuk menggantinya dengan air putih.

2. Infeksi Saluran Kemih

Salah satu penyebab kencing terasa nyeri selanjutnya yaitu karena infeksi pada saluran kemih. Gejala ini diakibatkan oleh infeksi bakteri pada organ-organ yang membentuk saluran kemih di antaranya uretra, kandung kemih, ureter, dan ginjal. Sehingga menimbulkan adanya peradangan pada saluran kemih yang membuat penderitanya merasakan nyeri saat kencing. Wanita mungkin lebih berisiko terhadap infeksi saluran kemih dibandingkan dengan pria, hal ini karena uretra pada wanita lebih pendek. Artinya, uretra yang lebih pendek membuat bakteri bergerak lebih cepat hingga mencapai kandung kemih.

3. Infeksi Menular Seksual

Orang yang terkena infeksi menular seksual memang rentan terpapar beberapa penyakit lain serta ia juga akan merasakan nyeri saat kencing. Beberapa infeksi menular seksual yang dapat menjadi penyebab kencing terasa nyeri di antaranya seperti herpes genital, gonore, klamidia, sifilis, HIV dan sejenisnya. Infeksi ini perlu diwaspadai karena bisa saja tidak memiliki gejala pada awalnya. Apalagi penularannya sangatlah cepat terutama melalui hubungan seksual atau transfusi darah.  Sebagian besar orang yang aktif secara seksual diharuskan melakukan tes untuk mendeteksi infeksi menular seksual ini.

4. Prostatitis

Penyebab lain kencing terasa nyeri yaitu prostatitis yang terjadi pada pria. Prostatitis adalah suatu kondisi di mana kelenjar prostat yang terdapat pada organ reproduksi pria mengalami pembengkakan dan menimbulkan peradangan. Peradangan tersebut membuat penderitanya selalu merasakan nyeri yang sangat mengganggu saat kencing. Selain itu, tanda-tandanya juga bisa dirasakan mulai dari urin yang terasa panas dan menyengat sehingga membuat penderitanya tidak nyaman. Prostatitis yang akut biasanya disebabkan oleh strain bakteri yang berkembang di saluran kemih lalu bakteri tersebut masuk ke prostat.

Melalui pembahasan di atas kini Anda telah mengetahui beberapa penyebab kencing terasa nyeri. Jika Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya perbanyak minum air putih dan hindari kebiasaan menahan kencing terlalu lama. Ini karena menahan kencing bisa menimbulkan infeksi pada saluran kemih yang membuat Anda nyeri saat buang air kecil. Nyeri kencing yang tidak kunjung reda dalam waktu satu sehari atau menimbulkan beberapa gejala lain seperti demam, keluar darah dari urine, keluar kotoran dari vagina atau penis sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar bisa segera teratasi.

Baca juga: Rasa Nyeri Saat Kencing, Penyebab dan Gejala Disuria Adalah?

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Tag :
Referensi

Nall, Rachel. What can make urination painful? 2020. Available at: https://www.medicalnewstoday.com/articles/323105 (Accessed: 25 November 2021). 

Stuart, Annie. Dysuria (Painful Urination). 2020. Available at: https://www.webmd.com/women/dysuria-causes-symptoms (Accessed: 25 November 2021).

Bagikan artikel ini