Bantuan
Free Tele x

Kenali Mata Bintitan atau Radang Kelopak Mata

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Jun 2022

Bagikan

Kenali Mata Bintitan atau Radang Kelopak Mata

Radang kelopak mata merupakan suatu kondisi di mana terdapat infeksi pada kelopak mata yang terjadi karena bakteri ataupun virus. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala seperti mata gatal, mata berkerak, kelopak mata menempel, mata merah, mata berair, hingga pengelupasan kulit di sekitar mata. 

Untuk  memahami lebih jauh mengenai radang kelopak mata, artikel ini telah menyiapkan informasi mengenai penyebab dan pengobatannya. Oleh karena itu, mari simak terus penjelasan yang ada di bawah ini.

Baca juga: Penyebab Mata Merah dan Informasi Cara Menghilangkannya

 

Penyebab Radang Kelopak Mata

Lantas apa saja penyebab radang kelopak mata? Berikut ini ada beberapa kondisi  yang menjadi penyebab terjadinya radang kelopak mata. 

1. Alergi

Penyebab radang kelopak mata yang pertama yaitu karena alergi. Hal ini terjadi, saat zat-zat pemicu alergi berkontak dengan tubuh Anda. Saat zat alergen ini berkontak dengan Anda, maka beberapa anggota tubuh yang berkontak akan membengkak, termasuk kelopak mata. Oleh karena itu, Anda perlu mencegah berbagai zat-zat pemicu alergi tersebut. 

2. Bintitan

Salah satu penyebab radang kelopak mata yang paling banyak diketahui yaitu karena bintitan. Bintitan itu sendiri merupakan infeksi yang terjadi karena bakteri Staphylococcus. Saat terjadi infeksi, maka akan muncul bintil yang menyerupai jerawat bernanah serta berwarna kemerahan di kelopak mata. Pada dasarnya, kondisi ini tidak berbahaya, namun bisa menimbulkan rasa sakit di kelopak mata. 

3. Blefaritis

Blefaritis merupakan peradangan kelopak mata yang terjadi di sekitar tumbuhnya bulu mata. Kondisi ini terjadi karena kelenjar minyak yang terletak di dekat bulu mata mengalami penyumbatan. Akibat penyumbatan ini, kelopak mata akhirnya mengalami iritasi dan memerah. Selain memerah, blefaritis juga menimbulkan gejala lainnya seperti mata bengkak, mata gatal, mata berair hingga munculnya sensasi terbakar pada mata. 

4. Penyakit graves

Penyebab radang kelopak mata yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu penyakit graves. Penyakit graves itu sendiri merupakan penyakit autoimun yang menyerang kelenjar tiroid sehingga menyebabkan radang kelopak mata. Oleh karena itu, jika Anda menemukan bengkak pada kelopak mata serta rasa gatal yang lebih serius, bisa jadi pertanda penyakit graves. 

 

Pengobatan Radang Kelopak Mata

Radang kelopak mata umumnya akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, gejala-gejala yang muncul seperti gatal, bengkak, sakit dan lainya mungkin membuat Anda tidak tahan. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan pengobatan kelopak mata ini untuk membantu penyembuhannya. Berikut ini beberapa cara pengobatan radang kelopak mata yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Inilah Cara Mengobati Mata Bengkak Berdasarkan Penyebabnya 

1. Jaga kebersihan kelopak mata

Cara mengobati radang kelopak mata yang pertama yaitu dengan menjaga kebersihan kelopak mata. Pastikan kelopak mata Anda selalu dalam keadaan bersih dan bebas dari kerak. Cara membersihkannya yaitu dengan menggunakan kain bersih yang telah dibasahi dengan air hangat. Letakkan kain basah tersebut untuk menutup mata Anda selama 5 menit. Setelah itu,  Anda bisa membasahinya kembali agar tetap hangat. 

2. Batasi penggunaan riasan mata

Selama Anda mengalami radang kelopak mata, sebaiknya batasi penggunaan riasan mata terlebih dahulu. Pasalnya, penggunaan riasan mata membuat kebersihan mata sulit terjaga. Jika kebersihan mata tidak terjaga, maka proses penyembuhan radang kelopak mata akan lebih lama. 

3. Gunakan obat-obatan

Cara mengobati radang kelopak mata yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu menggunakan obat-obatan. Beberapa obat-obatan yang biasanya digunakan untuk mengobati radang kelopak mata yaitu antibiotik dan obat tetes. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan obat-obatan.

Nah, itulah dia beberapa penjelasan mengenai radang kelopak mata yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda mengalami radang kelopak mata dan tidak membaik dalam waktu 48 jam, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Kenali Apakah Anda Mengalami Tanda-tanda Mata Minus

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Chou Brian. Eye Infections: Causes, Symptoms and Treatment. https://www.allaboutvision.com/conditions/eye-infections.htm

Konstantinovsky, Michelle. 2021. Eyelid Problems and Injuries. https://www.webmd.com/eye-health/eyelid-problems-injuries#1

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang