Inilah Cara Mengobati Mata Bengkak Berdasarkan Penyebabnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Dec 2021

Bagikan

Inilah Cara Mengobati Mata Bengkak Berdasarkan Penyebabnya

Tahukah Anda bahwa cara mengobati mata bengkak akan berbeda berdasarkan penyebabnya. Mata bengkak itu sendiri dapat terjadi karena berbagai kondisi, yakni seperti alergi dan infeksi. Bahkan, terlalu banyak menangis juga bisa menyebabkan mata bengkak.

Oleh sebab itu, mengobati mata bengkak pun akan berbeda tergantung dengan penyebabnya. Misalnya saja, mata bengkak yang terjadi karena infeksi bakteri, maka mungkin akan memerlukan antibiotik untuk dapat reda. Sedangkan, jika mata bengkak terjadi karena terlalu banyak menangis, maka Anda tidak membutuhkan obat apapun. 

Mengobati Mata Bengkak Berdasarkan Penyebabnya

Dibawah ini adalah beberapa kondisi yang menjadi penyebab mata bengkak, guna mengetahui cara mengobati mata bengkak:

  1. Alergi

Bila Anda mengalami mata bengkak yang disertai rasa gatal, berair, dan kemerahan, maka itu mungkin saja merupakan ciri-ciri dari alergi. Untuk mengobatinya, Anda bisa melakukan hal-hal seperti berikut ini:

  • Obat tetes mata guna bantu mengurangi gatal dan juga melembabkan mata.

  • Hindari alergen atau penyebab terjadinya alergi.

  • Konsumsi antihistamin sebagai obat mata bengkak karena alergi. 

Jika alergi yang Anda alami tak kunjung mereda walau sudah diobati, maka segera hubungi dokter ahli. 

  1. Bintitan

Kondisi ini menjadi salah satu penyebab mata bengkak yang biasa terjadi. Bintitan dapat terjadi karena adanya infeksi ringan pada kelopak mata. Di kondisi seperti ini, benjolan yang muncul berisikan nanah. Cara mengobati mata bengkak karena bintitan yakni dengan:

  • Tidak menggunakan riasan pada area mata sampai bintitan benar-benar hilang. Biasanya, bintitan akan sembuh dalam kurun waktu mingguan.

  • Kompreslah bagian sekitar mata yang mengalami bintitan dengan kompres hangat. 

  1. Terlalu Banyak Menangis

Menangis yang berlebihan dapat mengakibatkan pembuluh darah kecil pada mata dan kelopak menjadi rusak. Bukan hanya itu, ketika menangis maka cairan di area sekitar mata akan berkurang drastis. Hal ini menyebabkan tubuh akan mengeluarkan lebih banyak darah ke bagian area mata. Oleh karena itu, mata Anda akan terlihat membengkak. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan cara ini:

  • Meminum banyak air putih

  • Kompres mata menggunakan kompres dingin.

  • Angkat kepala supaya air mata tidak keluar terlalu banyak.

  1. Penggunaan Make Up

Produk kecantikan atau make up yang masuk ke mata, dapat mengakibatkan terjadinya iritasi. Hal ini tentu akan menjadi penyebab mata Anda mengalami pembengkakan, merah, bahkan terasa nyeri sekali.

Untuk menangani mata bengkak karena penggunaan make up, cara mengobati mata bengkak yang bisa Anda lakukan yakni dengan obat tetes. Dimana obat tetes akan bertindak sebagai air mata buatan, yang mana mempunyai bahan atau komposisi lebih ringan. 

Sesudah mata Anda ditetes, maka selanjutnya mata Anda akan terasa lebih segar dan membaik. Bukan tanpa alasan, ini bisa terjadi karena komposisi yang ada didalam obat tetes tersebut bisa bantu meredakan nyeri serta membuat mata menjadi lebih nyaman. 

  1. Kalazion

Pernahkah Anda mendengar kalazion? Ini merupakan benjolan yang biasa muncul pada bagian kelopak mata tengah. Kalazion sebenarnya masuk sebagai kista dan dapat berkembang menjadi benjolan keras. Guna mengurangi pembengkakan yang terjadi karena kalazion ini, maka Anda dapat melakukan beberapa cara seperti:

  • Kompres mata 4 sampai 5 kali dalam sehari.

  • Kompres area mata dengan kompres hangat, yang mana akan membantu mengeluarkan minyak yang menjadi sumbat di kelopak mata.

Baca Juga: Cara Mengobati Mata Katarak Dengan Daun Sirih, Mitos Atau Fakta?

Mencegah Mata Bengkak Muncul Lagi

Walau ada banyak cara dan obat mata untuk Anda mengobati mata bengkak, namun mengalami kondisi ini tetap membuat kesal bukan? Maka dari itu, Anda juga penting untuk mengetahui tips mencegah mata bengkak kembali kambuh.

Bila Anda mengalami pembengkakan mata karena alergi, maka sangat disarankan untuk Anda menjalani tes alergi. Guna mengetahui apa yang membuat Anda alergi, sehingga kedepannya bisa menghindari hal tersebut. Selain itu, pilihlah produk kecantikan yang memiliki label hypoallergenic, yang mana akan mencegah terjadinya alergi pada mata Anda.

Sesudah Anda mengetahui cara mengobati dan mencegah mata bengkak, maka Anda sangat diharapkan untuk dapat waspada dalam menghadapi kondisi mata bengkak ini. Mungkin mata bengkak terlihat sepele, namun jika dibiarkan begitu saja akan memperburuk penglihatan mata.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berikut Ini Gejala Mata Minus dan Cara Menanganinya!

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter spesialis mata sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. https://www.healthline.com/health/swollen-eyelid-treatment
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318219.php
  3. https://www.allaboutvision.com/conditions/swollen-eyelids.htm
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter spesialis mata sekarang!

Pesan Konsultasi