Bantuan
Free Tele x

Kenali Apakah Anda Mengalami Tanda-tanda Mata Minus

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Jun 2022

Bagikan

Kenali Apakah Anda Mengalami Tanda-tanda Mata Minus

Tanda-tanda mata minus penting Anda ketahui agar dapat segera diatasi dengan cepat sehingga kondisinya tidak semakin parah. Salah satu tandanya ialah penglihatan tampak kabur dan buram saat melihat objek dalam jarak jauh. Dalam istilah medis, mata minus dikenal dengan rabun jauh atau miopia. Kira-kira apa saja tanda-tanda mata minus? Mari cari tahu sejumlah tanda mata minus melalui ulasan berikut ini.

 

Apa itu Mata Minus? 

Mata minus merupakan rabun jauh di mana cahaya yang masuk tidak fokus di retina tetapi di depannya. Kondisi ini bisa terjadi karena kornea terlalu cembung atau bola mata terlalu besar ketika melihat objek dalam jarak jauh. Sedangkan dalam kondisi normal, sinar direfleksikan dari sebuah objek ke mata melalui retina lalu difokuskan oleh lensa mata menuju retina. 

 

Tanda-tanda Mata Minus

Tingkat keparahan mata minus ditandai dengan ukuran dioptri (D). Yang mana terbagi menjadi tiga bagian yaitu rendah (0,5D-3D), sedang (3D-6D) dan berat (lebih dari 6D). Sebelum semakin parah, kenali tanda-tanda mata minus berikut ini:

  1.  Sulit Melihat Jelas Ketika Malam Hari

Salah satu tanda mata minus ialah sulit melihat objek dengan jelas, khususnya ketika mengemudi di malam hari. Untuk kasus seperti ini, mungkin saja Anda mengalami rabun senja (night myopia) yaitu suatu kondisi di mana rabun jauh hanya terjadi ketika malam hari saja. Ketajaman penglihatan rabun senja bergantung pada seberapa terang ruangan atau lingkungan di sekitarnya.

  1.  Sering Memincingkan Mata

Tanda-tanda mata minus selanjutnya ialah sering memincingkan mata. Kondisi ini bisa terjadi secara tiba-tiba. Tujuan memincingkan mata bagi penderita mata minus ialah agar bisa fokus ketika melihat suatu objek. Pada penderita rabun jauh, memincingkan mata bisa disertai dengan memajukan wajah atau mendekatkan objek tersebut pada mata penderita. 

  1.  Mata Mudah Lelah

Jika Anda sering mengalami mata lelah sebaiknya berhati-hati karena bisa jadi tanda mata minus. Kondisi ini bisa terjadi ketika mata dipaksa melihat benda jauh agar terlihat jelas. Selain mata lelah, tanda mata minus bisa disadari ketika mata sering mengalami kemerahan dan pusing saat memaksakannya untuk melihat benda dengan fokus. 

  1.  Mengedipkan Mata Terlalu Sering

Mengedipkan mata terlalu sering merupakan tanda-tanda mata minus yang tidak kalah penting untuk Anda waspadai. Kondisi ini umumnya jarang disadari karena kerap membiarkan mata berkedip terlalu sering ketika melihat objek dalam jarak jauh. Jika kondisi ini terjadi pada Anda, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. 

 

Penyebab Mata Minus

Mengetahui penyebab mata minus terbilang penting agar Anda dapat menghindari beberapa pemicunya. Terlebih mata minus dapat terjadi karena berbagai faktor seperti genetik dan kebiasaan sehari-hari. Berikut penyebab mata minus yang perlu Anda ketahui selengkapnya, di antaranya: 

  1.  Membaca dan Bermain Gadget

Kebiasaan membaca di tempat redup dan bermain gadget terlalu sering merupakan salah satu penyebab mata minus. Meski membaca dan bermain gadget tidak termasuk penyebab utama namun risiko mata minus bisa lebih besar terjadi pada mereka yang rajin membaca, baik itu terlalu gelap maupun dekat. Untuk menghindarinya, sebaiknya biasakan membaca dalam jarak 40 cm dari layar atau buku. 

  1.  Genetik

Faktor genetik merupakan penyebab mata minus yang jarang disadari karena berasal dari keturunan. Misalnya ketika salah satu orang tua dari kita mengalami rabun jauh atau bahkan keduanya mengalami rabun jauh sehingga risiko terkena mata minus bisa jadi lebih besar. Menurut penelitian, hingga saat ini ada 40 gen yang menjadi penyebab seseorang mengalami rabun jauh. 

  1.  Jarang Melakukan Aktivitas di Luar Ruangan

Jarang melakukan aktivitas di luar ruangan turut menjadi penyebab mata minus. Ini karena tingkat cahaya ketika berada di dalam ruangan dengan luar ruangan cukup berbeda sehingga berpengaruh terhadap kesehatan mata kita. Yang mana pencahayaan di dalam ruangan relatif lebih gelap dan terbatas daripada di luar, akibatnya mata jadi lelah dan menurun kemampuannya ketika menangkap cahaya. 

Tanda-tanda mata minus dapat Anda waspadai ketika sulit melihat objek dalam jarak jauh, sering memincingkan mata, mata mudah lelah dan terlalu sering mengedipkan mata. Beberapa penyebabnya bisa terjadi karena faktor genetik, membaca dan bermain gadget serta jarang melakukan aktivitas di luar ruangan.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Penyebab Mata Merah dan Informasi Cara Menghilangkannya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Mayo Clinic: Nearsightedness. 2020. Available at: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nearsightedness/symptoms-causes/syc 20375556#:~:text=Blurry%20vision%20when%20looking%20at,especially%20at%20night%20(night%20myopia)  (Accessed: 28 April 2022).

WebMD: What Is Myopia (Nearsightedness)? 2022. Available at: https://www.webmd.com/eye-health/nearsightedness-myopia (Accessed: 28 April 2022).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang