Bantuan

Penyebab Mata Merah dan Informasi Cara Menghilangkannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Penyebab Mata Merah & Cara Menghilangkannya

Apakah Anda tahu apa penyebab mata merah? Tidak hanya membuat mata menjadi berwarna merah, namun kondisi ini dapat membuat aktivitas terganggu. Pasalnya, mata merah ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat penampilan menjadi terganggu. 

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan apa sebenarnya yang menyebabkan mata merah ini dan juga cara menghilangkannya. Jadi, bagi Anda yang ingin mengetahuinya, wajib menyimak terus penjelasan di bawah ini. 

Penyebab Mata Merah

Pada dasarnya, mata merah ini disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah yang berada di sekitar sklera mata. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya debu atau partikel asing yang masuk ke dalam mata. Namun penyebab mata merah tidak itu saja, berikut ini beberapa penyebab lain mata menjadi merah. 

  1. Kelelahan

Penyebab mata merah yang perlu Anda ketahui pertama yaitu kelelahan. Pada umumnya, kondisi ini  sering terjadi pada orang yang bekerja terlalu lama di depan komputer sehingga mata menjadi lelah. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa lelah dan juga sakit kepala yang luar biasa. Oleh karena itu, usahakan Anda sering-sering mengistirahatkan mata minimal 20 menit sekali dengan memalingkan pandangan ke tempat lain dan berkedip. 

  1. Mata kering

Selain kekalahan, mata merah juga dapat disebabkan karena mata kering. Mata kering ini terjadi karena kelenjar air mata tidak dapat lagi memproduksi cairan mata yang cukup. Cairan ini berperan untuk melumasi mata, sehingga saat cairan berkurang mata membuat mata menjadi kering dan terlihat memerah. Kondisi ini umumnya dipicu oleh cuaca panas, peradangan kelopak mata, dan penggunaan lensa kontak yang terlalu lama. 

  1. Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan salah satu infeksi mata yang umum ditemukan dan mudah menular. Penyebabnya yaitu virus, jamur atau bakteri dan juga paparan debu serta asap. Kondisi ini menyebabkan membran transparan yang seharusnya menutupi bola mata dan bagian dalam kelopak mata mengalami infeksi.

Tentu saja, hal ini akan berakibat pada pembuluh darah yang terdapat di mata akan mengalami iritasi dan membengkak sehingga mata tampak memerah.

  1. Alergi

Tahukah Anda, ternyata mata merah juga dapat disebabkan oleh alergi. Hal ini karena, mata merah merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan alergi mata karena debu, bulu binatang, ataupun bahan-bahan kimia tertentu. Saat tubuh mengalami paparan beberapa penyebab alergi tersebut, maka tubuh akan melepaskan histamin untuk melawannya. Pada akhirnya histamin ini membuat pembuluh mata membesar dan tampak merah dan berair. 

  1. Uveitis

Penyebab mata merah yang perlu Anda ketahui yang terakhir yaitu uveitis. Uveitis itu sendiri merupakan salah satu jenis peradangan mata yang menyerang jaringan uvea atau jaringan pada lapisan tengah dinding mata. Kondisi ini akan menimbulkan gejala berupa, penglihatan buram, maka menjadi sakit dan tampak kemerahan. Penyebab seseorang mengalami kondisi ini yaitu karena, infeksi atau adanya autoimun.

Baca Juga: Mengenal Trikhiasis, Ketika Mata Merah karena Bulu Mata

Cara Menghilangkan Mata Merah

Lantas bagaimanakah cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan mata merah ini? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata merah ini. 

  1. Obat Tetes

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan obat tetes mata. Pasalnya, obat tetes mata ini akan membantu mengatasi kekeringan pada mata dan menyingkirkan berbagai benda asing 

  1. Kompres Dingin

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata merah yang selanjutnya yaitu dengan melakukan kompres dingin. Cara ini dapat meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri atau gatal.

  1. Kompres Hangat

Tidak hanya kompres dingin, Anda juga bisa mengatasi mata merah dengan menggunakan kompres hangat. Hal ini karena, suhu panas dapat meningkatkan aliran darah sekitar mata. Tidak hanya itu, kompres hangat ini juga dapat mengatasi kekeringan pada mata. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai penyebab mata merah dan cara mengatasinya. Apabila mata merah yang Anda alami tidak kunjung membaik atau bahkan semakin buruk dengan munculnya gejala berupa mual hingga sakit kepala parah, maka segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Inilah Cara Mengobati Mata Bengkak Berdasarkan Penyebabnya

Referensi
  1. Heiting, Gary. 2021.  Red eyes (bloodshot eyes): Causes and treatments.
  2. Connor, Elizabeth. 2019. Why Eye Redness Happens and How to Treat It.
Bagikan artikel ini