Kenali Berbagai Gejala Asam Lambung Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Kenali Berbagai Gejala Asam Lambung Berikut Ini

Apakah Anda tahu apa saja gejala asam lambung naik? Gejala asam lambung naik tidak dapat dianggap remeh. Pasalnya, gejala asam lambung yang tidak segera ditangani dan terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan munculnya berbagai komplikasi seperti kanker kerongkongan. 

Akan tetapi, mungkin banyak dari Anda yang masih belum mengetahui apa saja gejala asam lambung tersebut. Oleh karena itu, di dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai gejala-gejala yang sering muncul ketika asam lambung naik. 

Gejala Asam Lambung

Lalu apa saja gejala asam lambung naik tersebut? Berikut ini beberapa gejala asam lambung naik yang perlu Anda kenali. 

  1. Sulit Menelan

Gejala asam lambung naik yang perlu Anda kenali pertama yaitu sulit menelan. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan disfagia atau kondisi di mana Anda membutuhkan  waktu dan usaha yang lebih banyak untuk dapat menurunkan makanan ke dalam lambung. Penyebab dari kondisi ini yaitu iritasi dan luka yang terjadi pada kerongkongan karena naiknya asam lambung. Seiring berjalannya waktu, luka ini akan membuat saluran pencernaan menyempit sehingga Anda sulit menelan. 

  1. Sensasi Terbakar

Sensasi terbakar atau heartburn merupakan salah satu gejala asam lambung yang paling banyak diketahui. Pada saat asam lambung naik ke kerongkongan, awalnya sensasi terbakar akan terasa pada bagian perut atas. Seiring berjalannya waktu, gejala ini akan mulai menyebar hingga ke punggung, dada bahkan leher. Gejala akan semakin parah jika Anda membungkuk ataupun berbaring setelah makan. Gejala yang tidak segera ditangani akan menyebabkan penyakit asam lambung atau GERD. 

  1. Panas Pada Kerongkongan

Sensasi panas atau terbakar ternyata tidak hanya terjadi pada dada, namun juga pada area kerongkongan. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan akan membuat lapisan kerongkongan rusak. Kerusakan inilah  yang menimbulkan sensasi nyeri dan panas. Jika gejala yang satu ini tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan terjadinya peradangan yang membuat kerongkongan mengalami luka.

Baca Juga: Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

  1. Sendawa Terus Menerus

Sendawa yang terjadi sekali atau dua kali, merupakan hal yang wajar. Karena sendawa merupakan respon alami tubuh untuk mengeluarkan udara yang berlebih dari dalam saluran pencernaan. Akan tetapi, sendawa yang terjadi berulang kali dalam waktu yang berdekatan, bisa menandakan asam lambung sedang naik ke kerongkongan. Kondisi ini disebabkan karena kerongkongan yang menyempit sehingga udara yang ada di dalam sulit untuk dikeluarkan. 

  1. Dispepsia

Gejala asam lambung saat naik yang perlu Anda kenali selanjutnya yaitu dispepsia. Dispepsia itu sendiri merupakan kondisi yang menggambarkan kondisi perut yang sedang tidak nyaman seperti kembung, mual, muntah dan sakit perut. Cara untuk menghindari gejala asam lambung yang satu ini yaitu hindari tidur setelah makan. Setidaknya, Anda baru bisa tidur jika setelah 3 atau 4 jam ketika terakhir makan. 

  1. Suara Serak dan Sakit Tenggorokan

Suara serak dan sakit tenggorokan merupakan gejala asam lambung yang perlu Anda kenali selanjutnya. Kondisi ini disebabkan karena asam lambung yang naik ke kerongkongan mampu melukai pita suara sehingga pita suara mengalami iritasi. Selain itu, asam lambung yang naik ke kerongkongan juga dapat menyebabkan tekanan pada bagian belakang kerongkongan. Jika kondisi ini tidak segera diatasi dapat menyebabkan kerongkongan menjadi sakit. 

  1. Bau Mulut

Gejala asam lambung yang perlu Anda kenali yang terakhir yaitu bau mulut. Kondisi ini dapat terjadi karena otot kerongkongan yang kendur atau rusak. Pada kondisi normal, otot kerongkongan akan membuka ketika Anda menelan dan akan kembali tertutup dengan rapat setelahnya. Akan tetapi, otot kerongkongan  yang rusak akan tetap terbuka dan menyebabkan asam lambung dapat kembali lagi ke kerongkongan sehingga menimbulkan bau mulut. 

Nah, itulah dia beberapa gejala asam lambung yang perlu Anda kenali. Daripada harus mengobati, sebaiknya Anda melakukan langkah pencegahan. Langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan yaitu, makan teratur, makan secara perlahan, hindari alkohol dan kafein, hindari makanan penyebab asam lambung dan yang terakhir konsumsi makanan yang aman untuk asam lambung.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

 

Sumber:

1. Healthline. 2018. Symptoms of Acid Reflux.

2. Cleveland Clinic. GERD (Chronic Acid Reflux).

3. MacGill, Markus. 2018. Everything you need to know about GERD.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi