Bantuan
Free Tele x

Sering Merasakan Sakit Pinggang Sebelah Kanan dan Sering Kencing? Waspadai, Mungkin Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 31 Mar 2022

Bagikan

sakit pinggang sebelah kanan

Jika Anda sering sakit pinggang sebelah kanan dan sering kencing, hal ini perlu diwaspadai. Pada dasarnya, sakit pinggang adalah hal yang umum dialami oleh banyak orang. Hanya saja, yang membedakan adalah lokasi sakit yang dirasakan. Anda dapat mengetahui penyebab sakit yang dialami dengan melihat dimana rasa sakit itu berasal. 

Sakit pinggang seringkali mengganggu kegiatan sehari-hari. Sakit yang dirasakan pun berbeda-beda tingkatan, mulai dari pegal, nyeri, hingga sakit yang terasa menusuk. Selain sakit pinggang, sering kencing juga menjadi hal yang sangat mengganggu. Jika mengalami kedua hal tersebut, maka Anda perlu segera mencari tahu penyebabnya.

Penyebab Sakit Pinggang dan Sering Kencing

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan dan sering kencing. Diantaranya adalah kondisi ginjal dan prostat, berat badan bertambah, dan pada kasus tertentu juga dapat disebabkan oleh kanker. 

  1. Mengalami Masalah Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang terletak di punggung bagian bawah atau dekat dengan pinggang. Ginjal berfungsi sebagai penyaring darah dan mengeluarkan limbah yang telah disaring menjadi urine yang dikeluarkan melalui saluran kencing. Jika ginjal mengalami masalah, hal ini dapat memicu rasa sakit pada pinggang dan sering kencing dalam volume yang sedikit. 

  • Infeksi Ginjal

Salah satu masalah yang dapat menyerang ginjal adalah infeksi ginjal yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Infeksi ini mempengaruhi saluran kemih dapat bergerak ke salah satu ginjal atau kedua ginjal. Infeksi yang tidak segera mendapatkan pengobatan dapat menyebabkan komplikasi serius pada ginjal. Beberapa akibatnya adalah penyakit ginjal kronis, gagal ginjal, atau sepsis. Gejala yang timbul ketika mengalami infeksi ginjal antara lain:

  • Sakit pada salah satu sisi atau kedua sisi pinggang

  • Urine keruh atau berdarah

  • Urine berbau busuk

  • Sering kencing

  • Nyeri saat kencing atau merasakan sensasi terbakar

  • Demam

Jika terdapat gejala yang mengarah pada infeksi ginjal, maka harus segera menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan dan segera mendapat penanganan yang tepat agar penyakit tidak semakin parah. 

  • Batu Ginjal

Batu ginjal dapat disebabkan oleh mineral tertentu yang menumpuk pada ginjal dan berubah bentuk menjadi endapan keras atau batu. Batu ginjal bervariasi bentuk, ukuran, dan kandungan mineral yang menjadi penyebabnya. Sebenarnya, batu ginjal dapat keluar dari tubuh melalui urine dan tanpa ada gejala.  Akan tetapi, jika batu ginjal menjadi lebih besar, maka hal ini dapat menyebabkan penyumbatan yang menimbulkan rasa sakit pada pinggang. Terdapat beberapa gejala lain yang timbul ketika mengalami batu ginjal:

  • Urine keruh

  • Urine berbau busuk

  • Sering kencing

  • Sakit saat kencing atau disertai sensasi terbakar

  • Demam

  • Mual dan muntah

Jika mengalami gejala batu ginjal, sesegera mungkin untuk bertemu dan memeriksakan diri ke dokter, agar dapat segera mendapatkan pengobatan. Selain itu, banyak minum air putih juga dapat membantu batu ginjal untuk segera keluar melalui saluran kencing, Jika batu ginjal berukuran cukup besar, maka diperlukan tindakan pengangkatan batu ginjal dengan berbagai prosedur yang tersedia. Diantaranya lithotripsi, sistoskopi, dan nefrolitotomi. 

  1. Kolitis Ulseratif

Kolitis ulseratif adalah kondisi kronis yang menyebabkan peradangan pada usus besar. Keadaan ini biasanya menyebabkan diare yang berlangsung terus menerus. Hal ini mengakibatkan perut terasa sakit dan kram yang menyebar pada satu sisi atau kedua sisi pinggang. gejala yang timbul diantaranya;

  • Kehilangan nafsu makan 

  • Sering buang air besar

  • Demam

  • Anemia

Tidak ada pengobatan khusus pada kasus ini. Pengobatan untuk mengatasi kolitis ulseratif adalah dengan memberikan beberapa obat-obatan untuk meredakan gejalanya. Jika kondisi masih berlanjut, maka tindakan pengangkatan usus besar adalah pilihan yang dapat diambil. 

Segera kunjungi dokter jika Anda mengalami sakit pinggang sebelah kanan dan sering kencing agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini bukan hal yang dapat diremehkan dan dapat menjadi pertanda terjadinya beberapa masalah kesehatan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Belakang

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Nall, rachel. 2018. What are Back Pain and Frequent urination?. https://www.healthline.com/health/back-pain-and-frequent-urination#causes

Maddukuri, Geetha. 2021. Flank Pain. https://www.msdmanuals.com/home/kidney-and-urinary-tract-disorders/symptoms-of-kidney-and-urinary-tract-disorders/flank-pain

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami