Bantuan

Kasus COVID-19 Melonjak! Berikut Ini Jenis Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Nov 2021

Bagikan

Jenis Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Selama Masa Pandemi

Beberapa hari terakhir ini, Indonesia sedang mengalami lonjakan kasus COVID-19 dalam jumlah yang cukup tinggi. Akibatnya, semakin banyak fasilitas kesehatan yang mengklaim kekurangan kapasitas karena banyaknya pasien positif COVID-19.

Dalam hal ini, kita sebagai masyarakat memiliki peranan penting untuk membantu menurunkan jumlah kasus ini dengan taat dalam menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar. 

Selain menerapkan protokol kesehatan, ada beberapa cara lainnya yang dapat Anda terapkan untuk melindungi diri dan keluarga, yakni dengan menjaga sistem kekebalan tubuh agar kuat melawan virus penyebab COVID-19.

Nah dalam hal ini, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin untuk daya tahan tubuh. Lantas apa saja vitamin untuk daya tahan tubuh tersebut?

  1. Vitamin A

Berbicara tentang vitamin untuk daya tahan tubuh tentu tidak akan lengkap tanpa vitamin A. Dalam hal ini, vitamin A yang banyak dikenal karena efeknya yang baik bagi kesehatan mata ini, telah mendapatkan perhatian khusus karena terbukti memiliki efek yang cukup signifikan juga terhadap imun seseorang. 

Dalam hubungannya untuk menangkal infeksi virus berbahaya, vitamin A dapat dikonsumsi dalam dua bentuk, yakni dari sumber makanan hewani seperti ikan, daging, hingga susu, dan juga dalam bentuk karotenoid yang dapat ditemukan pada wortel, ubi jalar, labu, hingga sayuran lainnya yang berdaun hijau tua. 

  1. Vitamin D

Selain vitamin A, jenis vitamin lainnya yang juga tengah populer karena dikenal baik dalam meningkatkan imunitas adalah vitamin D. Vitamin yang satu ini cukup banyak dibicarakan pula selama pandemi ini, yang pada akhirnya mendorong banyak orang untuk berjemur di bawah matahari setiap pagi untuk mendapatkan manfaatnya.

Makanan yang merupakan sumber vitamin D yang baik adalah ikan salmon, tuna, sarden, dan juga vitamin D yang diperkaya seperti jus jeruk, sereal, hingga susu. Meskipun begitu, dibanding jenis vitamin lainnya yang akan lebih baik jika diperoleh melalui makanan, vitamin D biasanya lebih baik diperoleh dengan mengonsumsinya berdasarkan anjuran dokter.

Baca Juga: Sederet Manfaat Vitamin D yang Tidak Bisa dilewatkan

  1. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin untuk daya tahan tubuh yang sangat diperlukan. Bahkan, vitamin C dalam hal ini dipercaya mampu membuat Anda kebal terhadap penyakit. Dalam hal melindungi diri dari COVID-19, mengonsumsi vitamin C dalam makanan sehari-hari Anda atau dalam takaran yang direkomendasikan akan sangat membantu.

Menjaga asupan vitamin C harian akan sangat penting bagi Anda karena vitamin ini tidak diproduksi atau disimpan dalam tubuh. Kabar baiknya, vitamin C ini dapat ditemukan pada sebagian besar makanan, seperti dari jeruk, jeruk bali, stroberi, paprika, bayam, hingga brokoli.

Karena mudah didapatkan dari berbagai sumber makanan itu, Anda sudah tidak perlu repot-repot membeli suplemen khusus untuk mendapatkan manfaat vitamin C yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi ini. 

  1. Vitamin E

Sama halnya seperti vitamin C, vitamin E juga merupakan salah satu vitamin untuk daya tahan tubuh yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Peranan antioksidan dalam vitamin E ini sangatlah penting untuk melindungi tubuh dari berbagai ancaman radikal bebas dan menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin untuk daya tahan tubuh yang satu ini, Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan seperti kacang almon, kacang atau selai kacang, biji bunga matahari, minyak kedelai, dan kacang hazel.

Jadi, agar diri Anda dan keluarga terlindungi dari ancaman virus penyebab COVID-19, jangan lupa untuk menyertakan makanan-makanan tinggi lemak baik tersebut untuk sehari-hari.

Itulah dia beberapa jenis vitamin untuk daya tahan tubuh yang diperlukan agar tubuh tetap sehat selama masa pandemi COVID-19 ini. Selain mengonsumsi vitamin, Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan sehat lainnya yang mengandung mineral yang juga baik bagi daya tahan tubuh, seperti asam folat, zat besi, zink, dan lain sebagainya.

Tak lupa pula, taati protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat bepergian, mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, serta menjaga jarak dan juga menghindari kerumunan orang banyak.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berjemur, Vitamin D dan COVID-19: Dimanakah Hubungannya?

 

Sumber:

1. Cleveland Clinic. 2020. 8 Vitamins & Minerals You Need for a Healthy Immune System.

2. Cleveland Clinic. 2020. 3 Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity.

3. Mora, J. Rodrigo. 2008. Vitamin effects on the immune system: Vitamins A and D take centre stage. Nature Reviews Immunology, 8(9). doi: 10.1038/nri2378

Bagikan artikel ini