Berikut Ini Syarat Vaksinasi Anak yang Perlu Anda Persiapkan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Jan 2022

Bagikan

Berikut Ini Syarat Vaksinasi Anak yang Perlu Anda Persiapkan

Mengetahui syarat vaksinasi anak penting dilakukan oleh setiap orang tua. Dengan mengetahui apa syarat vaksinasi anak, maka orang tua bisa lebih tenang saat anak mendapatkan vaksin. Namun, mungkin beberapa dari Anda belum mengetahui apa saja syarat yang harus dipenuhi sebelum vaksinasi pada anak. Tidak perlu khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa syarat yang harus terpenuhi saat pemberian vaksin anak.

Baca Juga: Diantara Banyaknya Vaksin Untuk Covid-19, Vaksin Apa Yang Paling Bagus?

Syarat Vaksinasi Anak

Pada dasarnya, tidak ada syarat vaksinasi anak yang menyulitkan. Semua syarat vaksinasi ini hanya menuntut kesiapan orang tua dan anak saat mendapatkan vaksin. Berikut ini beberapa syarat yang perlu dipersiapkan.

  1. Anak dalam kondisi sehat

Syarat yang wajib terpenuhi pertama yaitu anak dalam kondisi sehat. Karena kondisi tubuh yang tidak prima bisa saja memengaruhi kerja vaksin atau bahkan memperburuk kondisi anak. Namun untuk sakit ringan seperti demam di bawah 38 derajat celcius, batuk, pilek, dan diare masih bisa mendapatkan vaksin. Untuk penyakit yang parah seperti demam tinggi, alergi parah hingga melemahnya sistem kekebalan tubuh sebaiknya untuk menunda terlebih dahulu pemberian vaksin. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mencari jadwal lain pemberian vaksin. 

Baca Juga: Perlukah Kartu Vaksin Covid-19 dicetak?

  1. Berikan pakaian yang nyaman pada anak

Selain memastikan kondisi anak dalam keadaan sehat, Anda juga perlu memberikan anak pakaian yang nyaman saat hendak pemberian vaksin. Selain itu,  gunakan juga pakaian yang mudah dibuka pada bagian lengan dan kaki untuk mempermudah pemberian vaksin. Tujuan pemberian pakaian yang nyaman ini agar anak tetap merasa nyaman dan tidak rewel saat divaksin. 

  1. Pastikan jadwal vaksin sudah benar

Pemberian  vaksin pada anak, biasanya sudah ditentukan jadwalnya. Jadi, sebaiknya Anda memerhatikan jadwal yang tertera agar tidak terjadi kesalahan hari. Selain itu, memastikan jadwal pemberian vaksin pada anak ini berguna untuk menghindari Anda dan anak menunggu terlalu lama. Biasanya anak akan rewel saat diajak menunggu terlalu lama. 

  1. Bawa buku catatan imunisasi

Syarat penting yang harus ada saat vaksin anak yaitu buku catatan imunisasi. Buku catatan ini akan diisi oleh bidan atau dokter saat pemberian  vaksin. Selain itu, buku catatan ini berfungsi sebagai riwayat imunisasi yang sedang dijalani anak Anda dan kapan terakhir pemberian vaksin. 

Hal yang Dilakukan Setelah Vaksinasi Anak

Lalu apa yang harus dilakukan setelah anak mendapatkan vaksin? Biasanya, setelah pemberian vaksin anak akan demam dan rewel. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal tersebut wajar terjadi dan tanda bahwa vaksin sedang bekerja. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan setelah vaksinasi anak. 

  1. Beri anak waktu istirahat

Setelah anak mendapatkan vaksin, sebaiknya segera berikan waktu istirahat padanya. Anda bisa mencoba menidurkannya agar rasa sakit pada bekas suntikan bisa tersamarkan. Apabila anak sadar dengan rasa nyeri pada bekas suntikan, bisa saja anak akan rewel. Apabila terjadi hal ini, orang tua harus tetap tenang dan mencoba mengalihkan perhatian anak. 

  1. Beri obat saat demam

Salah satu efek samping dari vaksin yaitu demam. Namun efek samping ini wajar terjadi, jadi Anda tidak perlu panik atau khawatir. Anda bisa memberikan paracetamol atau  obat penurun demam. Namun, sebaiknya obat yang diberikan sesuai dengan anjuran dokter dan dalam bentuk sirup agar mudah ditelan oleh anak.

  1. Kompres bagian yang bengkak

Bekas suntikan vaksin biasanya akan menimbulkan rasa nyeri dan juga bengkak. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memberikan kompres dingin pada bagian yang bengkak tersebut. Kompres dingin ini akan membantu mengurangi nyeri dan meredakan pembengkakan. 

Nah, itulah dia beberapa penjelasan mengenai syarat vaksinasi anak yang perlu orang tua persiapkan. Namun, untuk di masa pandemi seperti saat ini mungkin ada beberapa orang tua yang bingung apa syarat yang harus dipenuhi. Umumnya, syarat yang harus dipenuhi sama saja seperti sebelum pandemi. Namun, saat datang ke lokasi vaksin anak nanti akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu untuk menghentikan penularan covid-19. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Anak sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. Kemenkes. 2018. Berikan Anak Imunisasi Rutin Lengkap, Ini Rinciannya. 
  2. Kemenkes. 2020. Petunjuk Teknik Pelayanan Imunisasi Pada Masa Pandemi Covid-19.
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Anak sekarang!

Pesan Konsultasi