Mengenal Statin: Obat Penurun Kolesterol

23 Oct 2020 • Tips Kesehatan

Statin merupakan salah satu dari beberapa jenis obat penurun kolesterol. Popularitas statin semakin meningkat diantara obat-obat penurun kolesterol lainnya karena diasosiasikan dengan pengaruh langsung terhadap penurunan risiko penyakit kardiovaskuler.

Bagaimana statin bekerja?

Statin atau yang dikenal dengan sebutan lain inhibitor HMG CoA reduktase bekerja dengan menghambat sintesis dari LDL (kolesterol “jahat”) di hati.

Statin menjadi inhibitor kompetitif dari enzim HMG CoA reduktase yang berperan untuk mengubah HMG CoA menjadi mevalonate dalam proses sintesis kolesterol.

Akibat dari terhambatnya sintesis LDL di hati, reseptor LDL meningkat sehingga hati mengambil lebih banyak LDL yang terdapat dalam sirkulasi.

Selain mengurangi sintesis LDL, statin juga dapat menurunkan trigliserida atau lemak darah dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol “baik”).

Apa indikasi penggunaan statin?

Statin dapat menurunkan kadar LDL dalam darah. Kadar LDL yang tinggi dapat menyebabkan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah arteri.

Oleh sebab itu, statin umumnya direkomendasikan pada pasien terdiagnosis penyakit kardiovaskuler atau berpotensi memiliki penyakit kardiovaskuler dalam sepuluh tahun ke depan berdasarkan riwayat pengobatan personal ataupun keluarga.

Beberapa komponen yang dinilai, antara lain usia, jenis kelamin, tinggi dan berat badan, riwayat merokok, riwayat penyakit kardiovaskuler keluarga, tekanan darah, kadar kolesterol, dan penyakit kronis seeri diabetes dan penyakit ginjal kronis.

Sebagai informasi tambahan, beberapa studi mengungkapkan bahwa statin memiliki manfaat lain selain menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Statin diduga dapat mengurangi risiko kanker payudara, mencegah pembentukan batu empedu, memperlambat penurunan fungsi kognitif, dan mengurangi protein C reaktif yang merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit kardiovaskuler.

Apa yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi statin?

Statin diberikan dalam bentuk tablet yang dikonsumsi sehari sekali. Beberapa statin dapat dikonsumsi pada waktu kapanpun dalam sehari , namun terdapat jenis statin yang perlu dikonsumsi pada malam hari.

Konsultasikan pada dokter mengenai waktu konsumsi statin. Statin umumnya perlu dikonsumsi seumur hidup secara rutin untuk menghindari kadar kolesterol yang kembali meninggi.

Sama halnya dengan obat pada umumnya, statin juga memiliki beberapa efek samping. Efek samping yang paling umum dari konsumsi statin adalah permasalah otot dan toksisitas pada hati.

Untuk permasalah otot, pengonsumsi statin perlu melakukan pemeriksaan enzim kreatin kinase apabila terdapat keluhan nyeri otot.

Toksisitas statin pada hati perlu dimonitor secara berkala melalu pemeriksaan enzim hati, terutama apabila terdapat keluhan.

Pasien yang mengonsumsi statin perlu mengganti statin dengan obat penurun kolesterol lainnya apabila kadar enzim hati naik tiga kali dari batas normal.

Perlu diperhatikan bahwa statin sebaiknya dihindari oleh ibu hamil atau memiliki rencana hamil dan peminum alkohol berat serta pasien penyakit hati aktif.

Statin merupakan obat kolesterol yang efektif, namun tetap memiliki efek samping dan tidak bisa dikonsumsi oleh sembarang orang.

Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai perlu atau tidaknya konsumsi statin, kontraindikasi, dan efek samping dari statin.

Referensi:

  1. The status of statins [internet]. Harvard Health Publishing School: 2008 Feb [cited 2020 Jun 30]. Available from: https://www.health.harvard.edu/heart-health/the-status-of-statins
  2. Statins [internet]. United Kingdom: NHS. Available from: https://www.nhs.uk/conditions/statins/
  3. Sizar O, Khare S, Jamil RT, Talati R. Statin medications. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2020 Jan [cited 2020 Jun 30].
  4. Cholesterol medications [internet]. Heart Foundation; [updated 2018 Nov 10, cited 2020 Jun 30]. Available from: https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/prevention-and-treatment-of-high-cholesterol-hyperlipidemia/cholesterol-medications