Jangan Remehkan Manfaat Mendengarkan Musik Saat Olahraga

07 Sep 2020 • Lain-lain

Mendengarkan musik memang membuat olahraga lebih menyenangkan, tetapi sejumlah penelitian baru telah menemukan sejumlah manfaat mendengarkan musik yang dapat membantu selama berolahraga.

Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang didapatkan dari mendengarkan musik saat berolahraga:

Meningkatkan mood

Secara alami, musik meningkatkan dopamin, suatu neurotransmitter yang berfungsi dalam “reward system” otak. Mendengarkan musik selama berolahraga dapat menghasilkan dopamin sehingga menimbukan perasaan nyaman.

Pada saat yang sama, olahraga juga meningkatkan serotonin, neurotransmitter yang dapat menimbulkan perasaan senang. Di sisi lain, mendengarkan musik dapat mengubah proses berpikir dan menyebabkan perubahan perilaku.

Meningkatkan performa olahraga

Ketika mendengarkan lagu yang bersemangat, tubuh secara alami cenderung meningkatkan kecepatan untuk menyinkronkan gerakan kita dengan ketukan lagu dengan gerakan berirama yang berulang-ulang selama olahraga.

Menurut penelitian tahun 2006 yang melihat efek musik pada kecepatan treadmill mengungkapkan bahwa saat mendengarkan musik dengan tempo cepat, kecepatan dan jarak yang ditempuh meningkat tanpa diikuti peningkatan rasa lelah.

Studi tahun 2010 menyatakan bahwa musik dapat meningkatkan performa olahraga melalui dua cara, yakni dengan menunda kelelahan atau meningkatkan kapasitas kerja.

Menurut penelitian ini, efek musik berpengaruh pada tingkat daya tahan, produktivitas, dan kekuatan yang lebih tinggi.

Memudahkan olahraga

Musik membantu kita untuk mengalihkan rasa sakit sehingga menjadi lebih fokus pada sisi yang positif. Hal ini memiliki manfaat besar, yakni membuat kita merasa lebih termotivasi untuk berolahraga.

Meningkatkan efisiensi fisiologis

Pada dasarnya, musik membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi jumlah asupan oksigen yang diperlukan pada tingkat intensitas yang sama. Artinya tubuh kita dapat bekerja lebih keras tanpa peningkatan kebutuhan yang berarti.

Mengurangi stres dan kecemasan

Mendengarkan musik yang tepat selama olahraga dapat memberikan perasaan tenang dan rileks. Berdasarkan penelitian, mendengarkan musik juga dapat mengurangi tingkat stres.

Meningkatkan imunitas

Musik telah terbukti meningkatkan mood dan mengurangi stres yang memiliki efek positif pada imunitas. Semakin bagus imunitas tubuh, semakin kuat pertahanan tubuh kita terhadap penyakit, misalnya pilek. 

Memilih musik yang disukai dan sesuai dengan rutinitas olahraga dapat membantu memaksimalkan pengalaman olahraga.

Setiap orang memiliki kecepatan dan intensitas latihan ideal yang berbeda sehingga tempo musik yang sesuai juga berbeda. Dengan atau tanpa musik, secara keseluruhan olahraga sangat penting untuk kesehatan.

Referensi:

  1. Markell, J. Can listening to music improve your workout? [Internet]. Date unknown [cited 2020 Jul 25]. Available from: http://www.center4research.org/can-listening-music-improve-workout/#:~:text=Listening%20to%20music%20while%20exercising,have%20physical%20and%20psychological%20effects.
  2. Greer, M. 10 reasons you should always exercise with music [Internet]. Date unknown [cited 2020 Jul 25]. Available from: https://www.besthealthmag.ca/best-you/fitness/10-reasons-you-should-always-workout-with-music/
  3. Geall, L. The benefits of workout music: 4 ways that listening to music during exercise actually improves your workout [Internet]. Date unknown [cited 2020 Jul 25]. Available from: https://www.stylist.co.uk/fitness-health/workout-music-benefits-listening-to-music-during-exercise-boosts-mood-physical-performance/343235
  4. Terry PC, Karageorghis CI, Curran ML, Martin OV, Parsons-Smith RL. Effects of music in exercise and sport: A meta-analytic review. Psychol Bull. 2020