Bantuan
Free Tele x

Mari Mengenal Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Mari Mengenal Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Tahukah Anda wajib bagi perusahaan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerja? Setiap perusahaan wajib untuk melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja dalam kegiatan usahanya. Keselamatan dan kesehatan kerja memberikan perlindungan bagi tenaga kerja, yaitu dengan cara mencegah terjadinya kecelakaan dan sakit akibat kerja. 

Manfaat Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Adapun beberapa manfaat keselamatan dan kesehatan kerja yang perlu Anda ketahui, diantaranya: 

  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Manfaat keselamatan dan kesehatan kerja salah satunya adalah membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan pemberi kerja. Konsumen atau pembeli akan lebih percaya pada perusahaan yang melaksanakan aturan keselamatan dan kesehatan kerja di dalam lingkungan pekerjaannya, karena secara tidak langsung akan meyakinkan  konsumen terkait kualitas produk yang lebih baik, karena perusahaan memberikan jaminan bagi para pekerjanya. 

  1. Melindungi Tenaga Kerja

Manfaat keselamatan dan kesehatan kerja yang utama ialah untuk melindungi pekerja dari segala risiko pekerjaan yang ada. Setiap pekerjaan tentunya memiliki risiko, baik itu pekerjaan dengan kebutuhan fisik rendah hingga yang tinggi, pekerjaan yang dilakukan di dalam kantor maupun pekerjaan di luar kantor.

  1. Memberikan Pemahaman untuk Tenaga Kerja

Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja membantu memberikan pemahaman lebih terkait risiko pekerjaan yang bisa terjadi pada pekerja, dimana pengetahuan terhadap setiap risiko tersebut sering dikesampingkan. Dengan pemahaman seputar risiko kerja yang ada, tenaga kerja akan lebih berhati-hati dan menjaga dirinya sendiri dari risiko dan bahaya pekerjaan dengan tetap memperhatikan produktivitas kerjanya.

  1. Mematuhi Aturan Pemerintah

Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada perusahaan memiliki manfaat yang berhubungan dengan kebijakan pemerintahan yaitu dengan mematuhi aturan yang ada, sehingga perusahaan terbebas dari risiko pemberian sanksi dari pemerintah, karena menjalankan keselamatan kerja.

  1. Mengurangi Risiko Biaya yang Dikeluarkan

Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja bisa membantu mengurangi risiko biaya yang dikeluarkan akibat adanya pekerja yang mengalami risiko berbahaya dari pekerjaannya. Dengan mengurangi risiko kecelakaan kerja tersebut, maka perusahaan bisa lebih berhemat dalam pengeluaran anggarannya. Biaya yang dimaksud seperti biaya asuransi, biaya santunan, dan biaya lainnya yang diatur oleh undang-undang atau peraturan pemerintah.

  1. Memberi Citra Positif Pada Perusahaan

Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada perusahaan atau pemberi kerja akan memberikan citra positif yang bisa membantu perusahaan tersebut menjalani aktivitas bisnisnya. Dengan adanya citra positif tersebut maka segala gangguan terhadap perusahaan dari lingkungan eksternal bisa terhindarkan atau berkurang risikonya.

  1. Peningkatan Hubungan Kerja dan Moral Staf

Manfaat keselamatan dan kesehatan kerja terakhir yaitu untuk meningkatkan kepuasan karyawan dan membantu meningkatkan hubungan kerja dan moral staf. Tanpa budaya keselamatan dan kesehatan kerja yang baik, karyawan atau tenaga kerja bisa membahayakan keselamatannya atau keselamatan tenaga kerja lainya.

Baca Juga: Mengenal Asuransi Kesehatan dan Urgensinya

Alasan Penting Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Itulah beberapa manfaat keselamatan dan kesehatan kerja yang perlu Anda ketahui. Setelah Anda mengetahui manfaat keselamatan dan kesehatan kerja di atas, berikut ada beberapa alasan penting menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja yang perlu Anda ketahui, diantaranya: 

  1. Alasan Kemanusiaan

Perusahaan wajib melindungi keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerjanya atas dasar kemanusiaan, karena keselamatan kerja merupakan hak yang harus didapatkan oleh tenaga kerja. Keselamatan dan kesehatan kerja penting diterapkan untuk mengurangi rasa sakit atau luka yang timbul akibat pekerjaan, baik yang diderita karyawan atau yang memengaruhi keluarganya.

  1. Alasan Ekonomi

Jika tenaga kerja mengalami kecelakaan kerja, maka perusahaan akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempraktikkan keselamatan dan kesehatan kerja untuk mencegah terjadinya kecelakaan dalam kegiatan usahanya, sehingga menghindari terjadinya pengeluaran besar atau bahkan kerugian.

  1. Mematuhi Peraturan Perundang-Undangan

Keselamatan dan kesehatan kerja memiliki payung hukum yang mencakup keselamatan dan kesehatan kerja dalam kegiatan usaha, baik dalam undang-undang, peraturan menteri, peraturan pemerintah, keputusan menteri, instruksi menteri, hingga surat edaran. Sehingga bagi perusahaan yang tidak menjalankan berbagai peraturan tersebut akan mendapatkan sanksi.

Itulah beberapa manfaat menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja dan alasan pentingnya, yang perlu Anda ketahui. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki pemahaman yang baik tentang keselamatan dan kesehatan kerja agar Anda bisa bekerja dengan aman. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Itu Asuransi? Mari Cari Tahu Seluk Beluknya

 

Sumber: 

1. 10 Benefits of Occupational Health and Safety Management Systems.

2. 3 reasons why occupational safety and health is important for companies. (2015).

Tag :
Bagikan artikel ini