Bantuan

Apa Saja Tanaman Herbal Yang Dapat Mencegah COVID-19? Cari Tahu Faktanya Disini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 05 Jul 2021

Bagikan

Apa Saja Tanaman Herbal Yang Dapat Mencegah COVID-19? Cari Tahu Faktanya Disini!

Apa saja tanaman herbal yang dapat mencegahCOVID-19? Mungkin banyak dari Anda yang bertanya tentang hal ini. Banyak beritaseputar makanan, buah, sampai tanaman herbal yang diklaim dapat mencegahCOVID-19. COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh jenis virus Coronabaru yaitu Sars-CoV-2. Dilaporkan bahwa pertama kali di Wuhan, Tiongkok padatanggal 31 Desember 2019. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala gangguan pernapasanakut seperti demam, sesak napas, nyeri otot, diare, dan lemas. PenderitaCOVID-19 yang parah dapat menimbulkan gagal ginjal, pneumonia, sindromapernapasan akut, bahkan kematian.


Penyakit ini tidak bisa dianggap remeh, karenadapat menular dari manusia ke manusia melalui kontak erat dan droplet ataupercikan cairan pada saat bersih dan batuk, tidak melalui udara. Gejala yangdirasakan pada setiap orang pun dikatakan dapat berbeda-beda, mulai dari tidakada gejala, gejala ringan sampai gejala berat. Jika seseorang mengalami gejalaringan, maka diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari,terhitung dari hari tes positif. Sedangkan jika mengalami gejala berat,diwajibkan untuk isolasi di rumah sakit yang mendukung.


Harus menjaga jarak dengan keluarga dan dapatmengakibatkan komplikasi, tentu saja membuat kita ingin menghindari COVID-19.Sehingga mulai timbul pertanyaan apa saja tanaman herbal yang dapat mencegahCovid 19? Tanaman herbal ialah tanaman yang dimanfaatkan, mencegah dan menyembuhkanpenyakit, yang sudah banyak digunakan sejak jaman dahulu. Di Indonesia masihbanyak masyarakat yang meyakini dengan mengonsumsi tanaman herbal dapatmeningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas.


Dimana daya tahan tubuh jugasangat berperan penting untuk mencegah virus Corona masuk dalam tubuh. Lalu apasaja tanaman herbal yang dapat mencegah Covid 19? Berikut ini daftar tanamanherbal yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah infeksivirus Corona:

  1. Bawang putih, tanaman ini telah dikenalmemiliki banyak keunggulan, seperti meregulasi aliran darah, menjagakesehatan dengan cara meregulasi hormon, dan dapat meningkatkan kekebalantubuh secara mengesankan. Tanaman herbal bernama latin Allium sativum inimengandung allicin, yang merupakan komponen kuat yang dapat menghancurkanbakteri dan infeksi.
  2. Pegangan, mungkin Anda masih merasa asingdengan tanaman herbal satu ini. Pegangan merupakan tanaman tradisionalyang memiliki manfaat imunomodulator pada penyakit yang membutuhkanpertahanan sistem imun seluler maupun humoral. Imunomodulator adalah obatyang bisa memodifikasi respons imun dan menstimulasi mekanisme pertahananalamiah. Adanya kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticosidedapat mempercepat perbaikan sel-sel kulit serta meningkatkan daya tahantubuh non spesisifik.
  3. Temulawak, jika bertanya apa saja tanamanherbal yang dapat mencegah Covid 19, yang mana dapat meningkatkan dayatahan tubuh. Maka, sudah seharusnya menyebutkan temulawak. Tanaman herbalini sudah sangat dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitastubuh. Beberapa kandungan yang dimiliki temulawak adalah seperti minyakatsiri, kamfer, glikosida, kurkuminoid, minyak menguap, dan foluymetikkarbinol. Kandungan kurkuminoid sendiri bermanfaat untuk menetralkanracun, antibakteri, menetralkan racun, antioksidan, dan mencegah pelemakandalam sel-sel hati.
  4. Kunyit, merupakan salah satu tanaman yangharus masuk dalam daftar apa saja tanaman herbal yang dapat mencegah Covid19. Hal ini bukan tanpa alasan, tanaman yang memiliki nama latin Curcumadomestica Val ini mengandung zat aktif yang khas. Zat tersebut adalahcurcuminoide dan ukanon jenis A, B, C, dan D, dimana berfungsi untukmerangsang daya tahan tubuh. Kunyit juga sangat mudah ditemukan karenasering dijadikan sebagai bumbu masakan.
  5. Temu mangga, tanaman ini memiliki aktivitasfagositosis terkuat dibandingkan empon lainnya, yang mana dikenal untukmeningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, temu mangga juga bermanfaatuntuk mengatasi diare, penghilang nyeri haid, mengobati jerawat, obatmaag, dan bisul.


Tanaman-tanaman diatas telah teruji secaraklinis dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tanaman herbal yang telahdisebutkan, memiliki manfaat sebagai imunomodulator sehingga baik dikonsumsisaat ini untuk mencegah infeksi virus Corona.

Cukup sekian informasi dari tim aido, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Obat Herbal Corona Yang Dapat Anda Konsumsi Untuk Mencegah Covid 19


Referensi :

  • http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2020/04/23/21/hindari-lansia-dari-covid-19.html 
  • https://health.com/read/2020/04/18/115800268/6-jenis-tanaman-herbal-untuk-cegah-infeksi-virus-corona?page=all  
Bagikan artikel ini