Ini Cara Mengobati Luka Memar Yang Penting Untuk Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Dec 2021

Bagikan

Ini Cara Mengobati Luka Memar Yang Penting Untuk Diketahui

Apakah Anda tahu bagaimana cara mengobati luka memar? Memar sering terjadi ketika tubuh mengalami benturan dengan benda yang keras. Memar itu sendiri merupakan darah yang terperangkap di bawah kulit karena rusaknya pembuluh darah. Darah tersebut akan diserap kembali oleh tubuh namun meninggalkan bebas yang berwarna kebiru-biruan atau ungu pada permukaan kulit. Agar dapat menghilangkan memar ini, Anda bisa melakukan cara mengobati luka memar berikut ini.  

  1. Memposisikan Area Memar Lebih Tinggi

Cara mengobati luka memar yang pertama yaitu memosisikan area yang memar di posisi yang lebih tinggi dari dada. Sebagai contoh, Apabila memar terjadi pada kaki, maka Anda perlu memposisikan tubuh dalam posisi tidur kemudian menyanggah kaki menggunakan bantal. Cara yang satu ini dapat membantu meredakan rasa sakit dan juga mengeluarkan cairan yang berada di are memar sehingga mempercepat proses penyembuhan. 

  1. Mengompres Area Memar Dengan Es

Cara mengobati luka memar yang selanjutnya yaitu dengan mengompres memar menggunakan es. Cara yang satu ini dapat mendinginkan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi darah yang bocor dan terperangkap di jaringan sekitarnya. Selain itu, mengompres memar menggunakan es dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi. Anda bisa menggunakan cara ini dengan membalut es batu menggunakan kain lalu letakkan di area memar selama 10 menit. 

  1. Mengompres Area Memar Dengan Air Hangat

Selain mengompres memar menggunakan es, Anda juga bisa mengompres memar menggunakan air hangat. Mengompres memar menggunakan air hangat dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah sehingga dapat membersihkan darah yang terperangkap. Selain itu, mengompres memar menggunakan air hangat juga dapat melonggarkan otot yang tegang dan merasakan rasa sakit. Anda bisa menggunakan cara ini apabila memar telah berlangsung selama 2 hari.

Baca Juga: Atasi Keseleo dengan Pijat, Tepatkah?

  1. Mengoleskan Arnica Topikal

Cara mengobati luka memar yang selanjutnya yaitu dengan mengoleskan arnica topikal pada area memar. Arnica itu sendiri merupakan obat herbal yang dapat meredakan nyeri dan juga memar. Di dalam obat herbal ini terdapat kandungan senyawa yang memiliki sifat anti radang sehingga mampu mengatasi memar. Arnica topika ini tersedia dalam bentuk gel dan juga salep. Ketika Anda memiliki produk arnica, pastikan produk tersebut mengandung 20% arnica dan ikuti petunjuk penggunaannya. 

  1. Menggunakan Perban

Ternyata salah satu cara mengobati luka memar yaitu dengan cara di perban. Hal ini mungkin sudah sering Anda lihat pada para atlet yang mengalami cedera kemudian di perban. Penggunaan perban elastis merupakan salah satu cara mengobati memar karena dapat meredakan keparahannya dan juga membantu mengurangi rasa sakit. Oleh karena itu, apabila Anda mengalami memar, cobalah untuk diperban menggunakan perban elastis.

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Cara  mengobati luka memar yang selanjutnya yaitu dengan mengoleskan lidah buaya pada luka memar. Hal ini karena, lidah buaya dipercaya dapat mengurangi rasa sakit. Anda bisa menemukan berbagai produk gel lidah buaya yang dijual bebas. Namun, Anda perlu memastikan produk tersebut menggunakan lidah buaya murni. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan petunjuk penggunaan agar tidak keliru. 

  1. Menggunakan Vitamin C

Anda juga bisa mengobati luka memar dengan cara mengaplikasikan vitamin C pada luka memar. Hal ini karena, vitamin C memiliki sifat anti radang, sehingga dapat menyembuhkan luka. Vitamin C ini tersedia dalam banyak jenis, mulai dari gel, krim hingga serum. Bahkan, Anda juga bisa menemukan vitamin C dalam bentuk suplemen yang dapat dikonsumsi. Selain itu, vitamin C juga bisa Anda dapatkan dari berbagai sayuran dan buah.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C bagi Imunitas Tubuh

  1. Menggunakan Vitamin K

Selain vitamin C, Anda juga bisa menggunakan vitamin K untuk mengobati luka memar. Dalam sebuah studi, menunjukkan bahwa krim vitamin K terbukti mampu mengurangi keparahan memar. Oleh karena itu, Anda bisa mengoleskan krim vitamin K pada area memar sebanyak 2 kali setiap harinya. 

Itulah beberapa cara mengobati luka memar yang dapat Anda lakukan dirumah. Apabila memar tidak segera hilang atau semakin memburuk, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

1. Berry, Jennifer. How to get rid of a bruise: Home remedies. (2017).

2. Cronkleton, Emily. 10 Ways to Get Rid of Bruises. (2017).

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi