Perbedaan Variasi Titik Refleksi Kaki Kanan Dan Kiri

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Perbedaan Variasi Titik Refleksi Kaki Kanan Dan Kiri

Titik refleksi kaki kanan atau kiri menjadi seperti peta, yakni gambaran semua organ pada bagian kaki. Refleksi kaki itu sendiri menjadi salah satu pengobatan tradisional yang berasal dari Cina, yang diyakini dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Metode ini dilakukan dengan cara memijat beberapa bagian dari titik penting di kaki.

Refleksi kaki menjadi sebuah metode dimana titik refleksi kaki dipijat, yang mana terapis percaya bahwa titik refleksi kaki kanan atau kiri ini berhubungan dengan anggota atau organ tubuh tertentu.

Walaupun, efektivitas dari pijat refleksi ini belum diketahui dengan pasti, namun refleksi kaki diyakini bisa memberikan manfaat tertentu, yang mana biasa disebut sebagai Chi. Beberapa kondisi tertentu seperti sembelit, mual, insomnia, dan cemas dipercaya dapat teratasi dengan dilakukannya pijat pada titik refleksi ini. 

Variasi Titik Refleksi Kaki Kanan dan Kiri

Anda perlu tahu bahwa ternyata variasi dari refleksi kaki kanan ataupun kiri berbeda. Mungkin jika dilihat sekilas, titik refleksi kaki kanan dan kiri terlihat sama, atau letak organnya pun dapat serupa. Namun, beberapa gambaran dapat menunjukkan organ lebih detail lagi pada kaki.

Terdapat beberapa titik refleksi kaki kanan ataupun kaki kiri yang dapat dipijat. Hal ini untuk memperoleh manfaat yang terasa pada tubuh Anda. Misalnya seperti sela jari kaki, sisi kaki diatas tumit, tumit kaki, sampai pergelangan kaki bagian belakang dan depan.

Baca Juga: Efektifkah Pengobatan Akupuntur Titik Refleksi Kaki Untuk Asam Lambung? 

Ketika badan terasa tidak nyaman atau pegal, maka pijat di titik refleksi kaki kanan dan kiri menjadi salah satu cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan. Teknik pijat refleksi ini sebenarnya hampir sama dengan teknik akupuntur, maka dari itu pengobatan tradisional satu ini banyak memiliki peminat. Di bawah ini merupakan beberapa titik refleksi kaki kanan dan kiri yang dapat Anda lakukan, serta manfaatnya untuk tubuh:

  • Bagian Punggung Atas Kaki

Diketahui dengan melakukan refleksi kaki di bagian kaki ini, akan membuat tubuh terasa lebih rileks dan nyaman.

  • Bagian Pergelangan Kaki Belakang

Titik refleksi kaki kanan atau kiri, tepatnya pada pergelangan kaki belakang ini akan membantu mengurangi tekanan di bagian tendon achilles. Ini merupakan tendon atau urat, yang mana menghubungkan otot betis ke tumit. 

  • Bagian Sisi Kaki Di Atas Tumit

Bagian sisi kaki diatas tumit ini dapat menjadi titik refleksi, yang digunakan dalam mengatasi pegal dan tidak nyaman di area pinggul. 

  • Bagian Jempol Kaki

Apabila Anda mendadak mengalami sakit kepala, maka Anda dapat mencoba melakukan refleksi kaki. Anda juga dapat memijat dan menekan lembut di bagian jempol kaki. Ini merupakan cara yang dianggap cukup efektif, selain mengonsumsi obat dan beristirahat. Titik refleksi kaki kanan atau kiri pada bagian jempol, diyakini efektif juga untuk atasi kram dan tegang pada kaki.

  • Bagian Tumit Kaki

Jika Anda mengalami pegal-pegal pada area betis, maka pijat refleksi kaki di bagian tumit dapat dilakukan. Tak hanya itu, pijatan di bagian tumit kaki ini akan membuat kaki Anda menjadi lebih rileks. Umumnya, terapis akan fokus pada titik refleksi kaki kanan atau kiri, dengan menekan area tumit menggunakan ibu jari. 

  • Bagian Sela Jari Kaki

Bagian sela jari kaki ini menjadi salah satu titik refleksi kaki yang sering atau umum dilakukan. Dengan memijat bagian sela jari kaki, akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan pada area punggung belakang, dada, serta paru-paru. 

  • Bagian Jari Kaki

Baik titik refleksi kaki kanan ataupun kiri, bagian jari kaki menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan. Memijat bagian jari kaki ini akan membantu menghilangkan rasa tidak nyaman dan rasa pegal di area betis. Bukan hanya itu, pemijatan di jari kaki juga akan meningkatkan fleksibilitas kaki dalam bergerak. Sesudah jari kaki dipijat, kemudian genggam semua jari kaki serta lakukan gerakan memutar dengan perlahan. Anda dapat melakukan pijatan ini secara berulang. 

Itulah tadi bagaimana variasi serta manfaat pijat titik refleksi kaki kanan dan kiri yang bisa Anda peroleh. Anda sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter, sebelum melakukan pijat refleksi ini.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Amankah Melakukan Pijat Di Titik Refleksi Kaki Untuk Asam Urat?

 

Referensi:

1. WebMD

2. Healthline

3. Medical News Today

4. Massage Techniques and Benefits

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi