Bantuan
Free Tele x

Heboh Di Kalangan Wanita, Apa Sebenarnya Manfaat Minuman Collagen?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Jan 2022

Bagikan

Heboh Di Kalangan Wanita, Apa Sebenarnya Manfaat Minuman Collagen?

Beberapa waktu yang lalu, minuman collagen sangatlah populer terutama dikalangan para wanita. Dipercaya dengan mengonsumsi minuman collagen ini, maka akan menjaga collagen dalam tubuh. Mengingat, collagen  dalam tubuh memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga  kekenyalan kulit dan menggantikan sel-sel kulit mati. 

Namun, apakah minuman collagen ini memiliki efek yang sama seperti collagen yang ada dalam tubuh? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasannya di bawah ini. 

Baca Juga: Lapisan Kulit Manusia: Memahami Struktur dan Fungsi Dari Kulit

Manfaat Collagen

Pada dasarnya, collagen merupakan protein alami yang diproduksi oleh tubuh. Protein ini sangatlah berperan penting dalam kulit dan rambut. Namun, dengan semakin bertambahnya usia maka produksi collagen ini akan semakin berkurang. Jadi wajar saja, minuman collagen banyak dicari untuk memenuhi kebutuhan collagen dalam kulit. Berikut ini ada beberapa manfaat collagen bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. 

  1. Mengurangi selulit

Selulit membuat kulit terlihat seperti bergelombang dengan tekstur yang tidak rata. Hal ini terjadi karena jaringan lemak yang mendesak ke bagian atas hingga menembus serat dan lapisan teratas kulit. Dalam hal ini, collagen berperan dalam mempercepat perbaikan dan regenerasi sel-sel kulit yang rusak. Jadi, dapat  disimpulkan bahwa collagen berfungsi untuk mengurangi selulit. 

  1. Menyembuhkan luka dan cedera

Collagen juga bermanfaat dalam penyembuhan luka dan cedera. Hal ini karena, collagen akan membangun kembali jaringan ikat yang mendukung perkembangan kulit, otot, hingga persendian. Tidak hanya itu, collagen juga dapat memperkuat struktur tulang dan urat.

  1. Mengurangi keriput

Seperti disebutkan sebelumnya, bertambahnya usia seseorang akan membuat jumlah collagen dalam tubuh akan semakin berkurang. Kondisi ini akan menyebabkan kulit mulai menampakkan garis-garis halus atau keriput pada bagian yang paling  sering bergerak. Oleh karena itu, collagen menjadi penting untuk  mencegah penuaan. 

Baca Juga: Mengenal Berbagai Manfaat Collagen Untuk Kulit

  1. Menjaga kekuatan rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit, collagen  juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan rambut. Hal ini karena, terdapat beberapa jenis asam amino yang membentuk collagen ternyata membentuk keratin. Keratin itu sendiri merupakan protein yang membentuk rambut.

  1. Meratakan warna kulit

Manfaat collagen dalam tubuh yang selanjutnya yaitu untuk meratakan warna kulit. Hal ini berkat kandungan asam amino dalam collagen. Kandungan asam amino tersebut akan menjaga lapisan epidermis agar tetap halus dan cerah serta sehat. 

Baca Juga: Eksfoliasi Adalah Rutinitas Penting Angkat Sel Kulit Mati, Ini Cara Melakukannya

Apakah Minuman Collagen Efektif?

Lalu apakah minuman collagen efektif untuk menggantikan collagen yang berkurang akibat bertambahnya umur? Jika dibandingkan dengan collagen alami dalam tubuh, minuman collagen ini masih belum sebanding. Pasalnya, minuman kolagen ini akan  melewati saluran pencernaan. Dalam saluran pencernaan ini terdapat beberapa enzim yang akan memecah dan mengacaukan kandungan kolagen, sehingga tidak dapat terserap sempurna dalam tubuh.  

Namun, jika Anda benar-benar membutuhkan asupan collagen, maka minuman ini bisa jadi alternatifnya. Namun, diperlukan usaha yang ekstra seperti berhenti dari kebiasaan buruk seperti merokok dan minuman alkohol. Selain itu, Anda juga perlu rajin menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah untuk melindungi kulit. 

Namun, yang menentukan apakah Anda membutuhkan asupan collagen atau tidak, bukanlah diri sendiri melainkan dokter. Jadi, sangat-sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan mengonsumsi minuman suplemen collagen

Efek Samping Minuman Collagen

Sama halnya dengan suplemen dan  obat-obatan lainnya, minuman collagen ini juga memiliki beberapa efek samping. Namun apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan oleh collagen ini? Berikut penjelasan mengenai efek samping minuman collagen

  • Hiperkalsemia: Efek samping pertama yaitu kadar kalsium tinggi atau hiperkalsemia. Jika kalsium dalam tubuh terlalu banyak, maka menyebabkan mual, muntah, dan nyeri tulang. 

  • Bau mulut: efek samping selanjutnya yaitu bau mulut. Kondisi ini terjadi pada minuman collagen yang terbuat dari sumber laut.  

Demikianlah informasi mengenai seluk beluk minuman collagen. Apabila Anda tidak ingin mengonsumsi minuman collagen, maka Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan alami yang dapat merangsang produksi collagen dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung  vitamin A, vitamin C, dan protein. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Wong, Michelle. 2017. Is Drinking Collagen the Key to Making Your Skin Forever Young?. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/drinking-collagen
  2. Lorencz, Kalsey. 2021. 3 Possible Side Effects of Collagen Supplements You Should Know Abouthttps://www.livestrong.com/article/325664-side-effects-of-taking-collagen-supplements/
  3. Hazelden, Barbara. 2019. Are Collagen Supplements Safe? https://www.livestrong.com/article/477897-are-collagen-supplements-safe/
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami