Bantuan

Murah dan Mudah untuk Dibuat, Berikut Ini Lulur Alami untuk Memutihkan Kulit

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Mar 2022

Bagikan

lulur alami

Tak perlu ribet, ini lulur alami untuk memutihkan kulit Anda. Upaya Anda untuk menjaga kesehatan kulit bisa dilakukan dengan bahan alami. Tidak perlu menggunakan produk mahal atau perawatan mahal untuk mendapatkan kulit putih dan sehat alami. Tentu cara ini lebih mudah dan murah daripada Anda harus melakukan perawatan di salon kecantikan. Tak hanya itu, bahan alami ini juga akan menjauhkan Anda dari efek samping berbahaya yang mungkin ada pada produk tersebut. Banyak cara memutihkan kulit dengan bahan alami yang bisa Anda lakukan. Anda juga dapat memilih bahan alami yang cocok dengan kulit Anda.

Bahan alami untuk lulur alami untuk memutihkan kulit Anda

Kandungan yang ada pada bahan alami tentu sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Jadi, Anda tidak hanya mendapatkan warna kulit putih, namun juga kulit yang sehat. Di bawah ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan:

  1. Bengkoang

Sudah lama digunakan guna merawat kulit, bengkoang memiliki kandungan vitamin B Dan juga C. Kedua kandungan ini, memiliki peran dalam menjaga dan memutihkan kulit, juga agar kulit Anda bersih dan bersinar. Kandungan vitamin C juga bisa meningkatkan sel kulit untuk regenerasi. 

  1. Kentang

Tak hanya menjadi sumber karbohidrat, kentang juga memiliki peran sebagai antibiotik alami. Ini karena kentang mengandung mineral, yang juga bisa berfungsi untuk penuaan kulit, mencerahkan kulit, dan membantu regenerasi kulit dengan alami. 

  1. Stroberi

Buah stroberi cocok untuk Anda gunakan lulur guna memutihkan kulit. Ini karena kandungan asam alpha hydroxyl yang ada pada stroberi. Kandungan ini bisa menghilangkan sel kulit mati dan juga memberi jalan masuk untuk sel-sel kulit baru. Satu lagi kandungan yang ada pada stroberi adalah ellagic, yang mana berguna untuk menghilangkan flek hitam, serta mencerahkan kulit dengan cara alami. 

  1. Pepaya

Buah satu ini juga bisa Anda gunakan untuk memutihkan kulit. Dimana enzim papain pada pepaya bermanfaat untuk regenerasi kulit. Kandungan A, C, dan E pada pepaya juga berfungsi untuk anti oksidan, yang mana bantu menutrisi dan juga melembabkan kulit Anda. Beberapa kandungan itulah yang membuat pepaya baik digunakan untuk lulur alami untuk memutihkan kulit Anda.

  1. Minyak zaitun

Salah satu minyak esensial yang bisa Anda gunakan, yakni minyak zaitun. Minyak zaitun baik untuk kulit, ini karena kandungan zat linoleic acid yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar air pada kulit. Ada juga kandungan antioksidan, yang mana melindungi sel-sel kulit Anda dari kerusakan. Kandungan antioksidan ini adalah seperti polifenol. 

  1. Air beras

Jangan langsung buang air yang sudah terpakai untuk mencuci beras, karena bisa dijadikan sebagai lulur alami untuk memutihkan kulit Anda. Adanya kandungan asam ferullic dan juga allantoin menjadi alasannya. Kedua kandungan ini bisa melindungi kulit Anda. Tentunya juga bisa memutihkan kulit badan Anda dengan alami. 

  1. Tomat

Mengandung lycopine, tomat baik untuk kulit Anda. Lycopine itu sendiri adalah senyawa antioksidan yang mana ampuh untuk menangkal radikal bebas. Kandungan lycopine inilah yang membuat tomat cocok untuk mencerahkan dan memutihkan kulit Anda. 

  1. Mentimun

Bukan hanya menjadi makanan untuk dikonsumsi saja, mentimun juga baik untuk kesehatan kulit Anda. Memiliki kandungan vitamin dan mineral membuat mentimun baik untuk kulit, yang mana bantu membersihkan dan mencerahkan kulit Anda dengan alami. Disebutkan bahwa mentimun juga bisa menghambat pigmentasi kulit. 

  1. Lidah buaya

Mengandung aloesin yang merupakan penghambat pembentukan melanin di kulit. Ada juga kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan anti radang. Dimana semua kandungan ini sangatlah baik untuk menjaga warna kulit Anda tetap putih dan selalu cerah. 

Madu

Bahan alami satu ini memiliki manfaat sebagai pencerah dan juga pelembab kulit Anda. Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada madu juga ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. Sedangkan, sifat bioaktif pada madu baik untuk mengatasi kusam, kulit kasar, keriput, dan berkerut. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mudah dan Anti Ribet! Tips Memilih Skincare untuk Semua Jenis Kulit

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Liputan 6

Kesehatan kontan

Kata data

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang