Bantuan

Mengenal Berbagai Manfaat Collagen Untuk Kulit

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Mengenal Berbagai Manfaat Collagen Untuk Kulit

Manfaat collagen untuk kulit biasanya banyak dicari dalam produk kecantikan, yang berguna untuk mengencangkan kulit, karena collagen merupakan serat protein yang bisa merekatkan dan menghubungkan bagian tubuh. Tahukah Anda bahwa tubuh manusia membutuhkan collagen cukup besar, bahkan hingga mencapai sekitar 30 persen dari total protein tubuh? Akibatnya, jika tubuh Anda kekurangan collagen, kekuatan jaringan tubuh akan menurun dan kesehatan pun terganggu.

Apa itu Collagen?

Sebelum Anda mengenal manfaat collagen, perlu Anda ketahui apa itu collagen, dan dari mana saja Anda bisa mendapatkan collagen? Istilah collagen berasal dari bahasa Yunani, yaitu serapan dari kata ‘kolla’ yang berarti lem. Hal ini dikarenakan cara kerja collagen seperti lem yang memiliki kemampuan merekatkan. 

Selain dalam produk kecantikan, Anda juga bisa mendapatkan collagen dari berbagai sumber makanan, diantaranya: 

  1. Telur 

Salah satu makanan yang bisa menjadi sumber collagen untuk Anda ialah telur, karena kuning telur mengandung banyak collagen. Kuning telur ini, bisa Anda konsumsi dengan cara dikukus, ataupun digoreng tanpa mengaduk telurnya terlebih dahulu. Sedangkan putih telurnya mengandung banyak asam amino yang bisa membantu produksi collagen dalam tubuh.

  1. Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang bisa Anda konsumsi sebagai sumber collagen. Selain mengandung vitamin C, tomat juga mengandung antioksidan likopen yang bisa melindungi kulit dari kerusakan collagen, akibat paparan sinar matahari. Anda bisa menjadikan tomat sebagai campuran salad atau mencampurnya dengan sayuran lain.

  1. Sayuran berdaun gelap

Sayuran berdaun hijau gelap bisa memberikan nutrisi bagi tubuh Anda, terutama vitamin C. Sayuran berdaun hijau gelap ini memiliki klorofil yang bisa membantu meningkatkan jumlah prokolagen di dalam tubuh. Beberapa jenis sayuran berdaun gelap yang bisa Anda konsumsi, misalnya kangkung, bayam dan sawi hijau. 

  1. Ikan

Tidak kalah penting dengan makanan lainnya, Ikan juga merupakan asupan makanan yang kaya akan asam amino yang bermanfaat untuk proses produksi collagen. Anda bisa mendapatkan manfaat collagen dengan maksimal dari kulit ikan, karena kulit ikan mengandung collagen tipe 1.

  1. Kaldu Tulang

Kaldu tulang kaya akan collagen karena terbuat dari rebusan tulang dan jaringan ikat yang penyusunnya terdiri dari kalsium, kondroitin, fosfor ,dan asam amino. Agar kaldu tulang Anda memiliki kualitas tinggi, sebaiknya Anda membuatnya sendiri dari bahan yang Anda beli sendiri.


Baca Juga: Wajib Tahu! 7 Manfaat Air Mawar untuk Kulit Wajah


Manfaat Collagen intuk Kulit 

Sumber collagen dari makanan di atas bisa Anda coba untuk mempercantik kulit dan mempertahankan kulit Anda tetap kencang. Dengan mengonsumsi beberapa makanan di atas secara teratur dan benar, Anda bisa merasakan manfaat collagen untuk kulit Anda dengan maksimal. Sebelumnya tahukah Anda apa saja manfaat collagen untuk kulit? Berikut di antaranya:

  1. Menyembuhkan luka pada kulit

Kandungan collagen bisa membantu proses penyembuhan pada kulit Anda yang terluka. Collagen membuat kulit yang terluka tetap steril dan mencegah terjadi infeksi luka lebih lanjut dan membantu mempercepat pembentukan jaringan ikat dan pembuluh darah mikroskopis yang terbentuk pada permukaan luka selama proses penyembuhan.

  1. Hidrasi kulit

Berdasarkan beberapa penelitian, perempuan yang mengonsumsi collagen selama 12 minggu akan mengalami peningkatan hidrasi kulit dan collagen juga mampu menstimulasi tubuh memproduksi collagen sendiri. Peningkatan hidrasi kulit ini, diikuti dengan berkurangnya kerutan pada kelompok kontrol. 

  1. Memperlambat Penuaan

Collagen merupakan komponen utama pada kulit. Collagen bermanfaat untuk memperkuat kulit, menghidrasi. dan memberikan elastisitas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peptida collagen bisa membantu memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi keriput dan kekeringan. Seorang perempuan yang mengonsumsi collagen selama 8 minggu, terbukti mengalami lebih sedikit kekeringan dan peningkatan elastisitas yang signifikan dibanding dengan mereka yang tidak mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung collagen

  1. Mengurangi Selulit

Selulit merupakan suatu kondisi kulit bergelombang dengan lesung-lesung kecil seperti kulit jeruk yang biasanya muncul pada bagian perut, paha, pinggul, dan bokong. Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita dari pada laki-laki. Mengonsumsi collagen bisa membantu mengurangi selulit. 

Manfaat collagen di atas bisa Anda rasakan dengan menjaga pola hidup sehat, pola makan yang tepat, dan menggunakan produk kecantikan atau makanan yang mengandung collagen alami. Perawatan kulit dengan collagen bisa menjaga kesehatan kulit Anda senantiasa terjaga.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber: 

Elliot, Brianna. Top 6 Benefits of Taking Collagen Supplements. 2020. 

Acharya, Aishwarya. All You Need To Know About Collagen And Its Benefits For Skin. 2020.

Bagikan artikel ini