Bantuan

Rekomendasi Urutan Skincare Pagi untuk Kulit Berjerawat

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Mar 2022

Bagikan

urutan skincare pagi

Tahukah Anda bahwa urutan skincare pagi untuk kulit berjerawat menjadi sangat penting? Munculnya jerawat tentu akan membuat tidak nyaman, bahkan jerawat kecil sekalipun. Rangkaian skincare di pagi hari sangat memengaruhi kondisi kesehatan kulit wajah Anda. Apalagi jika kulit wajah Anda memiliki tipe berjerawat, menjadi sebuah tantangan. Jika salah langkah saja dapat memperparah kondisi kulit wajah Anda, misalnya kulit menjadi kering, gatal, kemerahan, bahkan terasa terbakar. 

Jika Anda memiliki kulit wajah yang berjerawat, maka disarankan untuk mencari tahu terlebih dulu apa penyebabnya. Selain itu, Anda juga dapat menghindari hal-hal yang menjadi penyebab kulit berjerawat. 

Urutan Skincare Pagi untuk Kulit Berjerawat

Dibawah ini adalah urutan skincare pagi untuk kulit berjerawat yang kami sarankan untuk Anda. 

  1. Bersihkan wajah

Pertama dari urutan skincare pagi untuk kulit berjerawat, yakni mencuci wajah menggunakan sabun pembersih wajah khusus. Langkah ini memiliki tujuan agar minyak dan kotoran yang menumpuk semalaman dapat hilang. Bila kulit wajah Anda telah bersih, maka produk skincare selanjutnya akan mudah meresap dan menempel ke dalam kulit. 

  1. Toner wajah

Penggunaan toner wajah untuk kulit wajah adalah guna mengangkat sisa minyak berlebihan dan kotoran. Bukan hanya itu, toner wajah juga memiliki fungsi dalam mengembalikan pH kulit yang hilang ketika Anda mencuci muka sebelumnya. Urutan skincare satu ini juga akan membantu kulit untuk menjadi lebih siap menggunakan produk skincare selanjutnya. Untuk Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat, pengunaan toner yang tepat dapat bantu mengempiskan jerawat, meredakan peradangan, kemudian cegah munculnya jerawat baru. 

  1. Serum wajah

Penggunaan serum wajah diyakini lebih efektif untuk meresap ke dalam kulit, bila dibandingkan dengan krim wajah atau pelembab. Serum wajah itu sendiri merupakan cairan yang mana memiliki tekstur sangat ringan dengan kandungan konsentrasi yang tinggi pada zat aktifnya. Sangat disarankan jika Anda ingin menggunakan serum wajah, maka oleskan pada kulit wajah yang benar-benar sudah bersih. Apabila serum sudah benar meresap ke dalam kulit wajah, maka Anda dapat melanjutkan ke urutan skincare pagi untuk kulit berjerawat yang selanjutnya. 

  1. Pelembap wajah

Untuk Anda yang memiliki kulit wajah berjerawat, disarankan untuk menggunakan pelembab yang memiliki tekstur gel atau cair. Menggunakan pelembab wajah sangat mudah, yakni Anda hanya perlu mengoleskan pelembab di area pipi saja dulu.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

https://www.mindbodygreen.com/articles/how-to-layer-your-skincare

https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19952473/how-to-use-facial-toner/

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/order-of-skin-care#overview

https://www.health.harvard.edu/blog/skin-serum-what-it-can-and-cant-do-201806121402

https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-smarts-serums-jan13#1

https://www.health.com/beauty/what-is-an-essence

https://www.health.harvard.edu/blog/skin-serum-what-it-can-and-cant-do-2018061214029

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang